Comscore Tracker

10 Ide DIY Dekorasi Unik Buat Meriahkan Imlek di Rumahmu

Gampang lho bikinnya!

Menghias rumah pada saat perayaan tertentu merupakan sebuah tradisi yang membuat suasana semakin meriah. Dalam waktu dekat masyarakat Tionghoa akan segera merayakan momen tahun baru China atau yang biasa disebut Imlek. 

Identik dengan warna merah yang dan emas, beberapa kreasi DIY ini bisa dengan mudah kamu bikin di rumah nih guys!

1. Cuma bermodalkan 5 bahan, kreasi naga ini lucu banget kan buat dipajang?

10 Ide DIY Dekorasi Unik Buat Meriahkan Imlek di Rumahmusturdyforcommonthings.com

Kamu hanya butuh gelas minuman yang bewarna merah, kertas crepe berbagai warna, karton, tali dan gagang kayu. Susun gelas menyerupai tubuh naga,satukan dengan lem di bagian tengah gelas, lalu tempel kertas crepe berbagai warna sebagai rumbai.

Buat pola kepala naga dan ikat dengan tali di bagian kepala dan tubuhnya. Tinggal tambahkan kayu, jadi deh pajangan yang lucu!

2. Memiliki makna mendalam, lampion kertas yang ditangkai dari karton ini bisa jadi penghias pintu rumah

10 Ide DIY Dekorasi Unik Buat Meriahkan Imlek di Rumahmugiving.sg

Buat pola persegi panjang yang cukup banyak untuk membuat lampion. Untuk bagian kerangka kamu bisa membentuk persegi lima. Kemudian bentuk setiap pola persegi panjang tadi menjadi lengkungan menyerupai corong, dengan cara menyatukan kedua sisi hingga berbentuk segitiga.

Tutupi kerangka persegi lima yang telah dibuat dengan lengkungan sebelumnya. Beri hiasan dan tali penggantung maka lampion sederhana telah selesai!

3. Dekorasi kipas juga gak boleh ketinggalan nih saat perayaan imlek, bisa jadi souvenir para tamu atau keluarga nih

10 Ide DIY Dekorasi Unik Buat Meriahkan Imlek di Rumahmutradingideas.orientaltrading.com

Kertas karton merah bisa menjadi bahan utama kipas cantik yang satu ini. Biar gak berbentuk setengah lingkarang seperti kipas pada umumnya, buat pola menyerupai apel pada karton.

Sebelum dilipat buat tulisan aksara china biar semakin mencerminkan suasana imlek. Setelah itu lipat menjadi lipatan kecil di seluruh permukaan kertas. Setelah selesai kamu bisa menjadikan potongan bambu atau kayu sebagai gagang kipasnya. 

Baca Juga: 10 Tradisi Unik Imlek di Indonesia, Grebeg Sudiro hingga Perang Air!

4. Demi mempercantik pojok ruangan, coba bikin vas dengan gantungan ang pao ini yuk!

10 Ide DIY Dekorasi Unik Buat Meriahkan Imlek di Rumahmukaveyeats.com

Meja di sisi sudut ruangan biasanya hanya berisi makanan dan camilan tambahan, supaya lebih menarik dan gak membosankan kamu bisa buat dekorasi unik yang gampang banget dibuatnya.

Beri vas bunga di bagian pojok meja, lalu letakan beberapa ranting kering dan tumbuhan berbunga di dalamnya. Jangan lupa untuk mengantungkan angpao biar semakin cantik.

5. Miniatur lentera kecil berbahan dasar kertas karton motif seperti ini bisa jadi ide DIY amplop angpao yang unik!

10 Ide DIY Dekorasi Unik Buat Meriahkan Imlek di Rumahmuyp.sg

Kalau biasanya ang pao diberikan menggunakan amplop merah, kamu bisa mencoba sesuatu yang baru nih tahun ini. Misalnya dengan membuat lentera kecil yang dijadikan pegganti amplop. 

Cara membuatnya, bentuk kertas karton bermotif menjadi persegi panjang., kemudian lipat menjadi dua bagian secara horizontal. Gunting sedikit bagian tengah agar membentuk tirai-tirai kecil, setelah itu lepas lipatan horizontal sebelumnya dan bentuk persegi panjang menjadi bulatan seperti tabung.

Beri alas berupa kertas berbentuk lingkaran di bawahnya, lalu buat gagang dan isi uang di dalamnya. Dijamin bikin anak kecil jatuh cinta deh.

6. Cocok buat menaruh makanan kecil di ruang tamu, kerajang cantik ini mudah banget dibuatnya!

10 Ide DIY Dekorasi Unik Buat Meriahkan Imlek di Rumahmugiant.sg

Buat bentuk persegi lima menggunakan kardus untuk menjadi pola awal keranjang. Kemudian tutup bagian bawahnya dengan kardus yang sama dan lapisi kardus dengan kertas merah.

Setelah menutup bagian luar dengan kertas merah, beri dekorasi berupa gulungan dan lipatan keras sederhana di setiap sisi. Tinggal menambahkan pegangan untuk dijinjing, selesai deh!

7. Dekorasi pohon bambu kecil lengkap dengan bunga kertas untuk menambah suasana rumah semakin meriah

10 Ide DIY Dekorasi Unik Buat Meriahkan Imlek di Rumahmulaowaiblog.com

Bunga mawar seperti di atas bisa kamu buat dari kertas crepe dan pita besar juga bisa dengan mudah dibentuk dengan kain berbahan licin seperti satin. Untuk mencegah bentuk pita yang berubah, kamu bisa semprotkan hairspray agar pita bisa berbentuk sempurna dengan keadaan yang tegak.

8. Hiasan dinding berupa lipatan kertas bewarna merah bisa mendatangkan lebih banyak keberuntungan nih saat perayaan Imlek

10 Ide DIY Dekorasi Unik Buat Meriahkan Imlek di Rumahmuherworld.com

Kamu cuma membutuhkan karton dan lem untuk menciptakan hiasan sederhana yang bisa memperdalam makna perayaan imlek di tahun ini. Bisa ajak adik kecil juga buat membantu membuat dekorasi yang satu ini. 

9. Bisa buat ang pao sekaligus hiasan di setiap sudut rumah, bungkusan seperti ini lucu banget kan?

10 Ide DIY Dekorasi Unik Buat Meriahkan Imlek di Rumahmualiexpress.com

Kamu bisa memanfaatkan bungkusan yang sudah tidak terpakai menjadi sebuah hiasan yang unik. Contohnya kreasi yang satu ini, berbagai motif lucu bisa kamu tambahkan untuk menambah keindahan bungkusan yang anti-mainstream.

10. Karena tahun 2019 itu merupakan tahun babi, hiasan lampion unik berbentuk ikon ini gak boleh ketinggalan dong!

10 Ide DIY Dekorasi Unik Buat Meriahkan Imlek di Rumahmusjpl.org

Terdiri dari potongan kertas yang disusun menjadi lampion kecil berbentuk babi, kamu teratrik gak buat menjajal membuatnya di rumah? Lucu banget nih buat pajangan di kamar atau di ruang tamu, apalagi ditambah aksen hidung dan mata bikin gemas!

Mmeriahkan momen perayaan seperti imlek ini emang paling seru ketika kita mendekorasi rumah. Buat kamu yang merayakan, sudah siap belum dengan berbagai ornamen dan hiasan khas tahun baru China?

Baca Juga: Gak Ribet! Ini 12 Inspirasi Busana Nuansa Merah Buat Merayakan Imlek

Keenanthy Photo Community Writer Keenanthy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 17:45:06

Progress: 768.696 dari 813.350 TPS (94.50987%)

Just For You