Comscore Tracker

5 Tanaman yang Memiliki Sifat Tahan Api, Bisa Cegah Kebakaran

Perlambat penyebaran api di sekitar rumah

Ada banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan saat memiliki tanaman di sekitar rumah. Mulai dari meningkatkan keindahan rumah, udara yang lebih segar, mempermudah tidur, menghalau serangga, hingga memperbaiki suasana hati.

Ada hal yang tak banyak diketahui, bahwa beberapa tanaman memiliki sifat tahan api. Hal ini mampu mencegah kebakaran menyebar di sekitar rumah.

Tentu saja, tidak semua tanaman memiliki sifat anti api. Supaya kamu tidak salah memilih, berikut 5 jenis tanaman yang memiliki sifat anti api dilansir laman Sunset dan Ready for Wildlife.

1. Lavender prancis

5 Tanaman yang Memiliki Sifat Tahan Api, Bisa Cegah Kebakaranilustrasi lavender (pixabay.com/Wow_Pho)

Lavender prancis tidak hanya memiliki bau yang harum dan bermanfaat untuk mencegah erosi, tapi juga ada memiliki sifat yang tahan api. Tanaman ini juga dapat tumbuh dengan subur dalam kondisi pertumbuhan yang kering.

Menanam satu tanaman tahan kekeringan ini dapat dengan cepat menutupi banyak area. Tanaman berwarna ungu ini akan menambah keindahan lanskap ruang sekaligus sebagai pencegahan kebakaran menyebar.

2. Red monkey flower

5 Tanaman yang Memiliki Sifat Tahan Api, Bisa Cegah Kebakaranilustrasi red monkey flower (calscape.org)

Tanaman red monkey flower menghasilkan bunga merah cerah yang indah. Semak cemara ini merupakan spesies asli California yang juga toleran kekeringan.

Red monkey flower memiliki sifat yang tahan api dan menjadi salah satu tanaman pemadam kebakaran terbaik. Tanaman ini dapat tumbuh dengan tinggi hingga 60 cm dan lebar hingga 90 cm.

Sebenarnya, semua spesies monkey flower memiliki sifat tahan api. Namun, alangkah baiknya kamu memiliki spesies yang juga tahan kekeringan, seperti red monkey flower ini.

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Hias yang Tetap Hidup Meski Jarang Disiram

3. Lilac california

5 Tanaman yang Memiliki Sifat Tahan Api, Bisa Cegah Kebakaranilustrasi lilac california (pixabay.com/GAIMARD)

Lilac california berasal dari Pantai Barat. Ini adalah tanaman semak tinggi berbunga biru yang mekar dari akhir musim semi hingga awal musim panas. Terlebih lagi, tanaman ini juga tahan api.

Lilac california dapat bertumbuh kembali dengan kuat setelah terbakar. Biji semak lilac california yang keras dan berwarna gelap juga tahan terhadap panas dan mampu berkecambah setelah kobaran api membuka lahan.

4. Agave

5 Tanaman yang Memiliki Sifat Tahan Api, Bisa Cegah Kebakaranilustrasi agave (pixabay.com/rosemaree)

Tanaman agave dapat mentolerir sejumlah besar ketidaknyamanan. Hanya saja, agave tidak tumbuh dengan baik di daerah dengan embun beku, tapi dapat tumbuh subur di dekat pantai.

Tanaman ini memiliki warna hijau yang sangat lembut dan mudah untuk ditransplantasikan saat dibutuhkan. Kepala agave penuh dengan air dan dapat tumbuh dengan padat. Ada banyak jenis tanaman agave dan semuanya merupakan pilihan yang baik untuk lanskap yang aman dari kebakaran.

5. California fuchsia

5 Tanaman yang Memiliki Sifat Tahan Api, Bisa Cegah Kebakaranilustrasi california fucshia (cnpssd.org)

California fuchsia adalah tanaman tahunan yang tumbuh subur di pesisir California dan di daerah dengan tanah liat dan pasir. Tanaman ini menghasilkan bunga berwarna oranye di akhir musim panas yang sangat menarik kupu-kupu dan burung.

Tanaman ini juga tahan api dan aman dari kebakaran. California fuschia hanya membutuhkan sedikit air atau tanpa air setelah tumbuh.

Apakah kamu tertarik menanam salah satu tanaman di atas di sekitar rumahmu? Sifatnya yang tahan api membuat tanaman ini menjadikan rumah lebih aman dari risiko kebakaran. Hal yang perlu diingat, jangan lupa merawat tanaman ini dengan baik. Sebab, jika tanaman ini mati, maka sifat anti apinya juga hilang.

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Tradescantia Pink hingga Ungu Ini Bikin Teras Adem

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya