Comscore Tracker

5 Rekomendasi Cat Gouache, Bantu Eksplorasi Gaya Lukismu

Baru belajar melukis? Coba pakai cat jenis ini, yuk!

Dibanding dengan cat air, jenis cat gouache masih jarang digunakan untuk melukis. Keunggulan dari cat gouache ini adalah teksturnya lebih pekat daripada cat air. Berbeda dengan cat akrilik yang mengering dan keras setelah digunakan lalu lukisan pun jadi sukar direstorasi kembali, cat gouache dapat diaplikasikan lagi dengan cat air meskipun sudah kering. 

Bagi kamu pemula di dunia lukisan, tak ada salahnya mencoba menggunakan cat jenis ini untuk eksplorasi gaya melukismu. Berikut rekomendasi merek dari cat gouache yang bisa kamu coba.

1. Mita Himi

5 Rekomendasi Cat Gouache, Bantu Eksplorasi Gaya LukismuCat gouache Miya Himi (carousell.com)

Cat gouache merek Miya Himi memiliki perpaduan antara watercolor dan cat akrilik. Warna cat yang dihasilkan terang, sehingga lukisan nampak hidup. Cat ini juga multifungsi, kamu bisa menjadikannya watercolor dengan menambahkan lebih banyak air.

Cat gouache ini tersedia dalam wadah kotak dengan varian warna 18, 24, 36, hingga 72. Warna-warna cat ini mudah dicampur satu sama lain. Sehingga kamu bisa menghasilkan warna baru ketika kamu berniat hanya membeli gouache versi 18 warna.

Cat gouace ini cocok sekali bagi kamu yang baru mau melukis menggunakan gouache. Cat gouache Miya Himi dijual mulai Rp150 ribu. Sayangnya cat ini cepat mengering dan mengeras, karena tidak ada penutup pada wadah cat. Karena sifatnya yang mudah mengering dan keras, kamu harus segera mencuci kuasmu agar tidak rusak. Selain itu, kamu harus menyimpannya dengan rapi agar cat tidak tumpah dan meluber.

2. Winsor and Newton

5 Rekomendasi Cat Gouache, Bantu Eksplorasi Gaya LukismuCat Winsor and Newton (artsupplies.co.uk)

Tampilan cat gouache Winsor and Newton ini sederhana, namun terlihat bagus dan mewah. Dari pengemasan, cat gouache ini tersedia dalam tube. Dengan begitu, cat ini mudah dibawa ke mana-mana tanpa khawatir akan tumpah dan meluber. Karena tersimpan rapi dalam tube, cat ini tidak murah mengering.

Cat gouache ini cocok bagi kamu yang sudah profesional dalam dunia melukis. Memiliki kelebihan saat layer, kamu bisa dengan mudah menumpuk warna satu dengan warna lain. 

Cat ini memiliki kadar kepekatan yang tebal dan warna vibrant. Sehingga saat dikeluarkan dari tube sangat susah karena kadar opaque-nya yang amat tinggi. Untuk mengatasinya, saat mengeluarkan cat kamu perlu menambahkan air. Untuk satu tube cat dibanderol sekitar Rp70 ribu.

3. Maries

5 Rekomendasi Cat Gouache, Bantu Eksplorasi Gaya LukismuCat gouache Maries (aliexpress.com)

Kamu bisa mendapatkan cat Maries mulai dari harga Rp50 ribu. Ini sangat cocok bagi kamu yang baru mengenal cat jenis gouache. Meskipun terjangkau, Maries memiliki kualitas cat yang bagus. Cat ini sangat mudah digoreskan pada kertas atau kanvas. Pemula tidak perlu susah payah belajar teknik tertentu untuk mengaplikasikannya. 

Selain itu, kemasan cat gouache Maries tersimpan dalam tube. Sangat aman jika dibawa ke mana-mana. Sayangnya, beberapa warna dari cat gouache Maries ini tidak memiliki kadar kepekatan yang sama. Ada yang opaque dan encer, sehingga sulit untuk proses blending.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Membuat Cat Air Buat Anak, Aman dari Zat Kimia!

4. Mont Marte

5 Rekomendasi Cat Gouache, Bantu Eksplorasi Gaya LukismuCat Mont Marte (peaart.ca)

Dari tampilan luar Mont Marte sudah tersedia informasi warna dan kadar opasitasnya. Sehingga, kamu dapat mengira-ngira kapasitas warna yang akan kamu aplikasikan. Cat gouache Mont Marte terkemas dalam bentuk tube dan mudah dibawa untuk travelling, misalnya.

Sapuan yang dihasilkan cat ini tidak terlalu tebal dan mudah untuk gradasi. Tingkat opasitasnya creamy dan tidak terlalu encer, sehingga cocok untuk segala jenis kanvas dan kertas. Harga cat ini terjangkau mulai dari Rp90 ribu.

5. Reeves

5 Rekomendasi Cat Gouache, Bantu Eksplorasi Gaya LukismuCat Reeves (carousell.ph)

Dilengkapi dengan penutup ulir, cat gouache Reeves terkemas dalam tube. Tampilannya sederhana seperti cat pada umumnya. Cat gouache cocok bagi kamu pemula dan punya hobi melukis. Warna-warna cat ini mudah dicampur satu sama lain, sehingga kamu bisa mendapatkan warna baru dari mixing warna primer dan sekunder. 

Produk ini tersedia dalam 12 warna mulai dari Rp120 ribu di toko. Meski opasitasnya bagus, tapi cat ini lengket bila menyentuh tangan dan kanvas. Kamu perlu menakar air untuk mendapatkan pekat yang sesuai keinginanmu. Karena sifatnya yang lengket dan cepat kering, Jangan lupa untuk segera membersihkan kuas dan palet setelah melukis. Selain itu cat merek Reeves memiliki bau warna menyengat yang membuatmu agak sedikit tidak nyaman.

Meskipun kurang familiar, cat gouache sangat direkomendasikan untuk kamu yang menyukai dunia lukis. Jika, kamu masih baru dalam menggunakan cat gouache, baiknya kamu membeli warna primer dan memilih cat gouache yang mudah untuk mixing. Jika kamu desainer, maka pakailah cat khusus profesional sehingga hasil lukisan lebih maksimal. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Cat Air yang Bagus Bagi Pemula dan Profesional, Cobain!

Ema Endrawati Photo Verified Writer Ema Endrawati

Temannya burung hantu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya