Comscore Tracker

Sedang Menjadi Tren, Begini 5 Tips Mudah Merawat Busana Bahan Velvet

Jangan asal dicuci!

Bahan busana velvet atau yang biasa dikenal dengan nama beludru, memang kini telah menjadi salah satu tren di kalangan masyarakat. Memiliki bulu-bulu halus mengkilap yang dapat membuat penampilan terlihat semakin glamour dan elegan, nyatanya merawat busana dengan bahan velvet sendiri tidak semudah seperti yang dibayangkan.

Butuh ekstra perhatian dan tidak boleh sembarangan, berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat busana bahan velvet agar tetap awet dan tidak mudah memudar warnanya!

1. Jangan terlalu sering dicuci

Sedang Menjadi Tren, Begini 5 Tips Mudah Merawat Busana Bahan Velvetreminetwork.com

Busana bahan velvet sebenarnya tidak perlu dicuci terlalu sering, apalagi jika mencucinya satu minggu sekali. Lebih baik bersihkan saja beberapa bagian yang dirasa kotor dengan cara dikucek perlahan. Tidak perlu menggunakan sikat, karena sikat biasanya hanya akan merusak tekstur busana velvetmu.

2. Jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung

Sedang Menjadi Tren, Begini 5 Tips Mudah Merawat Busana Bahan Velvettakeactionburlington.ca

Setelah dicuci, jangan langsung menjemurnya di bawah teriknya sinar matahari. Lebih baik jemur busana bahan velvetmu di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Hal ini bertujuan agar warna baju tetap merata dan busana tidak menjadi kaku.

3. Tidak perlu diberi parfum

Sedang Menjadi Tren, Begini 5 Tips Mudah Merawat Busana Bahan Velvetpexels.com/rawpixel.com

Hindari pemberian parfum pada busana berbahan velvet, karena biasanya parfum hanya akan menimbulkan noda dan membuat warna menjadi tidak merata atau bahkan memudar. Sebaiknya, pakailah parfum pada tubuh daripada menyemprotkannya pada pakaianmu.

Baca Juga: Biar Gak Cepat Rusak, Ternyata Begini Cara Mencuci Sepatu yang Benar!

4. Simpan dan gantung menggunakan hanger

Sedang Menjadi Tren, Begini 5 Tips Mudah Merawat Busana Bahan Velvetvan-esch.com

Melipat busana bahan velvet biasanya hanya akan merusak tekstur dan meninggalkan bekas. Lebih baik simpan dengan cara digantung menggunakan hanger, agar busana tetap awet dan tidak meninggalkan bekas yang berarti.

5. Periksa label yang tertera pada busana

Sedang Menjadi Tren, Begini 5 Tips Mudah Merawat Busana Bahan Velvethttp://cdn3.uzone.id

Untuk lebih amannya, ada baiknya jika kamu memeriksa label yang tertera. Biasanya, tidak semua bahan velvet memiliki bahan yang sama. Jika bahan velvet terbuat dari velvet sutera, maka mau tidak mau kamu harus membawanya ke pembersih atau laundry profesional. Namun, jika bahan velvetmu terbuat dari velveteen, yaitu bahan yang terbuat dari katun dan campuran rayon atau polyester, maka kamu bisa mencucinya sendiri di rumah. 

Nah, jadi itu dia beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat merawat busana bahan velvet. Semoga bisa membantu, ya!

Baca Juga: 6 Cara Mencuci Pakaian yang Harus Kamu Tahu Aturannya

Topic:

  • Diana Ekawati
  • Pinka Wima

Just For You