Comscore Tracker

6 Ide Membuat Accent Wall dengan Cat, Biar Ruanganmu Gak Boring

Bisa dicoba di rumah nih

Accent wall atau dinding aksen adalah dinding yang diberi treatment berbeda pada suatu ruangan. Tujuannya adalah memberi penekanan pada suatu area atau fungsi suatu ruang. Dinding ini berfungsi sebagai vocal point yang menarik perhatian siapa pun yang berada dalam ruangan tersebut.

Accent wall biasanya diterapkan pada kamar tidur, ruang tamu, atau ruang makan. Kamu bisa menggunakan banyak teknik untuk menciptakan accent wall.

Salah satunya adalah menggunakan cat dinding dengan warna berbeda. Berikut ini adalah beberapa ide membuat accent wall dengan cat yang bisa kamu tiru di rumah. 

1. Brush stroke wall

6 Ide Membuat Accent Wall dengan Cat, Biar Ruanganmu Gak BoringBrush stoke wall. (youtube.com/Mr.Kate/)

Teknik ini memberikan hasil abstrak. Polanya juga bisa disesuaikan dengan keinginanmu.

Kamu hanya butuh cat dinding berwarna kontras dengan warna dinding yang sudah ada serta kuas. Kuas yang digunakan dapat beragam bentuk dan ukuan untuk hasil yang natural. Lalu, pulaskan catnya membentuk titik-titik yang tersebar.

2. Drip paint wall

6 Ide Membuat Accent Wall dengan Cat, Biar Ruanganmu Gak BoringDrip paint wall. (youtube.com/Mr.Kate/)

Pada teknik ini, untuk memberikan kesan ruang yang playful dan fun, kamu bisa menggunakan banyak warna. Kamu hanya butuh cat dinding dan spuit atau alat suntik dengan diameter lubang yang besar.

Jangan lupa campurkan cat dengan air agar konsistensinya menjadi lebih cair. Dengan demikian, cat bisa mengalir dengan baik hingga ke bawah.

3. Lyric wall

6 Ide Membuat Accent Wall dengan Cat, Biar Ruanganmu Gak BoringLyric wall. (youtube.com/Mr.Kate/)

Kalau kamu punya lagu kesukaan dengan lirik yang menginspirasi atau membuat semangat, kamu bisa menuliskannya pada dinding kamarmu. Kamu pasti akan menjalani hari dengan lebih semangat ketika bisa membaca lirik tersebut tiap pagi. 

Kamu hanya perlu menulis sketsa lirik tersebut menggunakan pensil. Lalu, tebalkan menggunakan cat dengan warna yang kamu inginkan.

Baca Juga: 9 Ide DIY Dekorasi Dinding dari Kertas, Hemat dan Ramah Lingkungan  

4. Rainbow wall

6 Ide Membuat Accent Wall dengan Cat, Biar Ruanganmu Gak BoringRainbow mural wall. (youtube.com/Mr.Kate/)

Rainbow wall ini cocok untuk pencinta rumah dengan konsep colorful. Selain memberikan kesan playful, rainbow wall juga bisa memberikan semangat dan positive vibes bagi pengguna ruang.

Selain ruang tamu, dinding ini cocok diterapkan pada kamar anak perempuan. Kamu hanya butuh cat dinding berbagai warna serta kuas untuk membuat accent wall ini. Kamu bisa membuat pelangi dengan lengkung penuh maupun lengkung setengah.

5. Mountain mural wall

6 Ide Membuat Accent Wall dengan Cat, Biar Ruanganmu Gak BoringMountain mural wall. (youtube.com/Mr.Kate/(

Untuk accent wall yang lebih geometris, kamu bisa membuat mountain mural wall yang terdiri dari bentuk segitiga. Kamu hanya membutuhkan selotip dinding untuk membuat outline bentuk yang kamu inginkan. 

Kamu juga bisa menggunakan lebih dari satu warna untuk hasil yang lebih colorful. Dinding ini dapat diterapkan pada kamar anak laki-laki.

6. Partially painted wall

6 Ide Membuat Accent Wall dengan Cat, Biar Ruanganmu Gak BoringPartially painted wall. (youtube.com/Mr.Kate/)

Selain menjadi vocal point pada ruang, accent wall juga bisa berfungsi sebagai pembatas ruang yang memiliki fungsi berbeda. Pada contoh di atas, ruang belajar dan ruang keluarga dipisahkan dengan warna dinding yang berbeda. 

Untuk hasil yang dinamis dan memberi kesan fleksibel, pertemuan dua warna yang berbeda tersebut dapat diterapkan dengan pola diagonal. Dijamin bentuknya bakal kekinian!

Itu dia beberapa inspirasi membuat accent wall menggunakan cat. Inspirasi di atas bisa kamu coba di rumah karena sangat mudah dan tidak membutuhkan peralatan yang ribet. Selamat mencoba!

Baca Juga: 9 Ide Hiasan Dinding Ruang Tamu, Bikin Makin Keren!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya