Comscore Tracker

5 Kesalahan Saat Mencuci yang Membuat Pakaian Tetap Bau

Bikin nggak nyaman saat dipakai

Pakaian yang kita gunakan akan lebih bersih, wangi dan segar apabila dicuci. Namun, terkadang pakaian yang sudah kita cuci masih menimbulkan aroma yang tidak sedap dan ini membuat usaha yang kita lakukan seolah sia-sia. 

Beberapa kesalahan saat mencuci berikut ini mungkin menjadi penyebab pakaianmu bau meskipun sudah dicuci.

1. Kebanyakan deterjen

5 Kesalahan Saat Mencuci yang Membuat Pakaian Tetap Baudontmesswithmama.com

Deterjen dapat membuat pakaian menjadi bersih dan wangi. Namun, apabila deterjen yang digunakan terlalu banyak bukan berarti pakaian menjadi wangi. Justru pakaian akan menjadi bau nantinya. Gunakanlah deterjen secukupnya sesuai kebutuhan. 

2. Pakaian yang dicuci terlalu banyak

5 Kesalahan Saat Mencuci yang Membuat Pakaian Tetap BauPexels/Andrea Piacquadio

Selain deterjen yang terlalu banyak, pakaian yang hendak dicuci pun akan menjadi bau apabila jumlahnya terlalu banyak. Maka dari itu, cucilah beberapa pakaian saja tidak perlu kebanyakan. Bagi yang mencuci dengan mesin cuci, pakaian yang terlalu banyak akan membuat mesin tidak bekerja secara maksimal. 

Baca Juga: Agar Bajumu Awet, Perhatikan 5 Tips Mencuci Pakaian yang Tepat

3. Merendam atau meninggalkan pakaian terlalu lama

5 Kesalahan Saat Mencuci yang Membuat Pakaian Tetap BauUnsplash/Annie Spratt

Terlalu lama merendam pakaian kotor yang akan dicuci tentu saja membuat pakaian menjadi bau. Kotoran yang menempel pada pakaian kotor itu akan bercampur dengan air dan menimbulkan bau. 

Selain itu, tidak segera menjemur pakaian yang sudah dicuci pun dapat membuat pakaian menjadi bau. Hal ini juga berlaku pada pakaian yang dicuci di mesin cuci. Pakaian yang berada terlalu lama di dalam mesin cuci akan mengundang bakteri dan jamur berkembang.

4. Mencuci dengan suhu air yang tidak tepat

5 Kesalahan Saat Mencuci yang Membuat Pakaian Tetap BauUnsplash/Nathan Dumlao

Untuk menghilangkan noda di pakaian berwarna putih dan noda membandel di pakaian lainnya. Namun, tidak semua bahan pakaian dapat dicuci dengan air panas. Maka dari itu, periksa dulu label pencucian yang terdapat pada bagian dalam pakaian untuk menghindari kerusakan.

5. Tidak pakai pewangi

5 Kesalahan Saat Mencuci yang Membuat Pakaian Tetap BauUnsplash/Charles Deluvio

Kesalahan yang lainnya adalah tidak memakai pewangi setelah membilas pakaian. Memakai pewangi dapat membuat wangi pakaian lebih segar dan tahan lama. Untuk menghasilkan wangi yang lebih awet, tuangkan pewangi pakaian lebih banyak daripada air yang digunakan untuk merendam pakaian. 

Kelima kesalahan saat mencuci di atas dapat menimbulkan bau pada pakaian meski sudah dicuci. Usahakan untuk menghindari hal-hal di atas agar pakaian yang kita cuci tetap bersih dan wangi. 

Baca Juga: 10 Kebiasaan Mencuci Pakaian yang Ramah Lingkungan, Yuk Terapkan!

Fida Nabila Noor Hasanah Photo Writer Fida Nabila Noor Hasanah

Bukan jurnalis, tapi mahasiswa yang hobi nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya