Comscore Tracker

8 Ragam Tanaman Indoor yang Cocok untuk Diletakkan Dekat Jendela

Rumah jadi segar dan juga manis!

Beragam elemen dapat dipakai sebagai dekorasi interior. Tak terkecuali tanaman. Menghadirkan tanaman dalam ruang sejatinya tidak hanya untuk memberi kesegaran. Tanaman dengan beragam karakternya juga berperan untuk memberi sentuhan estetik terhadap interior. Apalagi, tidak seperti furnitur yang bersifat kaku atau benda mati, tanaman justru memiliki sifat tumbuh. Sehingga, dalam beberapa waktu akan memberikan nuansa yang berbeda seiring pertumbuhannya.

Meletakkan tanaman sebagai elemen interior sendiri bisa disesuaikan dengan karakter yang ingin ditampilkan. Tanaman bisa diletakkan pada sudut ruang, di atas meja, ataupun digantung. Selain itu, tempat yang lebih menguntungkan yaitu di dekat jendela. Mengapa menguntungkan? Hal itu karena tanaman bisa mendapat asupan sinar matahari. Ditambah, menempatkan tanaman interior di dekat jendela akan memberi aksen estetika pada jendela itu sendiri.

Lantas, tanaman interior apa saja yang cocok diletakkan di dekat jendela? Sebagai referensi, berikut beberapa contohnya.

1. Sansevieria

8 Ragam Tanaman Indoor yang Cocok untuk Diletakkan Dekat Jendelahouzz.com

Tanaman sansevieria atau akrab disebut tanaman lidah mertua bukanlah sesuatu yang asing lagi. Tanaman ini memang kerap dijadikan tanaman dalam ruang karena sifatnya yang “bandel”. Hal menarik lainnya adalah karakter daunnya yang memanjang ke atas menyerupa “jilatan” api. Ketika disusun berjajar, karakter daun seperti ini akan memberikan tampilan yang cantik. Termasuk sebagai aksen estetika dari jendela.

2. Sukulen

8 Ragam Tanaman Indoor yang Cocok untuk Diletakkan Dekat Jendelaarchitecturaldigest.com

Tanaman dari keluarga sukulen adalah pilihan tepat sebagai indoor plant. Pasalnya, tanaman ini tidak membutuhkan banyak air dan mudah dalam perawatan. Jenisnya juga beragam dan cantik sebagai tanaman dekoratif.

Meletakkan sukulen di dekat jendela menjadi pilihan yang tepat karena tanaman ini juga membutuhkan asupan cahaya matahari agar tetap tampil segar.

3. Monstera

8 Ragam Tanaman Indoor yang Cocok untuk Diletakkan Dekat Jendelagardenista.com

Tanaman monstera tengah menjadi primadona sebagai elemen dekoratif ruangan. Hal ini dikarenakan bentuk daunnya yang lebar, sehingga langsung memberi kesan alami bak di hutan tropis.

Selain itu, daya pikat dari tanaman asal hutan di Meksiko dan Guatemala ini adalah bentuk daun menjarinya. Bentuk daun inilah yang perlu diekspos. Agar tampil menonjol, biasanya diletakkan pada dinding berlatar putih atau di dekat jendela.

4. Anggrek

8 Ragam Tanaman Indoor yang Cocok untuk Diletakkan Dekat Jendelagardenista.com

Memiliki banyak penggemar, eksistensi anggrek sebagai tanaman dalam ruang tidak perlu diragukan lagi. Tanaman ini memang mampu hidup di suhu ruang, namun tetap membutuhkan paparan cahaya yang cukup. Oleh karena itu, meletakkan anggrek di dekat jendela bisa menjadi pilihan. Apalagi dengan bunganya yang berwarna cerah, akan terlihat lebih memukau ketika terkena sinar matahari.

Baca Juga: Mau Berkebun? Referensi 7 Tanaman yang Paling Cepat Berbuah

5. Pisang-pisangan

8 Ragam Tanaman Indoor yang Cocok untuk Diletakkan Dekat Jendelahouzz.com

Tanaman hias pisang-pisangan adalah jenis tanaman yang bisa ditanam di dalam pot dan mampu hidup di dalam ruangan. Tanaman ini kerap dipilih untuk menghadirkan nuansa alam pada interior karena dimensinya yang besar.

Pisang-pisangan juga sangat cocok diletakkan di dekat jendela sehingga karakter daunnya menjadi lebih menonjol. Apalagi, jika jendela mengarah ke area taman, tanaman pisang-pisangan tersebut seolah menjadi transisi antara ruang bagian dalam dan luar.

6. Pandan Bali

8 Ragam Tanaman Indoor yang Cocok untuk Diletakkan Dekat Jendelahouzz.com

Memiliki batang kokoh dengan daun jarum, tanaman pandan bali akan tampil lebih memukau jika sudah bercabang. Tanaman ini memang cocok difungsikan sebagai tanaman hias indoor karena karakternya yang mudah beradaptasi.

Meletakkannya di dekat jendela juga menjadi pilihan tepat. Selain agar masih mendapat asupan cahaya matahari, juga agar karakter percabangan dan daunnya lebih menonjol.

7. Pakis

8 Ragam Tanaman Indoor yang Cocok untuk Diletakkan Dekat Jendelahouzz.com

Jenis-jenis tanaman pakis atau paku-pakuan sangat digemari lantaran memiliki karakter daun yang dekoratif yaitu menyirip, lebat, dan warna hijau yang cerah. Sebagai tanaman yang mampu tumbuh di dalam ruangan, kamu bisa berkreasi dengan menggantungnya berjajar. Akan lebih menarik lagi apabila digantung di dekat jendela, sehinga menonjolkan fungsi dekoratifnya.

8. Karet kebo

8 Ragam Tanaman Indoor yang Cocok untuk Diletakkan Dekat Jendelaelledecor.com

Tanaman karet kebo (rubber plant) yang memiliki nama botani Ficus elastica, merupakan jenis tanaman yang bisa hidup tanpa sinar matahari langsung. Karakter daunnya yang lebar berkelompok dengan batang yang ramping sangat cocok dijadikan elemen pemercantik ruangan. Tempatkan di dekat jendela agar karakter daunnya semakin dominan.

Sangatlah menarik untuk menjadikan tanaman sebagai elemen interior. Selain bisa memberi nuansa segar di dalam ruangan, tanaman juga memiliki karakter yang berbeda-beda.

Meletakkannya di dekat jendela juga menjadi alternatif terbaik untuk menonjolkan karakter dari masing-masing tanaman tersebut. Selain itu, meletakkannya di dekat jendela akan menciptakan transisi antara ruangan bagian dalam dengan bagian luar tidak terlalu kontras.

Baca Juga: Percaya atau Tidak, 5 Tanaman Ini Membawa Keberuntungan untuk Asmaramu

Arsitag.com Photo Verified Writer Arsitag.com

Kami percaya bahwa desain ruangan yang baik akan meningkatkan kualitas hidup para pengguna dan penghuni ruang.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya