Comscore Tracker

8 Langkah Awal yang Harus Diketahui oleh Penulis Pemula

Buat penulis pemula, kamu nggak perlu bingung lagi

Zaman sekarang ini, banyak sekali pendatang-pendatang baru di dunia literasi atau yang biasa disebut penulis pemula. Menjamurnya penulis pemula menjadi tanda bahwa kegiatan positif di semua kalangan masih banyak digeluti. Namun pada awalnya, kebanyakan penulis pemula akan bingung dengan langkah apa yang harus mereka lakukan. Nah, 8 hal di bawah ini bisa menjadi tips buat kamu yang kebingungan untuk menjadi seorang penulis. Semoga membantu, ya!

1. Mantapkan Niat dan Bangun Semangat

8 Langkah Awal yang Harus Diketahui oleh Penulis Pemulajampang.files.wordpress.com

Usaha yang berhasil juga tergantung dari niat yang sungguh-sungguh. Niat yang keluar sendirinya dari dalam hati, akan menghasilkan pekerjaan yang ikhlas nantinya. Maka dari itu mantapkan niat kamu untuk menjadi penulis. Hal itu yang akan memicu kamu untuk terus semangat belajar menulis.

 

2. Perbanyaklah Membaca

8 Langkah Awal yang Harus Diketahui oleh Penulis Pemulaassets.entrepreneur.com

Jika kamu ingin menjadi penulis, maka perbanyaklah membaca. Selain dapat menambah pengetahuan, membaca juga dapat membuat kamu mengenal kata-kata baru. Dari situlah kamu bisa memperkaya kosa kata kamu. Tapi ingat, tetap saring buku bacaan kamu agar kamu dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat.

3. Konsisten

8 Langkah Awal yang Harus Diketahui oleh Penulis Pemulajokosusilo.com

Tentukan genre tulisan kamu. Hanya kamu yang dapat mengetahui dan mengenali bakat serta kemampuan kamu. Banyak genre yang bisa kamu pilih, seperti komedi, romance, adventure, dll. Jika kamu suka menulis tentang romance, kamu bisa fokus di situ dulu. Fokuslah dengan tema yang kamu senangi dan kuasai, agar karya tulis kamu mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Perluas Pertemanan

8 Langkah Awal yang Harus Diketahui oleh Penulis Pemulaciricara.com

Kamu bisa ikut komunitas penulis di kota kamu, menghadiri acara bedah buku, atau menghadiri seminar menulis di berbagai kota. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mencari dan menambah teman sesama penulis. Dari situlah kamu bisa bertukar ilmu tentang dunia kepenulisan.

 

5. Jangan Malas Mencari Tahu

8 Langkah Awal yang Harus Diketahui oleh Penulis Pemulaquestions-in-mind.com

Banyak-banyaklah mencari tahu tentang informasi apa yang kamu butuhkan. Di media sosial, banyak sekali informasi tentang dunia kepenulisan, seperti cara menulis yang baik, pangsa pasar tentang tema bacaan saat ini, ataupun lowongan kerja untuk freelance writer. Jangan malu juga untuk bertanya kepada teman atau penulis senior tentang kesulitan dan kebingungan yang kamu temui selama menulis.

 

6. Mulailah Menulis!

8 Langkah Awal yang Harus Diketahui oleh Penulis Pemulastatic.republika.co.id

Sekarang saatnya kamu memulai. Tulislah apa saja yang sedang ada di pikiran kamu. Jangan memikirkan bagus atau tidaknya dulu. Jika sudah selesai, mintalah pendapat teman kamu tentang tulisan kamu. Kamu harus percaya diri untuk menunjukkan tulisan kamu kepada orang lain. Terbukalah dalam menerima pendapat dan kritik.

7. Disiplin

8 Langkah Awal yang Harus Diketahui oleh Penulis Pemulaae01.alicdn.com

Untuk menjadi penulis, kamu juga harus disiplin dan produktif. Buatlah jadwal menulis kamu secara teratur, lengkap dengan jumlah halamannya. Menulis sebanyak 1-2 halaman word setiap hari lebih baik daripada menulis sebanyak 10 halaman tetapi hanya satu kali dalam sebulan. Dengan membuat jadwal, kamu bisa teratur dan disiplin menulis sehingga kamu akan selalu produktif.

8. Ikutilah Lomba Menulis

8 Langkah Awal yang Harus Diketahui oleh Penulis Pemulaharianbernas.com

Jika kamu sudah produktif menulis, tidak ada salahnya untuk mengikuti lomba menulis. Dengan kamu mengikuti lomba, kamu dituntut untuk menciptakan karya baru sesuai dengan tema yang dilombakan. Selain membuat kemampuan kamu semakin terlatih, kedisiplinan kamu juga akan terbentuk dengan sendirinya karena mengikuti  deadline yang sudah ditentukan. Jika tulisan kamu belum lolos, kamu bisa tahu bahwa tulisan kamu masih banyak yang harus diperbaiki. Namun, jika tulisan kamu lolos, kamu harus tetap banyak belajar untuk meningkatkan skill menulis kamu.

Tidak sulit, bukan? Sebenarnya, tombak utama untuk bisa menjadi penulis adalah banyak membaca. Perbanyaklah buku bacaan kamu di rumah dan jangan lupa seimbangkan dengan menulis. Banyak berlatih akan membuat kamu semakin mahir. Jika kamu semakin mahir meng-explore kata, kamu bisa mencoba menulis dengan tema yang belum pernah kamu tulis sebelumnya. Semua hal baru patut untuk dicoba, kan? Good luck buat kamu.

Ana Zuhri Photo Writer Ana Zuhri

Aku tak selalu tulisanku // IG: @naa7x_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya