Comscore Tracker

Unik! 6 Inspirasi DIY Peralatan Rumah dari Pipa Paralon

Manfaatkan pipa PVC bekas untuk membuat hal-hal yang luar biasa.

Nggak selamanya pipa digunakan untuk membuat saluran air atau saluran pembuangan dan semacamnya. Ternyata, banyak hal yang bisa kamu lakukan dan ciptakan dari pipa loh. Beberapa contoh yang bisa kamu ciptakan di rumah antara lain jemuran baju, pagar, tempat makan ayam, tempat peralatan perkakas, mainan anak-anak, dan banyak lagi ide-ide kreatif yang bisa kamu ciptakan dari pipa.

Apa saja? Nah, ini dia beberapa inspirasinya. Mudah-mudahan bisa membantu kamu di rumah ya. 

1. Sepeda mainan untuk anak-anak.

Unik! 6 Inspirasi DIY Peralatan Rumah dari Pipa Paralon atomic-zombie-extreme-machines

Nah, kamu bisa memanfaatkan pipa yang berukuran 2 inch untuk membuat sepeda mainan seperti gambar di atas. Kamu juga butuh sambungan pipanya yang berbentuk L dan T. Juga 4 roda lengkap dan bangku.

2. Kursi untuk anak-anak.

Unik! 6 Inspirasi DIY Peralatan Rumah dari Pipa Paralon id.pinterest.com/

Salah satu hal yang paling gampang kamu buat dengan memanfaatkan pipa PVC adalah membuat bangku anak-anak. Bangku mini untuk anak-anak seperti ini sangat berguna di rumah buat si buah hati. Nah, kamu harus menyediakan pipa berukuran 2 inch dan sambungan T dan L juga kain untuk duduknya.

Kamu tinggal mengukur atau membuat tafsiran sendiri untuk ukurannya dan memotongnya sesuai ukuran. Selesai memotong kamu tinggal menyambungnya satu per satu.

3. Tempat menyimpan peralatan.

Unik! 6 Inspirasi DIY Peralatan Rumah dari Pipa Paralon pinterest.com

Nah, yang seperti gambar di atas lebih mudah membuatnya. Daripada membelinya, kamu tinggal mencari pipa bekas berukuran 2,5 inch atau 3 inch. Potong seperti foto lalu tempelkan dengan paku di dinding. Oh ya, sebaiknya cuci terlebih dahulu pipa tersebut jika itu pipa bekas.

4. Membuat tanaman hidroponik.

Unik! 6 Inspirasi DIY Peralatan Rumah dari Pipa Paralon orrologion

Tanaman hidroponik umumnya banyak dibuat di daerah perkotaan. Namun faktanya tak sedikit juga di pedesaan yang telah mengembangkan sistem hidroponik. Asal kamu tahu, biasanya hasil dari tanaman hidroponik lebih mahal harganya di pasaran.

Kamu bisa menanam sayuran untuk konsumsi sehari-hari, atau tanaman lainnya yang kamu sukai. dengan demikian, kegiatan kamu pun menjadi bertambah dan semakin sehat karena mengkonsumsi hasil sayuran yang ditanam sendiri.

Untuk hidroponik, kamu bisa menggunakan pipa mulai ukuran 3 hingga 6 inch beserta sambungan. Tergantung luasnya lokasi.

5. Pagar rumah yang menawan.

Unik! 6 Inspirasi DIY Peralatan Rumah dari Pipa Paralon denya.co.id

Apa jadinya jika pagar rumah terbuat dari sekumpulan pipa berukuran 2 inch? Keren bukan? Lihat saja foto di atas. Pagar rumah di foto tersebut terbuat dari pipa ukuran 2 inch beserta dengan sambungannya. Nah, kamu bisa mengaplikasikannya di pagar rumahmu.

6. Rak buku dari pipa.

Unik! 6 Inspirasi DIY Peralatan Rumah dari Pipa Paralon denya.co.id

Nah, yang ini nggak kalah penting di rumah. Kamu bisa membuat rak buku di rumah dengan pipa dan beberapa papan untuk pelengkapnya. Simpel dan mudah ya. Dengan bahan-bahan sederhana, kamu udah bisa membuat barang-barang yang tentu saja berguna. Selamat mencoba!

Johanes Gultom Photo Writer Johanes Gultom

I'm a Supermant. Jarang mandi karna banyakan mikirin utang, Suka nulis tapi selalu di belakang layar. Sedikit nakal tapi banyak akal.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya