Comscore Tracker

5 Bagian Rumah yang Jarang Sekali Kamu Bersihkan, Padahal Sarang Debu

Harus teliti, nih!

Membersihkan rumah memang sudah menjadi kewajiban bagi anggota keluarga, namun tahukah kamu bahwa ada beberapa bagian rumah yang jarang sekali orang bersihkan padahal menjadi sarang debu?

Debu yang masuk kedalam bisa beterbangan ke setiap sudut rumah, makanya ketika membersihkan rumah kita harus lebih teliti dan telaten agar tidak ada lagi debu yang tersisa.

Berikut ini ada beberapa bagian rumah yang jarang sekali kamu bersihkan, padahal menjadi sarang debu dan kotoran.

1. Bagian bawah sofa, tempat paling bersih jika dilihat dari luar

5 Bagian Rumah yang Jarang Sekali Kamu Bersihkan, Padahal Sarang DebuPexels.com/Donald Tong

Area bawah sofa merupakan bagian yang paling jarang orang bersihkan, mereka selalu menganggap bahwa bagian tersebut selalu bersih karena terlihat sangat rapat dan terutup.

Namun fakta berkata lain, bagian tersebut ternyata menjadi sarang debu yang benar-benar harus kamu bersihkan secara rutin. Memang dari luar terlihat sangat bersih seperti tidak ada kotoran sama sekali, namun jika kamu lihat akan ada banyak debu berserakan.

2. Bagian atas lemari, selalu banyak debu karena hampir tidak pernah dibersihkan

5 Bagian Rumah yang Jarang Sekali Kamu Bersihkan, Padahal Sarang DebuPexels.com/Dominika Roseclay

Jika kamu mempunyai lemari dan terlihat bersih-bersih saja, silahkan cek bagian atasnya karena hampir semua permukaanya ditempati oleh debu-debu halus.

Debu tersebut bisa sangat banyak karena kamu jarang membersihkannya, selain karena tidak terlihat juga cukup susah untuk membersihkannya akibat dari posisinya yang jauh dari jangkauan kita.

Baca Juga: Gak Cuma buat Masak, Ini 10 Contoh Talenan Hias buat Dekorasi Rumah

3. Di bawah ranjang tempat tidur, berdebu tapi tidak terlihat

5 Bagian Rumah yang Jarang Sekali Kamu Bersihkan, Padahal Sarang DebuPexels.com/Monica Silvestre

Sebagian besar orang membersihkan kamar tidurnya hanya sebatas merapikan saja, padahal di bagian bawah ranjang tempat tidur kita sering kali menjadi sarang debu sekaligus jaring laba-laba karena jarang dibersihkan.

Jika dibiarkan terus menerus, debu tersebut semakin lama akan semakin menumpuk dan bisa mengganggu pernapasan kamu ketika sedang tidur.

4. Di balik gorden, debu jarang sekali terlihat terutama di gorden yang berwarna cokelat

5 Bagian Rumah yang Jarang Sekali Kamu Bersihkan, Padahal Sarang DebuPexels.com/Carlos Caamal

Jika secara kasat mata gorden kamu bersih-bersih saja, coba deh kamu kibas-kibas dan melihat hasilnya. Debu akan terus menumpuk di balik gorden jika kamu jarang membersihkan bagian tersebut.

Jadi mulai dari sekarang rajin-rajinlah membersihkan gorden kamu baik di cuci ataupun hanya sebatas dibersihkan dari debu halus.

5. Bagian ventilasi rumah, tempat yang menjadi jalan masuknya udara sekaligus debu

5 Bagian Rumah yang Jarang Sekali Kamu Bersihkan, Padahal Sarang DebuInstagram.com/pabrikroster

Salah satu fungsi dari ventilasi rumah adalah menjadi jalur masuknya udara sehingga kondisi rumah tetap sejuk dan menjadi penyegar ruangan alami.

Namun yang masuk ke dalam rumah bukan hanya udara saja, tapi debu juga ikut masuk yang akhirnya bagian ventilasi menjadi sarang bagi debu halus.

Makanya kita harus sering membersihkan bagian tersebut agar udara yang masuk benar-benar bersih dan tidak membawa pengaruh buruk.

Itulah beberapa bagian rumah yang jarang sekali dibersihkan padahal menjadi sarang debu, sudah siap untuk membersihkan bagian-bagian tersebut?

Baca Juga: 5 Tips Menata Rumah Agar Terlihat Hidup, Modern Bertema Musim Semi!

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You