Comscore Tracker

Dapat Merusak, 8 Item Ini Sebaiknya Jangan Dibersihkan Menggunakan Air

Niat ingin membersihkan bisa-bisa malah merusak! 

Meskipun air dapat menjadi pembersih yang bagus untuk sebagian besar barang, ternyata air juga dapat merusak atau mempersingkat masa pakai suatu barang tertentu, lho!

Agar kamu bisa lebih berhati-hati, berikut delapan barang yang sebaiknya jangan dibersihkan menggunakan air! 

1. Lantai kayu

Dapat Merusak, 8 Item Ini Sebaiknya Jangan Dibersihkan Menggunakan Airunsplash.com/@mitchmoondae1111

Meskipun sebagian besar lantai kayu dilapisi dengan pelapis yang dapat melindungi kelembapan, membersihkannya menggunakan air secara terus menerus tidaklah baik. Air dapat menggerogoti lapisan pelindung lantai yang kemudian dapat meresap ke dalam kayu, menyebabkan perubahan warna dan kerusakan seiring waktu.

Untuk menjaga lantai kayu tetap awet, bersihkan dengan kain pel mikrofiber dan pembersih yang diformulasikan untuk kayu. Jika ingin tetap menggunakan larutan pel berbahan dasar air, setidaknya pastikan kain pelnya sedikit lembap, bukan basah kuyup saat digunakan.

2. Furnitur kayu

Dapat Merusak, 8 Item Ini Sebaiknya Jangan Dibersihkan Menggunakan Aircasabellafurniture.co.uk

Sebagian besar dari kita sudah familier dengan masalah yang akan terjadi jika kayu berkombinasi dengan air. Air dapat merusak lapisan pelindung pada furnitur kayu yang membuatnya akan mudah retak, rapuh dan lapuk.

Jaga agar furnitur kayu bebas debu dengan kain mikrofiber, kemudian gunakan semir kayu untuk melindungi dan membuat lebih mengkilap. Kamu juga bisa menggunakan minyak lemon untuk pembersihan yang lebih dalam.

3. Barang berbahan kulit

Dapat Merusak, 8 Item Ini Sebaiknya Jangan Dibersihkan Menggunakan Airunsplash.com/@alvaroserrano

Menggunakan air untuk membersihkan barang-barang berbahan kulit, baik itu pakaian, aksesori, atau furnitur, dapat meninggalkan goresan dan noda. Selain itu, air yang sifatnya mudah menyerap juga akan merusaknya. Akan lebih baik untuk menggunakan pembersih khusus yang diformulasikan untuk barang berbahan kulit.

4. Kuningan dan perak

Dapat Merusak, 8 Item Ini Sebaiknya Jangan Dibersihkan Menggunakan Airunsplash.com/@ryanodee

Membersihkan kuningan atau perak dengan air memang dapat menghilangkan noda dalam jangka pendek. Namun seiring waktu, penggunaan air pada bahan-bahan ini akan mengikis lapisan pelindungnya. Daripada membersihkannya dengan air, lebih baik untuk menggunakan semir yang dibuat khusus untuk membersihkan dan melindungi barang-barang dengan bahan ini. 

Baca Juga: 6 Pesona Dapur Impian Serba Putih dengan Lantai Kayu 

5. Alat musik

Dapat Merusak, 8 Item Ini Sebaiknya Jangan Dibersihkan Menggunakan Airunsplash.com/@thevictorbarrios

Alat musik terdiri dari berbagai macam bahan. Apa pun bahannya, sebagian besar alat musik harus dijauhkan dari air dengan cara apa pun. Air akan merusak alat musik berbahan dasar kayu dan juga menyebabkan alat musik berbahan logam menjadi berkarat.

Alat musik kayu biasanya hanya perlu dibersihkan dengan kain mikrofiber. Jika kamu tidak yakin , maka akan lebih baik untuk menggunakan pembersih yang dirancang khusus untuk alat musik.

6. Kain sutra

Dapat Merusak, 8 Item Ini Sebaiknya Jangan Dibersihkan Menggunakan Airunsplash.com/@tamanna_rumee

Berhati-hatilah saat menggunakan air untuk membersihkan sutra, sekalipun item tersebut diberi label sebagai "bisa dicuci". Membersihkannya dengan air cenderung akan meninggalkan guratan, noda, dan penyusutan. Cucilah dengan siklus lembut atau dengan tangan menggunakan detergen yang diformulasikan untuk bahan halus. Jika kamu tidak yakin bisa mencucinya dengan aman, bawalah ke layanan laundry khusus.

7. Barang-barang elektronik

Dapat Merusak, 8 Item Ini Sebaiknya Jangan Dibersihkan Menggunakan Airunsplash.com/@domenicoloia

Di zaman teknologi seperti ini, maka penggunaan barang-barang elektronik pun sudah menjadi hal yang biasa. Semakin sering penggunaannya, maka semakin sering pula harus dibersihkan.

Hindari menggunakan air untuk membersihkannya, karena air dapat merusak komponen internal elektronik. Sebagai gantinya, bersihkan debu dengan kain mikrofiber atau dengan kain bersih yang sudah diberikan alkohol gosok untuk menghilangkan kotoran yang membandel.

8. Kain berbulu

Dapat Merusak, 8 Item Ini Sebaiknya Jangan Dibersihkan Menggunakan Airunsplash.com/@photographybyifrah

Kain lembut berbulu halus seperti beludru dan velour terkadang sulit dibersihkan. Penggunaan air saat membersihkan jenis kain ini akan meninggalkan noda, goresan hingga menyebabkan penyusutan. 

Sebagai gantinya, sedot debu secara teratur dan gunakan sikat lembut untuk menghilangkan kotoran. Jika perlu, gunakan pembersih khusus untuk jenis kain berbulu halus. 

Wah, ternyata tidak semua barang bisa dibersihkan dengan air, ya! Setiap item dalam daftar ini sudah disertai saran untuk metode pembersihan yang lebih aman untuk digunakan. Dengan bantuan kiat ini, kamu dapat menjaga barang-barang kesayanganmu tetap bagus dan tahan lama hingga bertahun-tahun! 

Baca Juga: 4 Langkah Mudah Bersihkan Jok Mobil yang Berbahan Beludru

Sharma Khan Photo Verified Writer Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya