Comscore Tracker

5 Cara untuk Gunakan Ruangan Tak Terpakai Sebagai Sumber Uang

Jangan dibiarkan saja menganggur!

Terkadang pastinya kita memiliki suatu ruangan dalam rumah yang tak terpakai. Bahkan karena tak terpakai maka ruangan itu kosong dan tidak pernah digunakan. Padahal ruangan yang terpakai itu bisa kamu jadikan sumber penghasilan tambahan.

Selain itu kamu pun makin produktif dan tak banyak waktu terbuang sia-sia. Berikut 5 ide menyulap ruangan tak terpakai menjadi sumber uang, yuk simak ulasannya!

1. Jadikan kamar kosan

5 Cara untuk Gunakan Ruangan Tak Terpakai Sebagai Sumber UangPexels/Bruce Mars

Ruangan yang kosong itu jangan kamu diamkan begitu saja karena kamu bisa menyulapnya menjadi suatu kamar. Tentunya kamar itu bisa kamu sewa untuk dijadikan kosan atau kontrakan.

Kamu pun pastinya bisa mendapatkan uang tambahan berkat menyulap ruangan tersebut menjadi kosan. Tak perlu capek-capek keluar keringat untuk mendapatkan uang tambahan kan?

2. Sewa kepada traveler

5 Cara untuk Gunakan Ruangan Tak Terpakai Sebagai Sumber UangPexels/Oleksandr Pidvalnyi

Kalau tempat tinggalmu dekat dengan tempat wisata kamu sebenarnya beruntung. Ruangan yang tak terpakai di rumahmu bisa kamu sewakan kepada para traveler. Tentunya kamu harus menambahkan iming-iming bila rumahmu jauh lebih murah namun nyaman dibandingkan menyewa kamar di hotel. Kamu pun bisa mendapatkan uang tambahan dan uang tersebut pun halal kok!

Baca Juga: 5 Hal yang Dapat Membuat Ruangan Terlihat Lebih Menarik

3. Buka kafe kecil-kecilan

5 Cara untuk Gunakan Ruangan Tak Terpakai Sebagai Sumber Uangpexels.com/@punttim

Ide lainnya yang jitu dan tak kalah keren adalah kamu bisa menyulap ruangan tak terpakai itu untuk membuka kafe atau resto kecil-kecilan. Kalau kamu masih kewalahan dengan menunya, cobalah mulai dengan menu-menu mudah seperti kopi atau camilan saja. Seiring berjalannya waktu, usahamu pun akan berkembang pesat asalkan kamu tekun dan tak gampang menyerah dalam menjalaninya!

4. Sewa sebagai tempat penyimpanan barang

5 Cara untuk Gunakan Ruangan Tak Terpakai Sebagai Sumber UangPexels/freestock.org

Beberapa orang memiliki barang yang terlalu banyak sampai melebihi kapasitas rumah. Oleh sebab itu coba saja sewakan ruanganmu sebagai tempat penyimpanan barang tentunya ruangan tersebut menjadi produktif dan bisa menghasilkan uang yang lumayan untuk kebutuhan sehari-harimu kan? Tentunya kamu harus gencar mempromosikannya agar banyak orang yang tahu.

5. Gunakan untuk bercocok tanam

5 Cara untuk Gunakan Ruangan Tak Terpakai Sebagai Sumber UangPexels/Jathupon

Kalau kamu seseorang yang menyukai bercocok tanam, ruangan yang tak terpakai itu bisa kamu jadikan lahan untuk menanam sayuran atau buah-buahan misalnya. Kini banyak teknik bercocok tanam yang bisa kamu terapkan dengan mudah seperti hidroponik dan lainnya. Kamu pun bisa tetap bercocok tanam dengan menggunakan pot dan hasilnya pun lumayan sebagai penghasilan tambahan.

Nah, gak susah kan mendapatkan penghasilan tambahan dari ruangan yang tak terpakai?

Baca Juga: 7 Tips Biar Ruangan Tampak Dua Kali Lebih Luas, buat Rumah Mungil Nih!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya