Comscore Tracker

Ini 5 Trik di Balik Fotografi Produk, Bikin Fotomu Makin Eye-Catching!

Biar jualanmu makin laris

Punya bisnis online yang menuntutmu supaya sering upload produk di marketplace atau media sosial? Artinya, kamu harus paham gimana trik memotret produkmu agar gak terlihat biasa saja, melainkan tampak mewah dan eksklusif.

Meski cuma modal kamera smartphone dan properti seadanya, bukan berarti hasil fotomu gak bisa keren. Berikut beberapa trik supaya foto produk kamu bisa lebih menjual dan eye-catching. Yuk, simak!

1. Perhatikan karakteristik produk yang akan kamu foto

Ini 5 Trik di Balik Fotografi Produk, Bikin Fotomu Makin Eye-Catching!pexels.com/Pixabay

Pertama, kamu harus paham karakteristik dari produk yang akan kamu foto. Apakah benda tersebut punya karakter bening, mate, atau shiny? Karakteristik produk tersebut harus bisa kamu pertahankan agar tampak nyata di hasil foto.

Produk dengan karakter bening tentu perlakuannya berbeda dengan produk yang punya karakter mate. Hal ini bakal mempengaruhi kebutuhan cahaya saat pemotretan, juga kebutuhan properti tambahan lainnya.

2. Pilih background yang sesuai dengan karakteristik produk

Ini 5 Trik di Balik Fotografi Produk, Bikin Fotomu Makin Eye-Catching!pexels.com/Ylanite Koppens

Background yang kamu pilih sebaiknya konsisten dengan karakteristik produk. Artinya, karakteristik produk kamu bisa dipertahankan dan hasil fotonya terlihat serupa dengan produk aslinya.

Sebagai contoh kamu memakai background dari kertas putih, kemudian mencoba memotret produk kamu dari atas. Dari sini kamu bisa mengetes apakah warna yang dihasilkan dengan background tersebut sudah menghasilkan hasil foto yang match dengan produk aslinya atau belum.

Kalau warna yang dihasilkan kurang match, kamu bisa ubah dengan opsi background lain. Misalnya, kamu pakai background dengan warna senada, namun pilih warna yang lebih gelap atau lebih terang.

Kamu juga harus perhatikan bahan pembuat atau tekstur background. Pastikan bahan tersebut punya hubungan dengan produk yang mau kamu foto. Misalnya, jika ingin memotret produk minuman dan makanan, kamu bisa pilih background dengan tekstur kayu di suasana outdoor.

Baca Juga: 7 Trik Fotografi Makro untuk Pemula, Ini Hal yang Harus Diperhatikan

3. Pakai tambahan mika, plastik bening, atau akrilik

Ini 5 Trik di Balik Fotografi Produk, Bikin Fotomu Makin Eye-Catching!pexels.com/Retha Ferguson

Properti ini sebenarnya lebih cocok diterapkan pada produk yang punya karakteristik bening. Dengan tambahan mika, plastik bening, atau akrilik di atas background yang kamu pakai, maka kamu bisa menonjolkan refleksi dari produk kamu tersebut. Trik ini bisa membuat hasil foto produkmu tampak lebih mewah.

4. Setting lampu untuk mendapatkan pencahayaan yang tepat

Ini 5 Trik di Balik Fotografi Produk, Bikin Fotomu Makin Eye-Catching!pexels.com/Daniel Frese

Yang gak kalah penting dalam fotografi produk adalah kebutuhan pencahayaan. Kamu harus memastikan cahaya ini bisa terpantulkan dengan baik di produk yang kamu foto. Untuk mendapat pencahayaan yang tepat, kamu bisa menggunakan lampu tambahan.

Kamu bisa atur sedemikian rupa untuk mendapat posisi pantulan yang pas. Lampu yang dipakai bisa lebih dari satu untuk mendapatkan pencahayaan yang lebih baik. Manfaatkan lampu belajar kalau kamu gak punya lampu studio.

5. Tambahkan aksesoris penunjang agar hasil foto produkmu makin kece

Ini 5 Trik di Balik Fotografi Produk, Bikin Fotomu Makin Eye-Catching!pexels.com/Adrianna Calvo

Terakhir, menambahkan aksesoris penunjang dalam fotografi produk adalah hal yang kalah penting.  Aksesoris ini bisa difungsikan sebagai background tambahan atau sebagai foreground produk yang kamu foto.

Sama seperti memilih background, pemilihan aksesoris penunjang juga sebaiknya memiliki keterkaitan dengan produk. Kamu bisa berkreasi dengan barang-barang di sekitar kamu.

Nah, itulah beberapa trik di balik fotografi produk yang bisa bikin produk jualanmu lebih terlihat kece, berkelas, dan eye-catching. Yuk, setelah ini langsung dipraktikkan. Supaya makin banyak yang mampir ke toko online kamu.

Baca Juga: Hati-hati, 5 Pikiran Toksik Ini Merusak Hubunganmu dengan Makanan

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya