Comscore Tracker

8 Ide Dekorasi Area Belajar agar Produktif Walau di Rumah Saja

Tempat belajar cantik, belajar pun asik!

Pandemi memiliki dampak yang begitu besar dalam kehidupan setiap orang, termasuk sistem belajar ataupun bekerja. Sistem pembelajaran yang berubah, memaksa kita untuk beradaptasi dengannya. Work From Home atau School from Home menjadi pilihan untuk mengatasi pandemi, sehingga semua dilakukan secara virtual.

Akibat aktivitas sehari-hari yang berada di rumah, membuat sebagian orang menjadikan area belajar atau bekerja menjadi pilihan latar belakang ketika melakukan virtual meeting. Namun, apakah area belajarmu sudah nyaman untuk kamu beraktivitas seharian dan ketika melakukan virtual meeting?

Bagi kamu yang ingin mempercantik area belajar supaya tetap semangat dan produktif, simak beberapa ide dekorasi area belajar untuk memaksimalkan aktivitas kamu!

Baca Juga: 9 Ide Dekorasi Kamar Mandi dengan Tanaman Hias, Serasa di Alam!

1. Mengganti suasana dengan mengubah warna dinding

8 Ide Dekorasi Area Belajar agar Produktif Walau di Rumah SajaProses pengecatan dinding (dok. pribadi/Carolina Ariella)

Dinding merupakan salah satu elemen interior yang sangat berdampak pada suasana atau kesan dari ruangan. Untuk memberikan nuansa dan semangat yang baru kamu bisa mencoba untuk mengaplikasikan warna pada dinding agar dinding kamu tidak terkesan polos.

Untuk pemilihan warna dinding, sebaiknya menggunakan warna terang agar ruang belajar menjadi terasa nyaman. Pemilihan warna gelap kurang disarankan untuk area belajar karena dapat memberi kesan yang berat sehingga membuatmu terasa cepat lelah.

Apabila kamu menginginkan warna yang beragam, kamu bisa mencoba dengan memberi variasi pola atau kombinasi warna pada dinding agar dinding kamu tidak terkesan monoton. Sebelum mengecat, pastikan cat dinding yang kamu pakai khusus untuk interior ruangan ya.

2. Memasang wallpaper pada dinding

8 Ide Dekorasi Area Belajar agar Produktif Walau di Rumah SajaMemasang wallpaper (dok. pribadi/Carolina Ariella)

Sebagai alternatif lain untuk kamu yang anti ribet, kamu bisa mencoba mengaplikasikan wall-sticker atau wallpaper pada dinding kamu. Wallpaper memiliki kelebihan pemasangan yang efisien dan menambah kesan elegan. Namun, apabila luas area dinding kamu cukup besar maka biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit. Sebagai solusi, wallpaper bisa kamu aplikasikan pada area dinding yang luasnya lebih kecil untuk penambah aksen dalam ruangan.

 Selain pemasangan yang efisien, wallpaper juga memiliki beragam jenis, salah satunya wallpaper timbul. Keunikannya, wallpaper ini bisa memberikan kesan 3D pada dinding kamu dan membuat area belajar kamu makin unik dan asik.

3. Lampu LED strip sebagai accent lighting

8 Ide Dekorasi Area Belajar agar Produktif Walau di Rumah SajaMemasang lampu LED Strip (dok. pribadi/Carolina Ariella)

Lampu LED Strip dapat menjadi alternatif sebagai accent lighting, penambah efek dramatis pada ruang belajarmu. Cara untuk mengaplikasikannya pun mudah dengan melepaskan stiker perekat dan langsung menempelkannya pada dinding. Lampu LED Strip akan terlihat sangat indah menemanimu ketika sedang belajar terutama di malam hari, karena cahayanya akan semakin terlihat memancar.

Selain sifatnya yang fleksibel dan harganya terjangkau, lampu LED Strip mempunyai beragam warna cahaya yang dapat diganti dengan remote control sewaktu-waktu. Untuk ruang belajar sebaiknya menggunakan pemilihan warna warm white atau cool white. Sedangkan untuk area belajar yang digunakan sekaligus untuk tempat gaming, lampu LED dengan warna RGB dapat menjadi pilihan untuk area belajarmu agar semakin keren dan tampil berbeda.

Baca Juga: 12 Ide Dekorasi Tanaman Hias untuk Rumah Tropis, Estetis bak Kafe

4. Memasang tulisan nama untuk identitas tempat belajar

8 Ide Dekorasi Area Belajar agar Produktif Walau di Rumah SajaMemasang tulisan nama (dok. pribadi/Carolina Ariella)

Memasang tulisan nama pada dinding, dapat menjadi alternatif ide untuk makeover tempat belajarmu. Dengan menampilkan nama kamu, dapat menunjukkan citra dan identitasmu sebagai pemilik area belajar. Terutama ketika kamu sedang melakukan rapat atau kelas online. Dinding yang cantik dengan tulisan namamu terpampang di atasnya, membuatmu lebih percaya diri dan bangga menggunakan area belajar yang aesthetic sebagai latar belakang virtual meeting.

Untuk memiliki tulisan nama ini, kamu dapat mendesain sendiri dengan pemilihan font atau bentuk huruf sesuai keinginan dan konsep pilihanmu. Sebelum memasang, pastikan material yang kamu gunakan memiliki berat yang ringan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti, material MDF.

5. Dekorasi dinding untuk area belajar yang cantik

8 Ide Dekorasi Area Belajar agar Produktif Walau di Rumah SajaHiasan dinding (dok. pribadi/Carolina Ariella)

Area belajar yang diberi hiasan dinding akan terlihat lebih menarik. Hiasan dinding tidak selalu lukisan. Kamu dapat menaruh hiasan dinding yang lain seperti, kaligrafi, photo frame, ataupun piagam penghargaan. Namun, hal yang harus diperhatikan, pastikan setiap hiasan dinding tersebut senada, agar hiasan tidak terlihat kacau. Hiasan dinding yang terlalu banyak juga dapat mengganggu konsentrasi belajar karena dinding yang terlalu ramai. Kamu juga bisa memajang hiasan dinding yang berisikan pesan atau kutipan yang dapat memotivasi kamu untuk semangat belajar.

6. Rak gantung untuk display barang favoritmu

8 Ide Dekorasi Area Belajar agar Produktif Walau di Rumah SajaMenata rak gantung (dok. pribadi/Carolina Ariella)

Menggunakan rak gantung bisa menjadi ide untuk mengubah suasana tempat belajarmu. Penggunaan rak membuat barang-barang kamu menjadi terorganisir dengan rapi. Selain untuk menata barang, rak gantung di dinding dapat digunakan untuk memajang aksesoris dan foto.

Kamu juga bisa menampilkan hasil prestasi ataupun penghargaan di rak gantung ini agar benda tersebut tidak tersimpan di lemari begitu saja, tetapi dapat dilihat oleh siapa pun. Dengan demikian, dapat memotivasi kamu untuk mengingat mimpi-mimpi yang ingin kamu capai ketika kamu sedang belajar.

Selain itu, dengan barang-barang yang tertata rapi pada rak, suasana tempat belajar menjadi semakin nyaman. Ruang belajar yang nyaman akan membuatmu betah berlama-lama berada di tempat belajar.

7. Aksesoris untuk pendukung aktivitas belajar

8 Ide Dekorasi Area Belajar agar Produktif Walau di Rumah SajaMenata aksesoris pendukung aktivitas belajar (dok. pribadi/Carolina Ariella)

Aksesoris pendukung aktivitas belajar tidak kalah penting. Kamu dapat menggunakan papan tulis, penyangga buku, lampu meja belajar, jam, dan lain sebagainya, untuk membuat aktivitas belajarmu semakin nyaman. Pemilihan warna senada membuat konsep makeover ruangmu semakin terlihat arah dan konsepnya. Selain area belajarmu semakin terlihat aesthetic, aktivitas belajarmu juga terbantu dengan adanya benda-benda ini.

8. Sediakan space yang luas untuk maksimalkan aktivitas

8 Ide Dekorasi Area Belajar agar Produktif Walau di Rumah SajaSpace pada area belajar (dok. pribadi/Carolina Ariella)

Hal yang paling penting dan mungkin belum disadari oleh sebagian di antara kamu adalah space dalam area belajar kamu. Space atau ketersediaan luas area pada suatu ruang untuk manusia beraktivitas, memiliki dampak secara psikologis bagi penggunanya. Tidak hanya barang berantakan saja yang bikin semangat kamu menurun, area belajar yang sempit dan tidak sesuai kapasitasnya membuat kamu tidak nyaman untuk beraktivitas.

Agar kamu semakin produktif dan semangat, milikilah area belajar yang mempunyai space yang cukup luas. Apabila ruangan tempat belajar kamu memang berukuran kecil, kamu dapat menata atau merapikan barang-barangmu agar kamu lebih nyaman saat belajar dan area belajar kamu terlihat lebih luas. Selain lebih produktif, memiliki space yang cukup luas dapat kamu manfaatkan sebagai area olahraga atau stretching ketika penat sehabis berlama-lama duduk mengerjakan tugas seharian di rumah.

Demikian tips agar ruang belajar kamu nyaman dan bikin kamu betah seharian berada di dalamnya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 9 Ide Dekorasi Tanaman Hias untuk Meja Belajar, Bikin Makin Semangat

Carolina Ariella Mahasiswi Desain Interior UK Petra Photo Writer Carolina Ariella Mahasiswi Desain Interior UK Petra

Mahasiswi Desain Interior Universitas Kristen Petra.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya