Comscore Tracker

5 Tips Menata Koleksi Bukumu Biar Cantik, Anti Gabut #DiRumahAja Nih!

Bakal seru, nih buat booklovers yang lagi bosen baca buku

Bagi kamu pencinta buku, pasti koleksimu banyak banget hingga rak bukumu gak sanggup lagi menyimpannya. Di sisi lain, rasanya sayang untuk menyumbangkannya maupun menjualnya lagi. Apalagi kalau buku-bukunya sudah berceceran sehingga bikin kamarmu tampak berantakan.

Nah, kalau kamu lagi gabut di rumah dan sedang malas membaca, coba deh bergerak buat merapikan koleksi bukumu di rak yang ada. Biar lebih menyenangkan dan memudahkanmu nantinya, 5 ide menata buku di rak ini bisa kamu coba. Dijamin seru pas menyusunnya!

1. Coba ditata berdasarkan warna, rak buku jadi lebih ceria deh!

5 Tips Menata Koleksi Bukumu Biar Cantik, Anti Gabut #DiRumahAja Nih!Unsplash/Jason Leung

Kalau kamu suka suasana yang benar-benar tertata rapi dan bernuansa seni, ide satu ini bisa dicoba. Kamu pasti bakal merasa senang saat melihat rak dengan buku berwarna-warni yang berjajaran secara gradasi. Selain itu, dengan menyusunnya berdasarkan warna, kamu juga jadi lebih mengenal karakter buku koleksimu.

2. Agak rumit, sih. Tapi menata berdasarkan abjad judul juga bisa kamu coba

5 Tips Menata Koleksi Bukumu Biar Cantik, Anti Gabut #DiRumahAja Nih!Unsplash/Jonathan Brinkhorst

Kalau gak terlalu suka memisahkan warna, coba memisahkannya berdasarkan abjad. Kali ini adalah abjad judul buku. Hal ini juga akan mempercantik rak bukumu dan memudahkanmu menemukan buku yang ingin dibaca. Apalagi kalau ada temanmu yang mau meminjam buku, tinggal tanya judulnya dan kamu akan menemukan buku tersebut dengan gampang. Asyik, kan?

Baca Juga: Saatnya Work From Home, Ini 5 Tip Menata Ruang Kerja di Rumah

3. Atau disusun berdasarkan abjad nama penulisnya

5 Tips Menata Koleksi Bukumu Biar Cantik, Anti Gabut #DiRumahAja Nih!Unsplash/Karim Ghantous

Yup, ini juga bisa. Dengan menyusun berdasarkan abjad penulis, kamu juga jadi tahu buku-buku apa aja yang udah pernah diterbitkan penulis tersebut. Sekalian, kamu juga bisa lebih mengenal tulisannya karena bukunya sudah dikelompokkan. Bisa jadi dengan menata buku berdasarkan abjad penulis malah bikin kamu punya penulis favorit baru!

4. Biar kelihatan rapi banget, susun berdasarkan tinggi buku

5 Tips Menata Koleksi Bukumu Biar Cantik, Anti Gabut #DiRumahAja Nih!Unsplash/ Daniel Alvarez Sanchez Diaz

Ini khusus yang suka banget sama kerapian, nih! Tentunya gak sulit, dong menyusunnya berdasarkan tinggi buku. Kamu bisa menyusunnya sesuai kreativitas, gak selalu harus dari yang buku tinggi hingga buku rendah. Mungkin biar gak bosan, bukunya bisa disusun seperti grafik atau gelombang. Rak bukumu jadi tampak cantik dan rapi, deh!

5. Menyusun berdasarkan buku yang sudah dibaca sampai yang belum juga patut dicoba, lho!

5 Tips Menata Koleksi Bukumu Biar Cantik, Anti Gabut #DiRumahAja Nih!Unsplash/Nick Fewings

Apalagi buat kamu yang hobi banget belanja buku, tapi selalu lupa untuk membacanya. Nah, biar kamu ingat, coba susun berdasarkan buku yang udah pernah dibaca sampai yang terbaru dan belum dibaca. Dengan begitu, kamu juga bisa mengelola keuangan biar gak boros jajan buku melulu karena ternyata masih banyak buku yang belum dibaca.

Nah, itu dia ide menata koleksi bukumu biar gak membosankan dan lebih memudahkanmu dalam mencari kebutuhan bacaanmu. Paling suka sama ide yang mana, nih? Yuk, terapkan sekarang!

Baca Juga: 9 Cara Kreatif Menata Kamar Mandi Mungil Agar Tetap Rapi & Estetik

gendhis arr Photo Verified Writer gendhis arr

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya