TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Daftar Belanja Bulanan yang Wajib Anak Kost Tahu, Hemat

Biar kamu cuman belanja yang kamu butuhin aja

ilustrasi anak kost sedang berbelanja bulanan (pexels.com/Anna Shvets)

Kebutuhan setiap orang sudah pasti berbeda-beda. Namun, untuk kamu yang merupakan anak kost sudah pasti kamu dituntut untuk hidup mandiri dan harus berhemat. Sebab, dengan berhemat kamu bisa bertahan di kota lain yang jauh dari keluarga.

Sebagai anak kost, sebaiknya kamu membuat daftar belanja bulanan agar kamu tidak membeli barang-barang yang tidak kamu perlukan. Karena kebanyakan anak kost yang boros biasanya mereka tidak memiliki daftar belanja bulanan. Lalu apa saja daftar belanja bulanan yang harus anak kost buat? Berikut daftarnya.

1. Bahan makanan untuk memasak

ilustrasi sedang membeli bahan untuk memasak (pexels.com/Michael Burrows)

Daftar belanja bulanan yang paling penting adalah membeli bahan makanan untuk memasak. Bahan-bahan tersebut bisa berupa beras, sayur, mi instan, bumbu yang siap masak dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhanmu.

Jangan lupa, untuk membeli air galon untuk air minum kamu selama satu bulan. Sebaiknya, kamu mencatat bahan makanan apa saja yang harus kamu beli agar tidak ada bahan yang kelupaan untuk dibeli.

2. Vitamin dan obat-obatan

ilustrasi berbagai macam obat-obatan (unsplash.com/Roberto Sorin)

Vitamin dan obat-obatan merupakan item wajib yang harus kamu sediakan. Meskipun kamu jarang sakit, tidak salahnya bukan untuk menyediakan vitamin dan obat-obatan.

Kamu bisa membeli obat-obatan yang cukup umum, seperti obat flu, obat sakit kepala, obat maag, obat diare, Betadine dan obat-obat lainnya. Selain itu, kamu bisa menyiapkan vitamin juga seperti vitamin C atau vitamin A. Sebab, kamu sekarang menjadi anak kost. Sehingga tidak ada yang merawat saat dirimu sakit.

3. Perlengkapan untuk mandi

ilustrasi perlengkapan untuk mandi (pexels.com/Karolina Grabowska)

Perlengkapan untuk mandi merupakan daftar belanja bulanan yang tidak boleh kamu lewatkan juga. Sebab, kebersihan diri kamu itu juga perlu. Perlengkapan untuk mandi biasanya terdiri dari sabun mandi, sampo, pasta gigi, sikat gigi dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Tips Belanja Hemat untuk Kebutuhan Sehari-hari, Banyak Untung!

4. Perlengkapan untuk mencuci pakaian

ilustrasi perlengkapan untuk mencuci pakaian (unsplash.com/ No Revisions)

Daripada kamu mencuci pakaian di laundry yang membutuhkan biaya, lebih baik kamu mencuci pakaian sendiri. Kamu bisa meluangkan waktu seminggu dua atau tiga kali untuk mencuci pakaian kamu. Jadi, kamu perlu memasukkan detergen, sabun colek, atau pewangi pakaian ke dalam daftar belanja bulanan.

5. Perawatan diri dan kosmetik

ilustrasi berbagai macam skincare (unsplash.com/Poko Skincare)

Perawatan diri dan kosmetik seperti skincare, makeup, bodycare dan peralatan makeup mungkin merupakan hal wajib masuk daftar belanja bulanan bagi sebagian orang terutama perempuan.

Kamu bisa mencatat jenis skincare atau makeup yang ingin kamu beli beserta kisaran harganya. Walaupun masuk ke dalam daftar belanja bulanan, baik skincare maupun makeup merupakan produk yang awet hingga dua sampai tiga bulan ke depan.

6. Perlengkapan untuk kebersihan kamar

ilustrasi perlengkapan untuk kebersihan kamar (pexels.com/Anna Shvets)

Perlengkapan selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah perlengkapan untuk kebersihan kamar kost kamu. Dengan kamar kost yang bersih akan membuat kamu lebih nyaman dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Beberapa perlengkapan kebersihan kamar yang harus kamu beli adalah sabun pembersih lantai, sapu lidi atau sapu ijuk, kain pel, pengharum ruangan dan sebagainya sesuai dengan kebutuhanmu.

7. Membeli token listrik

ilustrasi orang sedang membeli token listrik online (unsplash.com/Daria Nepriakhina 🇺🇦)

Sebagian besar rumah kost biasanya menerapkan membayar sistem token listrik mandiri. Dengan sistem ini, kamu sebagai penghuni rumah kost tersebut menanggung sendiri biaya listrik yang kamu gunakan tersebut.

Jangan lupa, kamu harus tetap mencatat biaya listrik ke dalam daftar belanja bulanan. Tentukan biaya yang kamu ingin keluarkan agar kamu tidak terlalu boros dalam menggunakan listrik. 

Baca Juga: 6 Tips Belanja Perabotan Rumah yang Gak Bikin Kantong Bolong

Verified Writer

Regina Pangestika

Manusia yang masih belajar untuk menjadi dewasa dan lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya