TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Tips Menyelamatkan Tanaman Hias Kesayangan Setelah Hujan Deras

Jangan bersedih, ini saatnya merevitalisasi tanaman

blog.primrose.co.uk

Bagi pecinta tanaman, tentu rasanya sedih jika melihat tanaman hias di halaman rusak karena hujan deras. Tanaman yang tercabut, bunga yang hancur karena terkena angin, dan batang yang rusak adalah beberapa akibat dari hujan ini.

Kalau dilihat memang menyedihkan, tapi cobalah mengambil sisi positifnya. Setelah hujan kamu bisa membersihkan tanaman yang sudah tua, mencabut halma, menggali gulma, dan merevitalisasi tanaman yang dapat diselamatkan, lho.

Yuk, temukan lima tips penting yang bisa dimanfaatkan untuk menyelamatkan tanaman hias kesayangan di bawah ini. Catat, ya!

1.  Buanglah gulma selagi tanah masih basah

leafly.com

Gulma memang tumbuh sangat subur di musim hujan. Tentunya, ini sangat merugikan tanaman. Tapi ternyata ada untungnya, lho bagi pecinta tanaman.

Ini karena tanah di musim hujan cenderung basah, kamu akan lebih mudah mencabut gulma. So, sebelum menanam kembali tanaman yang sehat dalam tanah, pastikan dulu tanah dalam keadaan bebas gulma, ya.

2. Aerasi tanah

greenmountainturf.com

Hujan deras dapat membuat tanah memadat di beberapa area. Untuk membuatnya gembur kembali, gunakanlah garpu tanaman sederhana yang bisa membuat tanah memiliki kantong udara kecil dan lubang di tanah agar terdapat udara yang mengalir serta meningkatkan drainase di tanah. Dengan ini, air tidak akan menggenang di halaman. 

Baca Juga: 10 Fakta Hidroponik, Metode Bertanam tanpa Tanah yang Bisa Kamu Coba  

3. Periksa akar tanaman yang terbuka 

pexels.com/Karolina Grabowska

Hujan lebat yang disertai dengan angin kencang dapat membuat tanah mengalami erosi sehingga akar tanaman jadi terbuka. Sedangkan untuk tanaman yang benar-benar terbalik, kamu harus periksa keadaan akar secara cermat dan tentukan apakah akar tersebut dapat ditanam kembali atau tidak.

Pertahankan akar yang memiliki sedikit kerusakan dengan menanamnya kembali ke dalam tanah dan jangan lupa berikan kompos untuk membuatnya sehat kembali.  

4. Buang batang yang rusak 

stumpplants.com

Selain memeriksa akar, kamu juga perlu memeriksa cabang dan batang tanaman yang patah atau rusak. Dengan menggunakan gunting yang tajam, potonglah batang sehat, tapi dekat batang yang rusak.

Ini perlu dilakukan untuk memastikan tanaman tidak menghabiskan waktu menyehatkan batang yang 'sakit' dan dapat tumbuh lebih cepat.

5. Jangan biarkan ada air yang tergenang

rootsimple.com

Air tergenang menjadi salah satu penyebab timbulnya infeksi jamur dan busuk akar yang menganggu tanaman. Jadi pastikanlah pot atau tanah di halamanmu dalam keadaan kering dengan cara membuat lubang atau membuang airnya, ya.

Baca Juga: 5 Fakta Tabulampot, Metode Bertanam Buah dalam Pot yang Bisa Kamu Coba

Verified Writer

IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya