Comscore Tracker

7 Tanaman Hias yang Gak Butuh Banyak Perawatan, Cocok bagi Pemula!

Kamu wajib punya salah satunya, nih!

Selama pandemi ini banyak sekali yang mulai menggeluti hobi baru yakni memelihara tanaman hias. Bagi kamu yang ingin mencoba untuk memeliharanya juga, gak ada salahnya untuk mempertimbangkan untuk mencoba sederet tanaman berikut.

Pasalnya gak cuma akan mempercantik ruangan atau halaman rumahmu tapi juga gak butuh banyak perawatan, lho. Jadi, apabila kamu tengah sibuk sekalipun gak perlu khawatir untuk saat gak ada waktu untuk merawat sederet tanaman berikut. Penasaran gak apa saja tanaman yang dimaksud? Ini dia ulasannya.

1. Sirih gading

7 Tanaman Hias yang Gak Butuh Banyak Perawatan, Cocok bagi Pemula!instagram.com/yougrowgirl_

Sirih gading atau yang punya nama lain Pothos ini sedang banyak digemari, lho. Pasalnya tanaman yang tumbuh dengan cara merambat tersebut gak hanya akan mempercantik rumahmu tapi juga mudah dalam perawatannya.

Bila kamu gak memiliki lahan yang luas tenang saja, sirih gading mampu tumbuh dengan media tanam berupa air. Cukup siapkan pot kaca, gelas, atau vas bunga kaca lalu isi dengan sedikit air, masukkan siri hgading ke dalamnya.

Sudah, deh tanaman hias yang satu ini akan semakin menghidupkan setiap sudut di rumahmu. Kamu bisa meletakkannya pada rak ataupun dijadikan hiasan meja. Hanya dengan rutin mengganti airnya saja dijamin, deh tanaman hias yang satu ini akan tetap tumbuh dengan subur.

2. Kaktus

7 Tanaman Hias yang Gak Butuh Banyak Perawatan, Cocok bagi Pemula!instagram.com/cacti.cacti

Siapa sih yang gak tahu tanaman hias yang satu ini. Meski dipenuhi duri justru malah hal tersebut yang menjadi sebuah daya tarik tersendiri.  Kaktus layak kamu masukkan ke dalam daftar tanaman hias yang harus kamu coba pelihara di rumah, nih.

Selain tak perlu banyak air kaktus juga punya beraneka macam jenis serta bentuk yang bisa kamu pilih. Kaktus juga cukup di keluarkan selama seminggu sekali untuk mendapatkan cahaya agar tampak jauh lebih segar.

Cara mengetahui jika kaktusmu kekurangan air juga sangat mudah, yakni apabila daun kaktus mulai mengerut itulah sinyal alami yang ditunjukkan bahwa tanaman hias ini butuh untuk disiram.

3. Janda bolong

7 Tanaman Hias yang Gak Butuh Banyak Perawatan, Cocok bagi Pemula!instagram.com/houseplantplantclub

Janda bolong atau yang beken dengan nama Monstera ini juga layak banget kamu coba untuk ditanam di rumah. Gak hanya memberi kesan segar namun, juga akan semakin menambah keindahan dalam rumahmu.

Menanam janda bolong juga tengah menjadi salah satu tren sendiri di masyarakat, lho. Pasalnya tanaman berdaun hijau ini punya struktur lembaran daun yang unik yakni memiliki banyak sekali lubang.

Hal itulah yang membuat tanaman hias ini semakin cantik dan kian digemari oleh masyarakat. Tanaman ini bisa tumbuh di ruangan yang lembap sekalipun, lho bahkan gak membutuhkan terlalu banyak sinar matahari. Sehingga cocok banget bila kamu letakkan di dalam rumah.

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Sayur dan Buah yang Estetik Jadi Tanaman Hias di Rumah

4. Lidah mertua

7 Tanaman Hias yang Gak Butuh Banyak Perawatan, Cocok bagi Pemula!instagram.com/intotheplants

Punya nama latin Sansivera, tanaman lidah mertua masih jadi salah satu andalan bagi mereka yang baru memulai hobi dalam dunia tanaman hias.  Lidah mertua tak butuh banyak matahari dan juga air, lho.

Jika berada di bawah paparan sinar matahari langsung daunnya malah akan mudah terbakar. Gak hanya itu saja, lidah mertua punya manfaat yang luar biasa bagi hidup kita yakni dapat menangkal polutan jahat di udara serta mampu menangkal radiasi.

Wah, gak cuma cantik aja, kan tapi juga punya segudang manfaat baik untuk kita. Bagaimana apa kamu tertarik mencoba merawat tanaman yang satu ini?

5. Sri rejeki

7 Tanaman Hias yang Gak Butuh Banyak Perawatan, Cocok bagi Pemula!instagram.com/lolaflora.roslinna

Sri rejeki atau yang punya nama latin Aglaonema ini juga tengah menjadi diva bagi para pecinta tanaman hias. Bukan tanpa alasan, lho selain warnanya yang cantik sri rejeki juga merupakan salah satu tanaman hias dengan perawatan yang terbilang cukup mudah.

Tanaman ini gak butuh banyak sinar matahari. Sehingga, cocok sekali bila meletakannya di dalam rumah. Sri rejeki malah akan menguning jika terlalu lama terpapar sinar matahari dan berakhir layu. Kamu pasti gak ingin, kan tanaman yang kamu rawat mati sia-sia begitu saja?

6. Lidah buaya

7 Tanaman Hias yang Gak Butuh Banyak Perawatan, Cocok bagi Pemula!instagram.com/crazyplantguy

Eits, jangan salah lidah buaya merupakan salah satu tanaman hias yang cocok banget kamu jadikan salah satu alternatif tanaman untuk mulai kamu pelihara. Tanaman bernama latin Aloe vera ini punya cara perawatan yang terbilang sangat mudah.

Cukup siram lidah buaya apabila tanah di permukaannya telah mengering. Kamu juga ga perlu terlalu rajin memberinya pupuk, lho. Cukup berikan pupuk sekali dalam setahun saja gak masalah sama sekali. Tanaman hias penuh duri ini bisa hidup di dalam maupun di luar ruangan.

7. Sukulen

7 Tanaman Hias yang Gak Butuh Banyak Perawatan, Cocok bagi Pemula!instagram.com/todaysucculent

Bentuknya yang lucu dan juga cantik jadi salah satu daya tarik utama tanaman hias yang satu ini. Hampir mirip dengan kaktus kamu gak perlu bingung dalam merawatnya. Siramlah sukulen jika tanah sudah kering, jangan menyiramnya dengan cara menyemprot agar daunnya tidak lekas busuk, dan juga sukulen gak harus terus menerus kena matahari, lho. Bagaimana tertarik gak, nih untuk mulai merawat sukulen? Letakkan sukulen dalam sebuah pot cantik dan voila sukulen siap menghias setiap sudut rumahmu.

Yuk, mulai merawat tanaman hias ini salah satu cara atau terapi untuk membuang kepenatanmu juga, lho. Bagaimana tertarik ingin coba?

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Populer Selama Pandemik, Kamu Punya Juga?

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya