TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menyimpan Madu yang Baik Agar Awet dan Anti Disemutin

Jangan sampai salah simpan

womenshealthmag.com

Cairan madu biasanya akan disimpan oleh hewan tersebut di dalam tempat alami yang biasa disebut sebagai kantung madu. Cita rasa yang dihasilkan sudah tentu akan manis khas alami dan memiliki manfaat luar biasa dalam aspek kesehatan. Secara umum memang banyak yang mengatakan bahwa madu alami tidak akan basi, namun tetap saja kita harus mengetahui bagaimana cara menyimpannya.

Di balik cita rasa dan manfaatnya, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara menyimpan madu yang benar? Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara menyimpan madu yang baik dan benar agar tetap segar serta terhindar dari semut, simak yuk apa saja!

1. Hindari meletakan madu dibawah sinar matahari langsung

bcbstwelltuned.com

Salah satu hal yang patut diperhatikan adalah lokasi sekitar tempat menyimpan madu tersebut. Pastikan untuk tidak menyimpannya di bawah sinar matahari langsung untuk menghindari paparan sinar yang akan merusak zat-zat seperti anti bakteri pada madu dan juga mampu mengoksidasi zat besi dalam madu sehingga manfaat baiknya akan menurun.

2. Gunakan wadah atau botol yang terbuat dari kaca

remediesforme.com

Bahan dari wadah penyimpanan madu pun dapat menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan dalam menyimpan madu yang baik. Pastikan untuk menggunakan botol ataupun wadah yang terbuat dari kaca karena bersifat lebih netral dan tidak mudah untuk terurai jika terpapar panas. Sementara, apabila wadah tersebut terbuat dari logam maka akan memicu reaksi kimia dan wadah terbuka akan memicu semut untuk datang.

Baca Juga: 5 Fakta Bahwa Madu adalah Obat dan Antibiotik Alami yang Ampuh

3. Tidak membiarkan wadah terbuka

medicalnewstoday.com

Tentukan pilihan wadah yang tepat dengan bagian yang lebih tertutup. Jangan biarkan wadah terbuka karena ditakutkan madu akan relatif lebih encer akibat terlalu banyak menyerap uap air dari luar. Tutup wadah dengan penutup yang rapat agar madu tetap aman dan kedap dari udara yang mana akan membuat madu menjadi lebih kental.

4. Hindari menyimpan di freezer

birkbyfoods.com

Jangan menyimpan madu dalam wadah yang diletakan pada freezer karena akan membuat konsistensi madu menjadi lebih kental dan mengkristal, sementara warnanya pun akan relatif berubah. Simpanlah di suhu ruang ataupin di dalam lemari es (selain freezer). Tempat menyimpan akan mempengaruhi kualitas di dalamnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Madu bagi Kulit Wajah, Sehat dan Cantik Paripurna

Verified Writer

Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya