Comscore Tracker

6 Tips Fengsui untuk Area Pintu Masuk Rumah, Berikan Sentuhan Seni

Keadaan pintu masuk menggambar isi rumah

Berdasarkan fengsui, pintu masuk adalah salah satu area yang paling penting untuk dilihat. Area ini dianggap mulut chi, di mana semua peluang dan energi mengalir ke dalam kehidupan penghuninya.

Pintu depan juga merupakan hal pertama yang dilihat pengunjung ketika mereka tiba. Selain itu, juga jadi hal pertama yang penghuninya lihat ketika pulang, sehingga benar-benar dapat mengatur perasaan seseorang.

Supaya nyaman, berikut enam tips menciptakan area pintu masuk rumah yang nyaman berdasarkan fengsuiyang bisa kamu terapkan. Gak sulit, kok.

1. Hindari menampilkan item pribadi

6 Tips Fengsui untuk Area Pintu Masuk Rumah, Berikan Sentuhan Seniilustrasi foto keluarga (unsplash.com/Analia Ferrario)

Keamanan memiliki prioritas yang tinggi dalam aturan fengsui. Oleh karena itu, hindari meletakkan item yang sangat pribadi di area pintu masuk untuk menjaga privasi. Apalagi pintu masuk dianggap sebagai salah satu area paling publik di rumah. 

Foto keluarga, misalnya, lebih baik ditampilkan di area rumah yang lebih pribadi, seperti ruang keluarga atau kamar tidur. Simpan pernak-pernik pribadi lainnya di tempat di mana mereka akan dinikmati dan dihargai oleh mu setiap hari. 

2. Jaga agar tetap bersih dan rapi

6 Tips Fengsui untuk Area Pintu Masuk Rumah, Berikan Sentuhan Seniilustrasi area pintu masuk yang bersih dan rapi (unsplash.com/SHOP SLO®)

Area pintu depan yang bersih akan membantu menyambut lebih banyak energi positif ke dalam rumah. Cara terbaik untuk merapikan dan membersihkan pintu masuk adalah dengan menyingkirkan apa yang tidak diperlukan.

Kamu juga bisa menggunakan larutan pembersih komersial atau buatan sendiri untuk membersihkan noda yang ditinggalkan oleh debu dan kotoran. Bersihkan furnitur, cermin, dan item dekoratif di area ini secara teratur. 

Gunakan pula furnitur dengan opsi penyimpanan untuk menyembunyikan mantel, sepatu, dan payung dari pandangan. Selama itu ramah fengsui, maka ini akan baik-baik saja.

3. Tampilkan seni

6 Tips Fengsui untuk Area Pintu Masuk Rumah, Berikan Sentuhan Seniilustrasi karya seni di dinding (pexels.com/Rachel Claire)

Area pintu masuk dianggap sebagai tempat paling umum dari semua ruangan di mana orang luar dapat dengan mudah melihat apa yang ada di dalam. Oleh karena itu, dianjurkan menampilkan karya seni dengan makna positif untuk mengatur nada rumah. 

Bunga adalah salah satu pilihan desain teraman yang bisa digunakan agar tidak memengaruhi energi di pintu masuk secara negatif. Hindari gambar hewan liar, terutama yang menunjukkan hewan marah dan menyerang, karena dapat mengganggu suasana damai interior. Gambar harus memiliki efek positif dan menenangkan pikiran.

Baca Juga: 7 Tips Kamar Tidur yang Lebih Nyaman Berdasarkan Fengsui 

4. Gantung cermin secara strategis

6 Tips Fengsui untuk Area Pintu Masuk Rumah, Berikan Sentuhan Seniilustrasi cermin tegak lurus dengan pintu masuk (unsplash.com/Zac Gudakov)

Cermin sangat fungsional jika diletakkan di area pintu masuk. Ini juga akan memungkinkan siapa pun untuk memeriksa penampilan saat keluar ataupun masuk rumah.

Namun, posisi cermin harus diperhatikan. Meskipun memantulkan sumber cahaya alami jika diletakkan di seberang pintu masuk, hal ini tidak dibenarkan dalam prinsip fengsui. Menggantung cermin tepat di seberang pintu masuk diyakini akan memantulkan energi chi kembali ke luar pintu. 

Sebaliknya, tempatkan cermin pada dinding yang tegak lurus dengan pintu masuk. Ini akan memungkinkan energi yang baik beredar di ruangan dan mengalir di seluruh rumah.

5. Gunakan pencahayaan secara efektif

6 Tips Fengsui untuk Area Pintu Masuk Rumah, Berikan Sentuhan Seniilustrasi lampu di area pintu masuk (unsplash.com/Collov Home Design)

Area yang gelap tidak akan bisa memberikan kesan baik tentang sebuah rumah. Berdasarkan desain fengsui, ruang yang gelap dianggap depresor suasana hati. Hal ini akan membuat seseorang merasa tidak aman dan ragu tentang lingkungannya.

Pencahayaan yang tepat akan membantu menarik getaran yang baik ke dalam rumah. Kamu bisa memilih lampu overhead di pintu masuk dan pilih warna yang lebih terang untuk menciptakan suasana yang ramah dan mengundang.

Jika memungkinkan, beberapa sumber cahaya sekunder di pintu depan adalah cara lain untuk meningkatkan pencahayaan pintu masuk. Jika kamu memiliki jendela di pintu masuk, gunakan roller blinds untuk memaksimalkan cahaya alami dengan tetap mempertahankan privasi sesuai kebutuhan.

6. Tambahkan tanaman

6 Tips Fengsui untuk Area Pintu Masuk Rumah, Berikan Sentuhan Seniilustrasi tanaman dalam rumah (unsplash.com/Annie Spratt)

Dalam fengsui, tanaman merupakan salah satu cara termudah dan efektif untuk menciptakan ruang dengan vitalitas dan energi positif. Pastikan setiap tanaman yang kamu tambahkan di pintu masuk rumah dijaga dengan baik untuk memperpanjang hidup mereka dan menawarkan energi yang baik ke rumah. 

Posisi dua tanaman di kedua sisi pintu rumah dapat membawa energi yang baik ke rumah. Ini adalah salah satu tempat terbaik untuk menempatkan tanaman dan bunga karena memperlambat chi sebelum memasuki rumah. Jika kamu lebih tertarik meletakkan tanaman di dalam, pastikan terdapat cahaya yang cukup untuk pertumbuhan tanaman. 

Area pintu masuk harus terasa mengundang, menenangkan, dan bebas dari kekacauan untuk memungkinkan aliran energi positif memberi nutrisi pada rumah dan kehidupan penghuninya. Enam tips fengsui di atas dapat membantumu mewujudkannya. 

Baca Juga: 5 Tanaman Pembersih Udara Terbaik Menurut Fengsui, Ada Anggrek Bulan

Sharma Khan Photo Verified Writer Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya