Comscore Tracker

Gak Perlu Sampo, Gunakan 6 Bahan Alami Ini untuk Membersihkan Rambut

Cocok untuk kamu pemuja produk perawatan organik

Sampo menjadi produk yang paling banyak digunakan untuk membersihkan rambut dari minyak dan kotoran. Sayangnya, banyak yang tidak menyadari bahwa sampo mengandung detergen. Detergen merupakan bahan pembersih yang bersifat keras serta dapat membuat rambut kehilangan minyak alami dan menjadi kering.

Padahal banyak bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan rambut. Selain lebih aman karena tidak mengandung detergen, keramas menggunakan bahan alami juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah pada rambut, seperti ketombe, rambut berminyak, kering, dan rusak.

Berikut bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif pengganti sampo untuk membersihkan rambut.

1. Baking soda

Gak Perlu Sampo, Gunakan 6 Bahan Alami Ini untuk Membersihkan RambutDoctor.ndtv.com

Larutkan 1 sendok makan baking soda dengan segelas air hangat. Usapkan secara merata pada rambut. Beri pijatan pada kulit kepala selama beberapa saat. Setelah itu, diamkan selama beberapa menit dan bilas hingga bersih.

Baking soda efektif untuk membersihkan minyak pada rambut dan kulit kepala. Kalau kamu punya rambut yang keriting dan tebal kamu bisa menggunakan baking soda lebih banyak. Baking soda bisa kamu gunakan untuk membersihkan rambut seminggu sekali.

2. Cuka apel

Gak Perlu Sampo, Gunakan 6 Bahan Alami Ini untuk Membersihkan RambutBarrierislandorganics.com

Cuka apel bersifat asam lemah, mampu menyeimbangkan pH rambut serta dapat digunakan sebagai kondisioner alami. Campurkan 1 sendok makan cuka apel dengan segelas air. Ratakan pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat-pijat sebentar. Setelah itu langsung bilas dengan air bersih untuk menghilangkan bau cuka apel.

3. Perasan lemon

Gak Perlu Sampo, Gunakan 6 Bahan Alami Ini untuk Membersihkan Rambutoneeway.com

Membersihkan rambut dengan perasan lemon cocok untuk kamu yang punya masalah rambut berketombe. Karena lemon mengandung senyawa asam sitrat yang dapat menghilangkan ketombe.

Caranya, campurkan air perasan lemon dengan air hangat dengan perbandingan 1:1. Usapkan pada rambut dan kulit kepala dan diamkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih.

Baca Juga: 5 Manfaat Hebat Minyak Wijen untuk Rambut, Sudah Pernah Coba?

4. Bentonite clay

Gak Perlu Sampo, Gunakan 6 Bahan Alami Ini untuk Membersihkan Rambutthetruthaboutcancer.com

Bentonite clay dapat digunakan untuk membersihkan rambut yang sangat berminyak. Caranya campurkan bubuk bentonite dan air dengan perbandingan 1:4. Kemudian oleskan campuran pada rambut yang telah dibasahi sambil dipijat seperti saat kamu keramas. Diamkan selama 5 menit lalu bilas hingga bersih.

5. Kaolin

Gak Perlu Sampo, Gunakan 6 Bahan Alami Ini untuk Membersihkan RambutPerfectimage.co

Kaolin cocok untuk kamu yang memiliki jenis rambut kering karena bahan ini tidak menyerap minyak secara berlebihan. Cara menggunakannya sama seperti bentonite clay, campurkan bubuk kaolin dan air dengan perbandingan 1:4 lalu ratakan pada rambut yang telah dibasahi. Pijat-pijat dan diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

6. Madu

Gak Perlu Sampo, Gunakan 6 Bahan Alami Ini untuk Membersihkan Rambutbirkbyfoods.com

Keramas menggunakan madu tidak akan membuat rambut kamu jadi lengket. Sebaliknya, madu berkhasiat membuat rambut bersih dan lembab. Caranya, larutkan 2 sendok makan madu dengan segelas air lalu usapkan pada rambut, pijat-pijat dan bilas hingga bersih.

Bahan mana yang mau kamu coba?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Dry Shampoo Terbaik, Selamat Tinggal Rambut Lepek

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

JADWAL SALAT & IMSAK

27
MEI
2019
22 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You