Comscore Tracker

Perindah Taman Rumah dengan 5 Tanaman Andalan Kota Besar di Indonesia

Perawatan mudah, antipolutan dan buat taman sejuk dipandang

Beberapa kota besar kini ramai dibicarakan bahkan viral di media sosial karena penataan tanaman yang bagus menjadikan pemandangan kota semakin asri dan sejuk. Tanaman penghias kota, kini dapat pula diaplikasikan ke dalam taman rumah sendiri.

Dengan penataan dan perawatan yang tepat, kini tak lagi sulit untuk memiliki taman rumah yang ideal. Berikut beberapa jenis tanaman di taman kota yang dapat ditanam di pekarangan rumah dan taman.

1. Pohon tabebuya

Perindah Taman Rumah dengan 5 Tanaman Andalan Kota Besar di Indonesiafreepik.com

Viral karena mekar seperti penampakan bunga sakura, pohon tabebuya berhasil menjadi daya tarik masyarakat karena indah dan merupakan tanaman antipolutan. Mudah dirawat, pohon tabebuya memikat pula untuk dibudidayakan dan bisa ditanam di perkarangan sendiri.

Dengan hanya memangkas cabang pohon atau memberi pupuk dan air cukup, tanaman tabebuya dapat mempercantik pekarangan rumahmu. Tempatkan pohon tabebuya di ruang terbuka pekarangan rumahmu dengan pencahayaan matahari langsung, agar pohon tabebuya dapat tumbuh baik dan berbunga sesuai siklusnya.

2. Bunga flamboyan

Perindah Taman Rumah dengan 5 Tanaman Andalan Kota Besar di Indonesiapixabay.com/JoaoBOliver

Bunga flamboyan sudah lama menjadi pilihan untuk mempercantik taman kota. Tumbuh rindang dengan bunga merah menyala, tanaman ini cantik dan mencolok di taman sehingga sering dimanfaatkan sebagai tanaman peneduh. Dapat tumbuh tinggi hingga 12 meter, perawatan dengan memangkas cabang pohon flamboyan menjadi mudah untuk diaplikasikan sendiri.

Tanam pohon flamboyan di ruang terbuka pekarangan agar fungsinya sebagai peneduh maksimal.

Baca Juga: 11 Ide Menata Tanaman Hias dalam Ruangan, Cocok di Rumah Perkotaan!

3. Tanaman lidah mertua (sansevieria)

Perindah Taman Rumah dengan 5 Tanaman Andalan Kota Besar di Indonesiapatchplants.com

Sansevieria atau lebih dikenal dengan tanaman lidah mertua merupakan tanaman penghias kota lainnya yang menjadi pilihan untuk mempercantik taman kota. Dapat ditempatkan di tanah langsung atau pot, tanaman lidah mertua dapat mempercantik taman di pekarangan rumah.

Tanaman lidah mertua populer karena termasuk jenis tumbuhan yang tumbuh dengan sedikit cahaya dan air. Mendapat predikat tanaman antipolutan, tanaman lidah mertua dapat dijadikan hiasan dalam ataupun luar rumah.

4. Pohon angsana

Perindah Taman Rumah dengan 5 Tanaman Andalan Kota Besar di Indonesiantbg.org

Pohon angsana termasuk pohon dengan predikat teduh yang jadi pilihan pemerintah kota untuk mempercantik dan membuat taman rindang atau teduh. Pohon angsana sendiri dapat tumbuh mencapai 30 meter, dan dapat ditanam di ruang terbuka.

Termasuk pohon besar, batang kayu pohon angsana yang kokoh menjadi catatan apabila ingin menanam pohon jenis rindang ini. Selain menanam di ruang terbuka, rajinlah memangkas cabang atau ranting pohon agar pohon angsana tumbuh baik.

5. Tanaman pisang hias

Perindah Taman Rumah dengan 5 Tanaman Andalan Kota Besar di Indonesiacvecarajelena.com

Siapa yang tidak mengetahui jenis tanaman hias satu ini, tidak hanya pemerintah kota yang menggunakan jenis tanaman ini untuk mempercantik taman tetapi juga tempat publik seperti hotel, mall, perkantoran atau restoran. Tanaman pisang hias dengan jenis Heliconia atau Kalatea, menjadi daya tarik tersendiri untuk memperindah pekarangan.

Tumbuh dengan masif, tanaman jenis tropis yang menyukai cahaya matahari langsung ini dapat menjadi penghias pekarangan rumah pula. Beri jarak pada tanaman pisang hias ini saat menanam dan yang terpenting mendapat pencahayaan matahari langsung, maka rumah mu akan semakin asri dengan tanaman pisang hias ini.

Tanaman memang menjadi obat untuk padatnya aktivitas saat pulang ke rumah. Merawat dan memandang tanaman sendiri menimbulkan efek penenang dari rutinitas padat. Meski daerah perkotaan terbatas lahan tapi dengan penataan tepat kita dapat memiliki taman ideal.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Populer pada Zamannya, Harganya Sampai Jutaan Rupiah!

J.Sari Photo Verified Writer J.Sari

Menulis hingga ke sukma. Karena berbagi ilmu pengetahuan tidak berbatas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya