Comscore Tracker

10 Alternatif Ide Packaging Produk Jualan Online Ramah Lingkungan

Yuk jadikan bisnismu lebih ramah lingkungan!

Penggunaan plastik yang berlebihan terbukti telah memberikan dampak buruk, seperti yang terjadi saat ini. Kekhawatiran akan isu sampah, terutama plastik dapat menjadi lebih menghawatirkan jika tidak diatasi secara serius. 

Mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan plastik sejak dari tahap produksi, pengemasan, dan pengiriman dapat berkontribusi penyelamatan lingkungan. Langkah kecil dapat dilakukan dengan mengganti kemasan atau packaging produk paket yang berbahan dasar plastik dengan bahan yang lebih dapat diurai dan lebih ramah lingkungan. Berikut sepuluh ide packaging ramah lingkungan yang bisa dilakukan oleh pelaku usaha bisnis online. 

1. Manfaatkan kertas untuk membungkus produk yang tipis dan tidak terlalu berat

10 Alternatif Ide Packaging Produk Jualan Online Ramah Lingkunganecowarriorprincess.net

Kemasan berbahan kertas mempunyai risiko ekologis yang lebih kecil jika dibandingkan plastik. Kertas terbuat dari serat kayu atau bahan organik lain sehingga lebih mudah diurai oleh tanah. Bahan ini dapat terurai dalam waktu 2 hingga 6 minggu.

2. Packaging unik dan manis dengan pouch berbahan kain organik. Reusable!

10 Alternatif Ide Packaging Produk Jualan Online Ramah Lingkunganemilystevens.co

Ada banyak jenis kain yang terbuat dari bahan organik, yang biasanya terbuat dari serat tumbuh-tumbuhan. Dilansir dari SynZenBe, jenis kain organik antara lain terbuat dari rami, kapas atau cotton, linen, rumput laut, kayu, serat pohon beech untuk kain rayon, kedelai, erat kelapa, bambu, dan sebagainya. 

3. Ganti bubble wrap plastik dengan karton corrugated

10 Alternatif Ide Packaging Produk Jualan Online Ramah Lingkunganearthfriendlymomma.com

Jika produk jualanmu adalah produk yang mudah pecah atau rapuh. filler atau pelindung berupa kardus corrugated bisa jadi alternatif bubble wrap plastik. Kardus corrugated selain lebih ramah lingkungan karena lebih cepat diurai mempunyai sifat yang ringan untuk melapisi kemasan.

4. Kertas bekas juga bisa dimanfaatkan sebagai filler untuk melindungi produk yang bersifat rapuh

10 Alternatif Ide Packaging Produk Jualan Online Ramah LingkunganBerbagai sumber

Alternatif lain filler pelindung paket produk yang sensitif adalah menggunakan kertas bekas. Penggunaannya bisa dengan membuatnya menjadi potongan-potongan panjang atau langsung memadatkannya ke dalam paket. 

5. Gunakan selotip kertas atau lem sebagai pengganti selotip plastik

10 Alternatif Ide Packaging Produk Jualan Online Ramah Lingkunganprogresspackaging.co.uk

Selotip kertas mempunyai daya lekat yang cukup kuat dan terbuat dari bahan yang cepat terurai. Ada beberapa jenis selotip kertas yang kemampuan rekatnya berbeda-beda. Jadi saat menggunakan ini pastikan sesuai dengan keutuhan paket atau kemasan produk.

Baca Juga: Dijamin Bikin Laris Manis, Ini 9 Ide Packaging Unik untuk Bisnismu!

6. Manfaatkan tali untuk mengikat kemasan dan memberikan kesan rustic

10 Alternatif Ide Packaging Produk Jualan Online Ramah Lingkunganinstagram.com/lissova_craft

Kemasan ramah lingkungan tidak harus meninggalkan unsur estetika. Kemasan bisa tetap aman dengan memanfaatkan tali, seperti tali rami atau tali bambu sebagai penyegelnya. Di samping itu, tali rami bisa membuat kesan rustic yang menarik untuk produkmu. 

7. Kemas produk makanan dengan menggunakan daun

10 Alternatif Ide Packaging Produk Jualan Online Ramah Lingkunganretaildesignblog.net

Produk jualanmu berupa makanan? Berbagai jenis daun bisa kamu manfaatkan untuk mengemasnya. Daun pisang, daun kelapa, daun jagung, bambu, daun jati, dan daun-daun lainnya bisa kamu manfaatkan.Dengan sedikit sentuhan kreativitas, kemasan daun yang menarik dan ramah lingkungan bisa kamu buat.

8. Gunakan kertas wax organik atau kertas glasin untuk mengemas produk makanan seperti cookies atau cake

10 Alternatif Ide Packaging Produk Jualan Online Ramah Lingkunganmarthastewart.com/Joseph De Leo

Baik kertas wax organik maupun glasin dikenal di industri makanan. Keduanya mirip, namun mempunyai beberapa perbedaan. Masing-masing dapat lebih cepat diurai lingkungan karena sama-sama terbuat dari kertas. Yang membedakannya, kertas wax dilapisi lilin organik yang terbuat dari kedelai atau lilin lebah, sedangkan kertas glasin melewati proses pabrik yang disebut superclandering. Dengan proses ini, kertas menjadi terlihat transparan

9. Box kardus bisa dijadikan pilihan utama untuk mengepak produk

10 Alternatif Ide Packaging Produk Jualan Online Ramah Lingkunganpackhelp.co.uk

Kardus atau karton menjadi pilihan utama pengepakan produkmu. Bahan ini sudah lama dikenal mempunyai kelebihan lebih cepat terurai, kuat dan dapat didaur ulang.

10. Packing produkmu dengan besek bambu bisa memberikan kesan istimewa

10 Alternatif Ide Packaging Produk Jualan Online Ramah Lingkunganadhpublic.com

Mau produkmu tampak spesial dan unik? Kemasan dari besek bambu bisa kamu jadikan pilihan. Bahan bambu ini dapat digunakan baik untuk produk makanan ataupun yang tidak. Di tangan yang kreatif, besek bambu ini dapat menjadi lebih menarik. 

Demikian deretan ide packaging ramah lingkungan untuk mengepak dan mengemas produk jualan agar lebih ramah lingkungan. Ketergantungan terhadap kemasan plastik dapat dikurangi sedikit. Jadi,  apakah kamu tertarik mencobanya?

Baca Juga: 10 Inspirasi Packaging Souvenir Berisi Makanan Ringan

Hanifah Nd Photo Verified Writer Hanifah Nd

In the journey of finding Y

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya