Comscore Tracker

Rumah Jadi Makin Nyaman, 5 Tips Dekorasi Estetik Ini Wajib Diketahui

Bikin betah berlama-lama di rumah

Mendekorasi rumah merupakan bagian yang paling penting karena dekorasi punya peran besar dalam membuat rumah jadi nyaman. Karena itu budget dekorasi juga tidak lah murah, kalau kamu tidak cukup rela menghabiskan banyak biaya untuk membayar jasa design interior, maka solusinya adalah dengan mendekorasi sendiri. Berikut 5 tipsnya!

1. Memilih pemakaian perabot multifungsi di setiap ruangan

Rumah Jadi Makin Nyaman, 5 Tips Dekorasi Estetik Ini Wajib Diketahuiunsplash.com/@alexagorn

Di era serba minimalis seperti sekarang banyak perabot rumah multifungsi yang bisa menjadi tips dekorasi rumah yang kece dan gak ribet. Pilih perabotan multifungsi yang bisa berguna jadi banyak fungsi, misalnya sofa yang juga bisa jadi tempat tidur, kursi yang bisa jadi tempat penyimpanan dan lain-lain. Dengan begini kesan rumah yang rapi dan ciamik bisa tercipta di hunian kesayangan kalian.

2. Memilih pencahayaan yang tepat sesuai ruangan dan kebutuhan

Rumah Jadi Makin Nyaman, 5 Tips Dekorasi Estetik Ini Wajib Diketahuiunsplash.com/@chris_jolly

Pencahayaan tidak boleh disepelekan saat mendekorasi rumah. Ini akan berpengaruh pada kenyamanan dan penampilan ruangan secara menyeluruh. Ketahuilah beberapa tips dasar dalam memilih pencahayaan ruangan yang tepat.

Seperti pencahayaan dengan lampu berwarna kuning dan oranye akan menghasilkan cahaya yang lembut, sehingga hangat dan nyaman untuk digunakan di kamar tidur.

Sedangkan pencahayaan dengan lampu berwarna putih terang akan memberi suasana ruangan lebih hidup dan menarik, tipe ini cocok digunakan untuk ruang tamu.

Baca Juga: 7 Inspirasi Desain Teras Impian untuk Nongkrong Cantik di Rumah

3. Mengisi dinding kosong agar tidak terlihat monoton

Rumah Jadi Makin Nyaman, 5 Tips Dekorasi Estetik Ini Wajib Diketahuiunsplash.com/@viniciusamano

Bagian dinding yang kosong dapat dimanfaatkan untuk menempel stiker atau menaruh pigura foto keluarga. Dengan sedikitnya bagian dinding polos maka berkurang juga ruang monoton yang bisa bikin ruangan terlihat membosankan.

4. Cukup beri aksesori secukupnya

Rumah Jadi Makin Nyaman, 5 Tips Dekorasi Estetik Ini Wajib Diketahuiunsplash.com/@pietruszka

Saking semangatnya menghias rumah hasil jerih payah sendiri, sering kali pemilik merusak dekorasi karena memberi banyak aksesori hingga berlebihan. Memang menghidupkan suasana rumah dengan aksesori manis seperti pot bunga, stiker, foto atau hiasan dinding lain memang penting.

Tetapi hindari meletakkan aksesori secara berlebihan, berikan sedikit jarak supaya gak terlihat norak.

5. Berani menggunakan barang-barang berbeda warna dan motif

Rumah Jadi Makin Nyaman, 5 Tips Dekorasi Estetik Ini Wajib Diketahuiunsplash.com/@iamjensrb

Kunci dari dekorasi indah di rumah adalah variasi atau keberagaman hiasan dan perabot yang ada. Memilih satu warna atau motif yang sama di seluruh ruangan akan memberi kesan yang monoton dan membuat suasana rumah jadi membosankan.

Saat menggunakan prinsip seperti ini kamu pun bisa kesulitan mencari barang atau aksesori yang sama persis. Lebih baik gunakan motif yang fleksibel dan netral agar bisa dikombinasikan dengan mudah.

Tanpa jasa profesional kamu bisa mendekorasi rumah dengan maksimal dan sesuai selera. Hasilnya pun akan memuaskan, apalagi jika mengaplikasikan tips-tips  di atas tadi.

Baca Juga: 13 Ide Dekorasi Rumah dengan Luas Tanah 33 Meter, Ada Coffee Bar Juga!

Keenanthy Photo Verified Writer Keenanthy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya