Comscore Tracker

8 Langkah Mudah Bikin String Art, Kerajinan Unik dari Paku dan Benang

Bisa untuk hiasan dinding atau kado pernikahan

Sudah tahu string artString art atau thread art merupakan kesenian unik yang terbuat dari susunan paku dan benang untuk membentuk sebuah pola gambar atau tulisan di atas sebuah papan kayu.

Di Indonesia, kesenian ini dipopulerkan pertama kali oleh Erwin Setyawan Ibrahim di tahun 2011. Kala itu, ia sukses menciptakan hastag #StringArtIndonesia di Instagram.

Nah, untuk kamu yang gemar bereksperimen membuat karya seni untuk hiasan dinding, coba deh sekali waktu bikin kesenian string art ini. Meski katanya string art merupakan karya seni tingkat tinggi, nyatanya tidak demikian, kok. Kamu hanya butuh 3 bahan utama, yaitu paku, benang, dan kayu, serta sebuah pola gambar atau tulisan untuk membentuk barisan paku-paku.

Penasaran gimana cara bikin dan hasilnya? Yuk, simak langkah mudah membuatnya berikut!

1. Alat dan bahan yang dibutuhkan sangat mudah didapat

8 Langkah Mudah Bikin String Art, Kerajinan Unik dari Paku dan Benangthesprucecrafts.com

Jika biasanya alat dan bahan berikut digunakan tukang bangunan, kali ini kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat karya seni yang sangat unik.

Bahan yang dibutuhkan:

  • Benang (bisa benang wol atau benang rajut)
  • Paku ukuran kecil
  • Papan kayu setebal 1 cm (kamu bisa memanfaatkan talenan)
  • Pola gambar atau tulisan

Alat pendukung:

  • Palu
  • Kain tebal (bisa handuk bekas atau keset)
  • Gunting
  • Selotip
  • Pensil

2. Langkah mudah menciptakan karya seni string art

8 Langkah Mudah Bikin String Art, Kerajinan Unik dari Paku dan Benangrealitydaydream.com
  1. Sediakan gambar atau tulisan yang ingin kamu jadikan pola di atas papan kayu. Kamu bisa menggambarnya secara manual atau mencetak dari komputer/laptop.
  2. Gunting pola tersebut, lalu rekatkan pada papan kayu dengan selotip.
  3. Mulailah memasang paku secara berurutan mengikuti pola yang ada di papan dengan jarak antar paku sekitar 1 centimeter. Letakkan kain tebal di bawah paku untuk meredam suara dan getaran palu. Agar lebih rapi, kamu bisa menentukan titik pakunya dulu menggunakan pensil.
  4. Setelah semua paku terpasang pada pola, lepaskan pola yang tertempel pada papan kayu tadi.
  5. Ambil benang dengan warna yang kamu inginkan, lalu buat simpul mati pada ujung benang di salah satu paku.
  6. Kemudian, hubungkan setiap paku yang membentuk pola tadi dengan benang yang telah terpasang. Simpulkan di paku pertama, lalu simpulkan di paku berikutnya, begitu terus hingga paku terakhir. Jangan lupa untuk membuat simpul mati pada paku paling akhir agar benang tidak lepas.
  7. Selanjutnya, hubungkan paku-paku itu lagi menggunakan benang yang sama untuk mengisi ruang kosong di bagian dalam pola. Di tahap ini, kamu bisa berkreasi dengan pola acak, pola simetris, atau pola asimetris.
  8. Jika susunan benang sudah cukup memenuhi ruang kosong yang ada di bagian dalam pola, selesaikan dengan membuat simpul mati di salah satu paku. String art hasil kreasimu sudah jadi, deh!

3. Biar gak bingung, simak tutorial pembuatan string art di video berikut

https://www.youtube.com/embed/ULOfvuDIqoE

Wah, rupanya memang gak sulit ya membuat karya string art ini. Kamu bisa langsung menjajal membuatnya untuk home decor dinding kamar kamu, atau bikin sebagai kado pernikahan teman. Pasti lucu, ya! Selamat berkreasi.

Baca Juga: 8 Kreasi Kotak Penyimpanan dari Barang Bekas, Bikin Kamar Jadi Rapi!

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya