Comscore Tracker

10 Tips Buka Jastip Makanan buat Kamu yang Lagi Traveling ke Luar Kota

Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui

Kamu pasti tahu dong kalau bisnis jastip (jasa titip) lagi booming banget sekarang ini. Terlebih di masa pandemi, orang-orang cenderung berbelanja online ketimbang datang langsung ke store yang dituju.

Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan untuk menambah uang jajan ketika kamu sedang traveling ke luar kota, lho. Gak ada salahnya kamu mencoba jastip oleh-oleh, yaitu makanan khas dari daerah yang sedang kamu kunjungi. Sembari kamu beli buah tangan untuk dirimu sendiri, kamu bisa sekalian membeli pesanan jastip. Menarik, bukan?

Tapi, simak dulu beberapa tips berikut, ya. Siapa tahu kamu bakal ketagihan buka jastip makanan setelah mencobanya sekali. Check it out!

1. Traveling menggunakan mobil pribadi

10 Tips Buka Jastip Makanan buat Kamu yang Lagi Traveling ke Luar Kotaunsplash.com/Maxwell Ridgeway

Sebetulnya bisa-bisa saja kamu buka jastip makanan saat kamu traveling menggunakan kendaraan umum. Tapi, dapatkah dibayangkan repotnya seperti apa? Jastip makanan bakal lebih aman dan praktis kalau kamu membawa mobil sendiri saat traveling. Kamu bisa lebih fleksibel ketika akan mampir ke beberapa store makanan.

Selain itu, kamu gak perlu khawatir over baggage dan bisa memperkirakan kapasitas maksimal pemesanan berdasarkan ruang yang tersedia di mobil kamu.

2. Makanan khas daerah yang kamu kunjungi

10 Tips Buka Jastip Makanan buat Kamu yang Lagi Traveling ke Luar Kotainstagram.com/fiyash

Dari beberapa makanan yang menjadi ciri khas daerah yang kamu kunjungi, pilihlah yang paling favorit. Jika memungkinkan, kamu bisa memilih lebih dari satu makanan khas. Lalu, pastikan kamu membelinya di store yang juga sudah punya nama di hati para pelanggan. Ini bakal menarik lebih banyak calon pembeli.

3. Keawetan makanan tersebut saat dibawa perjalanan jauh

10 Tips Buka Jastip Makanan buat Kamu yang Lagi Traveling ke Luar Kotainstagram.com/gudeg_yu_djum_pusat

Saat menentukan jenis makanan apa yang ingin di-jastip-kan, cari tahu pula daya tahan atau keawetan makanan tersebut. Sehingga kamu bisa memperkirakan apakah makanan itu bakal aman atau tidak saat dibawa perjalanan jauh. Agar mendapat stok yang paling fresh, belilah saat mendekati waktu kepulanganmu ke kota asalmu.

4. Harga jual dan tarif jastip

10 Tips Buka Jastip Makanan buat Kamu yang Lagi Traveling ke Luar Kotainstagram.com/apdkfnculinarystories

Untuk mengetahui berapa harga makanan yang kamu jastip-kan, cari tahu lewat situs resmi atau akun Instagram penjual. Umumnya, mereka bakal selalu update harga makanan yang dijual secara berkala. Setelahnya, kamu bisa langsung menentukan berapa harga jual darimu plus tarif jastip.

Ada beberapa pilihan penentuan harga jual. Pertama, harga jual makanan yang sudah termasuk tarif jastip. Kedua, harga jual yang ditawarkan adalah harga jual asli dari penjual, lalu kamu menentukan tarif jastip di luar harga jual asli tersebut.

Jika kamu memakai sistem yang kedua, tarif jastip biasanya antara rentang Rp5 ribu sampai Rp15 ribu per pesanan, per kilogram, atau per item. Kamu bisa juga menerapkan tarif jastip dengan persenan dari total harga barang, misalnya 10 atau 15 persen. Mau pakai sistem yang mana, terserah pada kenyamanan kamu.

Yang pasti, tentukan tarif jastip yang wajar. Tidak terlalu rendah, namun jangan pula terlalu mahal. Supaya kamu bisa tetap untung, tapi gak memberatkan pembeli.

5. Tarif ongkos kirim dari rumahmu ke alamat pembeli

10 Tips Buka Jastip Makanan buat Kamu yang Lagi Traveling ke Luar Kotaunsplash.com/RoseBox رز باکس

Khusus ongkos kirim, kamu bisa cek ke masing-masing situs pengiriman paket atau aplikasi ojek online yang kamu pakai. Tapi, karena biasanya para pembeli jastip makanan berlokasi gak jauh dari alamat orang yang membuka jastip, maka mereka akan lebih memilih pengiriman menggunakan ojek online.

Dengan begitu, tarif pengiriman bisa langsung dibayarkan oleh pembeli kepada driver ojek online ketika kamu mengirim pesanan-pesanan tersebut. Jadi, kamu gak perlu mengikutsertakan ongkir ini ke dalam total harga pesanan calon pembelimu.

Baca Juga: Jastip Jajanan, Penggerak Roda Ekonomi saat PSBB di Jakarta

6. Pengumuman jastip

10 Tips Buka Jastip Makanan buat Kamu yang Lagi Traveling ke Luar Kotaunsplash.com/Christian Wiediger

Kalau langkah-langkah di atas sudah beres, segera sebarkan info jastip tersebut ke semua online platform yang kamu punya. Share secara berkala menggunakan gambar yang menarik calon pembeli untuk memesan. Selipkan info tentang harga jual, tarif jastip, dan batas maksimal kapan waktu close order jastip kamu.

7. Kuota maksimal pemesanan

10 Tips Buka Jastip Makanan buat Kamu yang Lagi Traveling ke Luar Kotainstagram.com/maureen_santosa

Hal yang gak boleh ketinggalan adalah menentukan kuota maksimal pemesanan. Karena kamu membawa mobil pribadi, kamu pasti akan paham ruang yang bisa kamu pakai untuk menaruh makanan dari jastip kamu. Jangan sampai karena gak membatasi kuota, mobil kamu jadi overload.

8. Sistem pembayaran jastip

10 Tips Buka Jastip Makanan buat Kamu yang Lagi Traveling ke Luar Kotaunsplash.com/Nick Pampoukidis

Biar kamu gak di-PHP-in, pakailah sistem pembayaran dengan down payment, misalnya setengah dari total harga, atau pembayaran lunas di awal. Sehingga kamu bakal mendapat calon pembeli yang benar-benar serius membeli.

9. Label nama per pesanan yang dibeli

10 Tips Buka Jastip Makanan buat Kamu yang Lagi Traveling ke Luar Kotaunsplash.com/Jon Tyson

Tiba saatnya kamu datang ke store makanan yang sudah ditentukan. Sebelum datang ke store, jangan lupa membawa daftar belanjaan yang sudah fix di atas sebuah kertas yang ditulis rapi beserta nama-nama pembeli dari setiap pesanan. Lalu, mintalah penjual untuk langsung melabeli pesanan tersebut dengan nama-nama yang tertera di kertas.

Hal tersebut akan mempermudah kamu saat akan mengirim pesanan ke para pembeli. Pesanan pembeli satu dengan pembeli lainnya gak akan tertukar karena sudah ada label nama masing-masing. Pastikan pula penjual sudah recheck pesanan kamu sebelum membungkusnya agar gak terjadi kesalahan.

10. Pengiriman ke alamat masing-masing pemesan

10 Tips Buka Jastip Makanan buat Kamu yang Lagi Traveling ke Luar Kotaunsplash.com/Sigmund

Jangan menunda pengiriman pesanan setibanya kamu di rumah. Apalagi kalau daya tahan makanan tersebut gak lama. Kamu bisa memperkirakan ketibaan kamu di rumah, sehingga kamu bisa langsung mengirim pesanan ke para pembeli makanan jastip-mu. Make sure kamu mengemasnya dengan aman sehingga gak bikin kualitas makanan berkurang.

Terdengar cukup mudah, namun sekaligus butuh ketelitian saat kamu pengin mencoba usaha jastip makanan. Jadi, tertarik buka jastip makanan gak nih kalau kamu lagi traveling ke luar kota?

Baca Juga: 5 Tempat Belanja Murah di Taiwan yang Cocok untuk Pemilik Usaha Jastip

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya