Comscore Tracker

Langkah Mudah Membuat Bunga dari Cotton Bud dan Botol Plastik

Yuk, berkreasi menggunakan cotton bud!

Berbagai benda di sekitar kita bisa digunakan menjadi bahan utama untuk membuat kreasi baru. Misalnya seperti cotton bud yang biasa dipakai untuk membersihkan telinga, bisa dimanfaatkan untuk membuat bunga, lho.

Kamu juga bisa memanfaatkan bahan tak terpakai seperti botol bekas. Cukup berbahan dasar cotton bud dan botol plastik bekas, kamu bisa membuat penghias ruangan yang cantik. Gak perlu membeli bunga dan vas lagi kan? Jika kamu ingin membuatnya, simak caranya di bawah ini.

1. Siapkan alat dan bahan

Langkah Mudah Membuat Bunga dari Cotton Bud dan Botol Plastikyoutube.com/S R hack

Sebelum membuat bunga dari cotton bud sekaligus vasnya, kamu perlu mempersiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Berikut ini alat dan bahannya:

  • Cotton bud
  • Botol plastik bekas, siapkan dua buah
  • Kertas, gunakan kertas karton atau bufallo
  • Kain flanel
  • Renda
  • Manik-manik, warna emas atau silver
  • Pewarna
  • Lem tembak
  • Pisau
  • Gunting

Kamu bisa menggunakan cat air, cat acrylic atau cat minyak sebagai pewarna. Sedangkan untuk kain flanel, bisa menyesuaikan dengan warna bunga pilihanmu. 

2. Warnai cotton bud sesuai selera

Langkah Mudah Membuat Bunga dari Cotton Bud dan Botol Plastikyoutube.com/Krishna Creative Craft

Setelah mempersiapkan alat dan bahan, warnai setiap kapas di kedua ujung cotton bud sesuai warna pilihanmu. Kamu bisa memilih lebih dari satu jenis warna untuk menghasilkan bunga yang beragam.

3. Gunting kertas menjadi bentuk lingkaran

Langkah Mudah Membuat Bunga dari Cotton Bud dan Botol Plastikyoutube.com/S R hack

Sembari menunggu contton bud kering, kamu bisa menggunting kertas menjadi bentuk lingkaran dengan diameter 3cm. Buat cukup banyak untuk kelopak bunga cotton bud nantinya. Jika cat pada cotton bud telah kering, gunting pula kedua sisinya dengan menambahkan sekitar 1 cm dari pangkal kapas.

Baca Juga: 9 Inspirasi DIY Gelas Kertas & Plastik, Bikin Bunga sampai Mainan

4. Buat kreasi mahkota bunga yang cantik

Langkah Mudah Membuat Bunga dari Cotton Bud dan Botol Plastikyoutube.com/Handful Crafts

Setelah kertas dan cotton bud digunting, tempelkan satu per satu cotton bud secara melingkar pada kertas dengan menggunakan lem tembak. Setelah mahkota bunga dari cotton bud selesai dibuat, tutup bagian tengah bunga dengan kain flanel yang telah dibentuk seperti bunga atau lingkaran berdiameter 1,5-2cm.

5. Saatnya membuat tangkai dan vas bunga

Langkah Mudah Membuat Bunga dari Cotton Bud dan Botol Plastikyoutube.com/BONITA MANUALIDADES

Selanjutnya, kamu perlu membuat tangkai dan vas bunga dari botol plastik bekas. Pertama, buat tangkai bunga terlebih dahulu dengan membelah botol menjadi dua bagian yang sama menggunakan pisau. Setelah itu, gunting secara memanjang pada kedua bagian botol. Sedangkan satu botol lagi, sisakan pada bagian melengkung di sekitar tutup botol.

6. Hiasi botol dengan renda supaya tampak lebih feminin

Langkah Mudah Membuat Bunga dari Cotton Bud dan Botol Plastikyoutube.com/BONITA MANUALIDADES

Tangkai bunga dari botol yang telah digunting, kemudian lipat semua ke bagian luar untuk setengah botol bagian bawah. Sedangkan setengah botol bagian atas lipat selisih satu ke bagian luar, supaya memberikan efek bertingkat seperti buket bunga. Potongan botol lainnya yang digunakan sebagai tatakan tangkai bunga, hiasi dengan renda secara melingkar. 

7. Rangkai bunga dan percantik dengan manik-manik

Langkah Mudah Membuat Bunga dari Cotton Bud dan Botol Plastikyoutube.com/BONITA MANUALIDADES

Setelah semua bagian selesai, rekatkan botol yang menjadi tatakan dengan botol lainnya yang dijadikan tangkai bunga. Selanjutnya, tempelkan satu per satu bunga cotton bud pada tangkai dari botol plastik. Percantik dengan manik-manik di bagian tengah setiap bunga. 

Demikian langkah mudah membuat bunga dari cotton bud dan botol plastik. Selamat berkreasi!

Baca Juga: 9 Inspirasi DIY Bunga Matahari, Bisa Dibikin dari Piring Kertas lho!

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya