Comscore Tracker

6 DIY Pengharum Ruangan dari Bahan Alami yang Murah dan Aman

Semuanya bebas bahan kimia berbahaya

Ruangan yang wangi tentunya mampu membuat siapa pun betah berlama-lama di ruangan tersebut. Selain itu, menghirup aroma yang segar juga mampu menghilangkan lelah dan membangkitkan semangat setelah seharian beraktivitas di luar. Oleh karenanya, sangat penting untuk menjadikan setiap sudut dalam rumahmu wangi dan segar.

Sayangnya, kamu tidak bisa terlalu sering menggunakan pengharum ruangan yang dijual di pasaran karena tak sedikit di antaranya yang mengandung bahan kimia berbahaya yang mungkin bisa menimbulkan alergi atau masalah lainnya. Tapi untungnya, banyak bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat pengharum ruangan yang tentunya lebih sehat dan murah.

Biar tidak semakin penasaran, yuk langsung simak beberapa pengharum ruangan yang bisa kamu buat sendiri.

1. Teteskan esens di kerucut pinus 

6 DIY Pengharum Ruangan dari Bahan Alami yang Murah dan Amanunsplash.com/David Norman

Penggunaan minyak esensial dan kerucut pinus bisa jadi pengharum ruangan sekaligus dekorasi ruangan yang sangat cantik. Caranya pun cukup mudah, tinggal tambahkan beberapa tetes minyak esensial, seperti lavender atau kayu manis ke kerucut pinus, kemudian tata di dalam keranjang dan taruh di sudut-sudut ruangan yang kamu inginkan.

Kamu hanya perlu satu hingga dua tetes minyak per buah cemara untuk membuat ruangan jadi harum.

2. Jeruk dan kayu manis di air mendidih

6 DIY Pengharum Ruangan dari Bahan Alami yang Murah dan Amanunsplash.com/Stephanie Harvey

Kamu juga bisa membuat pengharum khusus untuk dapur dari jeruk dan kayu manis. Caranya, didihkan air di atas panci, setelah mendidih segera masukkan irisan jeruk dan kayu manis.

Lalu, matikan api dan biarkan aroma wangi dari jeruk dan kayu manis menyebar ke seluruh dapur dan mengusir bau amis serta tidak sedap dari dapur. Setelah beberapa saat, dijamin dapurmu akan jadi sangat segar.

3. Penyegar udara gel 

6 DIY Pengharum Ruangan dari Bahan Alami yang Murah dan Amanhelloglow.co

Penyegar udara gel tidak hanya berfungsi sebagai penyegar ruangan tetapi juga bisa tampak sangat imut sebagai dekorasi rumah. Cara membuatnya juga cukup mudah, tinggal campurkan 10 tetes minyak esensial untuk setiap dua gelas air, dan campurkan ke dalam mangkuk berisi garam dan sebungkus gelatin.

Setelah campuran larut, tuangkan ke dalam stoples kaca atau wadah tahan panas lainnya, dan biarkan hingga mengeras. Setelah itu, tempatkan di sudut ruangan yang ingin kamu segarkan.

Agar tampak lebih menggemaskan, kamu juga bisa lho memasukkan kelopak bunga, pewarna, atau hiasan apa pun ke dalam pengharum gel buatanmu untuk membuatnya tampak lebih menarik.

Baca Juga: 10 DIY Vas Bunga dari Kaleng hingga Sendok Bekas, Unyu Banget!

4. Stoples berisi minyak esensial dan soda kue

6 DIY Pengharum Ruangan dari Bahan Alami yang Murah dan AmanUnsplash.com/Jess Bailey

Kamu juga bisa membuat pengharum ruangan dari soda kue dan minyak esensial. Caranya, siapkan stoples kecil dan tambahkan dengan setengah cangkir soda kue serta lima tetes minyak esensial favoritmu ke dalam stoples. Pasang tutupnya, lalu beri beberapa lubang dan letakkan di mana pun yang kamu mau.

Selain menggunakan tutup yang dilubangi, kamu juga bisa menggunakan kain dan karet gelang sebagai tutup stoples. Pewangi ini memiliki tingkat ketahanan hingga beberapa minggu, dan setelah wanginya berkurang, kamu bisa meneteskan kembali minyak esensial untuk mengembalikan kesegarannya.

5. Taruh tanaman di dalam ruangan 

6 DIY Pengharum Ruangan dari Bahan Alami yang Murah dan Amanunsplash.com/Vera Cho

Menaruh tanaman bunga adalah cara yang super mudah dan sangat estetis untuk menyegarkan ruangan. Terlebih, menaruh tanaman di dalam ruangan juga bisa menjadi cara alami untuk membersihkan udara. Beberapa jenis tanaman yang terbaik untuk menyegarkan ruangan sekaligus sebagai dekorasi adalah anggrek, peace lily, dan beberapa jenis palem.

6. Natural diffuser

6 DIY Pengharum Ruangan dari Bahan Alami yang Murah dan Amanunsplash.com/Maddi Bazzocco

Kamu juga bisa membuat diffuser ruangan sendiri menggunakan stoples kaca, air, minyak esensial yang berbau segar, dan diffuser stik. Tinggal masukkan minyak esensial secukupnya ke stoples lalu isi dengan air hingga setengahnya. Lalu, masukkan diffuser stik ke dalam stoples sebanyak 10 buah. Pastikan juga tinggi diffuser stik tidak lebih dari dua kali tinggi kaca.

Demikianlah beberapa pengharum ruangan alami yang bisa kamu buat sendiri. Selain murah, pengharum ruangan DIY ini jauh lebih aman daripada air freshner yang dijual di pasaran karena bebas bahan kimia yang berbahaya. Selamat mencoba!

Baca Juga: 9 DIY dengan Resin, Bisa Jadi Perhiasan hingga Phone Case!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya