Comscore Tracker

15 Jenis Kursi dalam Desain Interior yang Wajib Kamu Tahu

Ingat-ingat, siapa tahu butuh 

Kursi adalah elemen penting dalam sebuah desain interior. Tidak hanya fungsi praktikalnya, nyatanya ia punya peran krusial dalam mempengaruhi nilai estetika suatu ruangan. Saat akan mendesain atau melakukan make over pada ruangan, ada baiknya kamu mengenali beberapa jenis kursi berikut ini.

Agar mudah jika kamu hendak menentukan konsep atau memberikan gambaran pada pengrajin kursi yang kamu percaya.  

1. Tulip chair

15 Jenis Kursi dalam Desain Interior yang Wajib Kamu Tahusfgirlbybay.com

Kamu mungkin sudah sering melihat desain kursi ini. Identik dengan modernitas, kursi ini memang bisa mengubah suasana seketika. Tersedia dalam banyak warna dan bahan. Umumnya dudukan dan sandarannya terbuat dari plastik, tetapi ada pula yang membuatnya dari wire atau kawat tebal. Untuk bagian kakinya juga beragam, ada yang berbahan kayu dan logam. 

2. Fauteuil

15 Jenis Kursi dalam Desain Interior yang Wajib Kamu Tahuinstagram.com/apartmenttherapy

Kursi klasik ala Eropa yang timeless ini berasal dari Prancis, tetapi juga banyak ditemui di desain ruangan Skandinavia. Bentuknya yang elegan cocok ditempatkan di sudut kamar, ruang tamu, dan ruang tengah sekalipun. 

3. Bistro chair

15 Jenis Kursi dalam Desain Interior yang Wajib Kamu Tahuinstagram.com/apartmenttherapy

Dinamai kursi bistro, karena ia banyak ditemui di restoran-restoran atau kafe. Desainnya sebenarnya beragam, ada yang terbuat dari anyaman rotan hingga anyaman kain. Ada yang diberi bantalan dan ada yang plain hanya berbahan logam dan kayu seperti ini. 

4. Windsor

15 Jenis Kursi dalam Desain Interior yang Wajib Kamu Tahuinstagram.com/dominomag

Dari beberapa kursi bistro di contoh sebelumnya, ada salah satu kursi yang spesifik dinamai windsor chair. Kursi ini ditandai dengan beberapa kerangka kayu vertikal pada bagian sandarannya. Selain jadi kursi untuk meja makan, ia juga cocok untuk kursi taman atau teras. 

5. Swan chair

15 Jenis Kursi dalam Desain Interior yang Wajib Kamu Tahuinstagram.com/mydomaine

Swan chair sebenarnya terinspirasi dari desain kursi The Swan yang didesain oleh desainer asal Denmark bernama Arne Jacobsen. Kursi ini memang didesain anggun bagaikan angsa. Di desain aslinya, Arne memberikan tambahan arm rest, tetapi banyak yang memodifikasinya jadi lebih sederhana seperti contoh di atas. 

6. Lounge chair

15 Jenis Kursi dalam Desain Interior yang Wajib Kamu Tahuinstagram.com/sfgirlbybay

Lounge chair bisa disebut pula kursi malas. Ia bisa ditemukan di ruang tengah, dekat dengan rak buku dan jadi spot sempurna untuk membaca sambil bersantai. Ditandai dengan dudukan dan sandarannya yang cukup panjang sehingga bisa dipakai berbaring. 

7. Loveseat

15 Jenis Kursi dalam Desain Interior yang Wajib Kamu Tahuinstagram.com/mydomaine

Loveseat sebenarnya adalah sofa atau couch yang muat untuk lebih dari satu orang. Kursi jenis ini dibuat dengan tujuan memungkinkan penghuni rumah untuk menempati kursi bersama orang terdekat seperti pasangan, sahabat atau keluarga. 

Baca Juga: 5 Kursi Santai nan Cantik yang Wajib Kamu Miliki di Rumah

8. Womb chair

15 Jenis Kursi dalam Desain Interior yang Wajib Kamu Tahuinstagram.com/apartmenttherapy

Womb chair dibuat dengan desain futuristik, ditandai dengan bentuknya yang seperti bulatan sarang burung. Kemudian diberi penyangga dari kayu atau logam yang kokoh. Ciri khas lainnya adalah bantal yang bisa dipindah-pindah. 

9. Club chair

15 Jenis Kursi dalam Desain Interior yang Wajib Kamu Tahuinstagram.com/elledecor

Club chair adalah sofa tunggal yang empuk dan fluffy, lengkap dengan arm rest. Ia ditandai dengan bentuknya yang melengkung di berbagai sisi. Biasanya ia dilapisi dengan kulit pada bagian luarnya, tetapi banyak pula yang memodifikasinya dengan berbagai bahan lain. Sifatnya yang makan tempat memang membuatnya kurang oke diposisikan di ruangan yang sempit. 

10. Wassily

15 Jenis Kursi dalam Desain Interior yang Wajib Kamu Tahuinstagram.com/_designtales_

Wassily Chair adalah kursi buatan Marcel Breuer yang tercatat sebagai kursi pertama dengan rangka logam di semua bagiannya. Dudukan, sandaran, dan wadah lengannya dibuat dari kulit atau kain. Namun, sudah banyak yang memodifikasinya dengan rangka kayu dan desain yang lebih sederhana.

Kursi ini secara konsep mirip dengan hammock, tetapi jauh lebih kokoh. Tak heran banyak juga yang meletakkannya di teras sebagai kursi santai. 

11. Stool

15 Jenis Kursi dalam Desain Interior yang Wajib Kamu Tahuinstagram.com/sfgirlbybay

Stool atau bangku adalah desain kursi paling purba yang pernah dibuat manusia. Ia hanya punya dudukan tanpa sandaran sama sekali. Tak heran selain jadi tempat duduk, stool banyak dipakai untuk pengganti tangga. 

12. Wishbone 

15 Jenis Kursi dalam Desain Interior yang Wajib Kamu Tahuinstagram.com/apartmenttherap

Wishbone ditandai dengan sandarannya yang membentuk lingkaran, sehingga menyatu dengan arm rest. Ini membuat siapa pun yang duduk merasa nyaman karena bentuknya yang mengikuti lingkar tubuh manusia. Kursi ini bisa diposisikan di mana saja, ruang makan hingga ruang belajar pun tak masalah. 

13. Operator chair

15 Jenis Kursi dalam Desain Interior yang Wajib Kamu Tahuinstagram.com/_designtales_

Operator chair adalah jenis kursi kantor paling sederhana. Dinamakan seperti itu karena biasanya kursi ini dipakai untuk pegawai biasa, mengingat pemegang jabatan eksekutif akan diberi kursi yang desainnya lebih kompleks.

Meski begitu, kursi ini tetap nyaman digunakan dan banyak dipakai untuk kursi belajar di rumah. Dilengkapi roda dan pengatur ketinggian sehingga nyaman dipakai dalam waktu lama. 

14. Student chair

15 Jenis Kursi dalam Desain Interior yang Wajib Kamu Tahuinstagram.com/elledecor

Dinamakan kursi pelajar karena kursi jenis ini banyak ditemui di sekolah-sekolah atau perpustakaan. Desainnya sederhana, tetapi banyak dimodifikasi dengan diberi bantalan agar lebih nyaman. 

15. Director's chair

15 Jenis Kursi dalam Desain Interior yang Wajib Kamu Tahuinstagram.com/provogueator

Kursi sutradara ini pasti sudah tak asing lagi bagi kita. Kursi ini biasanya dipakai di set film sebagai tempat sutradara, kru, dan para bintang film untuk beristirahat sambil menunggu waktu take adegan mereka. Ia bisa dilipat dan dipindah-pindah sesuai kebutuhan. Gak cuma buat kru film, kamu bisa kok memilikinya dan menempatkannya di studio atau kamarmu sendiri. 

Sebenarnya masih banyak tipe kursi lain yang bisa dipilih. Kiranya daftar di atas termasuk yang paling esensial dan wajib kamu ketahui namanya. 

Baca Juga: 10 Bukti Keanggunan Kursi Fiber yang Ikonik untuk Dekorasi Ruangan

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya