Comscore Tracker

9 Dekor Rumah Bergaya Modern-Japanese yang Unik & Tak Biasa

Mau rumah begini?

Bosan dengan desain Skandinavia, tetapi masih ingin rumah bergaya minimalis? Coba gaya interior modern-Japanese, deh. Tak kalah keren dan minimal, cocok untuk pecinta hunian bernuansa elegan dan clean. Berikut sembilan inspirasinya. 

1. Gorden pintu 

9 Dekor Rumah Bergaya Modern-Japanese yang Unik & Tak Biasaflickr.com/photos/renneslechateau

Gorden pintu dari kain terkesan tradisional banget ya, pasti bakal mengingatkanmu pada rumah-rumah di pedesaan. Nah, di interior Modern-Japanese ternyata gorden dan screen untuk pintu tidak sepenuhnya ditinggalkan. Khususnya untuk ruangan-ruangan yang tidak butuh banyak privasi seperti dapur. Keberadaannya langsung membuatmu seakan berada di sebuah kedai ramen di Tokyo. 

2. Kamar mandi bernuansa alam

9 Dekor Rumah Bergaya Modern-Japanese yang Unik & Tak Biasaelledecor.com

Modern-Japanese style juga identik dengan hal-hal yang berbau natural. Terutama di kamar mandi. Kamu bisa menemukan bebatuan, kayu, dan concrete wall di kamar mandi bernuansa Jepang. Seperti contoh di atas, gaya tradisional dipadu dengan sentuhan modern dari panel kayu, keran, dan rak sabun. 

3. Wood slats 

9 Dekor Rumah Bergaya Modern-Japanese yang Unik & Tak Biasadesign-milk.com

Rumah-ruman Modern-Japanese juga masih mengadopsi wood slats atau bilah kayu sebagai pembatas antar ruangan. Biasanya dibuat dengan model pintu atau jendela geser yang hemat ruang. 

4. Multilevel stories 

9 Dekor Rumah Bergaya Modern-Japanese yang Unik & Tak Biasaarchdaily.com

Ini salah satu ciri khas dari desain rumah Jepang modern, dibuat dengan sistem multilevel stories. Jadi penghuni bisa menemukan mezanine dan sunken floor dalam satu rumah. Dari luar rumah terlihat sangat minimalis dengan ukuran yang tak seberapa. Namun, saat masuk ke dalam, rumah terlihat lapang meski penuh undakan dan turunan. Tujuannya tentu untuk menghemat ruang di tengah keterbatasan lahan. 

Baca Juga: 15 Desain Keren Bedroom Office, Bikin Harimu Tetap Produktif

5. Kompartemen tersembunyi 

9 Dekor Rumah Bergaya Modern-Japanese yang Unik & Tak Biasanytimes.com

Salah satu sunken floor yang dimanfaatkan jadi kompartemen penyimpanan dalam kamar. Bukan dibuat tanpa alasan. Selain menyiasati lahan yang sempit tapi butuh banyak ruang, lantai-lantai yang tidak rata tersebut adalah ruang penyimpanan tersembunyi. 

6. Dapur dengan kabinet dan rak terbuka 

9 Dekor Rumah Bergaya Modern-Japanese yang Unik & Tak Biasaremodelista.com

Bagian dapur pun gak kalah unik. Dapur bergaya Jepang modern identik dengan rak dan kabinet terbuka seperti gambar di atas. Ternyata, hal ini bisa jadi nilai estetika tersendiri di dapur. Beda dengan dapur gaya Barat klasik yang penuh dengan kabinet-kabinet tertutup. 

7. Meja lesehan 

9 Dekor Rumah Bergaya Modern-Japanese yang Unik & Tak Biasainstagram.com/roanbarrion

Salah satu komponen yang tak pernah terlewat dari rumah bergaya Jepang adalah meja lesehan. Dipadu dengan bantalan duduk dan selimut tebal untuk tempat kaki bernaung, benar-benar mengingatkanmu pada tontonan masa kecil di televisi. 

8. Warna natural 

9 Dekor Rumah Bergaya Modern-Japanese yang Unik & Tak Biasaanothermag.com

Orang Jepang juga lebih senang warna-warna natural di rumah mereka. Tak heran perabot kayu dan cat putih sepertinya tak pernah absen dari penglihatan. Mungkin karena mereka sadar lahan sangat sempit, warna natural dan netral dipilih untuk membuat kesan lapang dan sejuk di rumah. 

9. Jemuran indoor 

9 Dekor Rumah Bergaya Modern-Japanese yang Unik & Tak Biasafield-h.net

Sepertinya sudah jadi kebiasaan yang tak bisa dielakkan dari orang Asia untuk menjemur pakaian langsung di bawah terik matahari daripada pakai dryer. Untuk itulah, laundry room dibuat khusus bersama jemuran yang terintegrasi dengan atap. Nyaman banget nih buat mencuci, jemur, dan seterika baju. 

Bagaimana tertarik beralih ke aliran Modern-Japanese

Baca Juga: 11 Desain Ruangan Estetis yang Terinspirasi Latar Film Wes Anderson

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya