Comscore Tracker

5 Tips Mudah Membuat Ruangan Kedap Suara di Rumah, Bye Bye Ribut!

Ruangan jadi lebih tenang dan nyaman

Kita tentu ingin bersantai di rumah dengan suasana yang tenang dan hening. Sayangnya, sering kali kebisingan mengganggu ketenangan kita. Hal ini terutama dirasakan warga perkotaan yang tinggal di dekat jalan besar.

Untuk menghindari kebisingan, kamu bisa melakukan beberapa trik untuk membuat ruanganmu kedap suara. Kira-kira begini caranya!

1. Tutupi celah pintu

5 Tips Mudah Membuat Ruangan Kedap Suara di Rumah, Bye Bye Ribut!thespruce.com

Apabila kamu sering mendengar percakapan yang terjadi di luar dengan jelas, kemungkinan ada celah udara besar di pintumu. Kamu perlu menutup celah ini untuk meredam suara.

Untuk menutup celah ini, kamu bisa memasang pengganjal pintu dari barang-barang rumah. Supaya lebih efektif, kamu bisa membeli door seal untuk menutup celah. Selain membuat ruangan kedap suara, door seal juga mencegah debu masuk ke ruangan.

2. Pasang tirai pada pintu dan jendela

5 Tips Mudah Membuat Ruangan Kedap Suara di Rumah, Bye Bye Ribut!certainteed.com

Selain menutup celah pintu, kamu juga bisa membuat ruangan lebih kedap suara dengan memasang gorden di pintu. Usahakan gorden cukup tebal agar bisa menyaring suara bocor dengan sempurna.

Kamu pun bisa membeli gorden khusus peredam suara untuk jendelamu. Gorden khusus ini berukuran lebih tipis, namun dapat menyaring suara bising dengan maksimal.

3. Gunakan karpet serta alasnya (rug pad)

5 Tips Mudah Membuat Ruangan Kedap Suara di Rumah, Bye Bye Ribut!thespruce.com

Selain menutupi permukaan dinding, kamu bisa meredam suara dengan menutup permukaan lantaimu. Caranya sangat mudah. Kamu tinggal memasang karpet berukuran tebal di lantai agar suara bocor terserap dengan baik.

Supaya lebih maksimal, kamu bisa menyelipkan alas (rug pad) di bawah karpet. Dijamin, ruangan bakal semakin terasa kedap suara!

Baca Juga: 5 Alasan Memilih Rumah Mungil, Lebih Nyaman dan Akrab 

4. Redam suara dengan lemari

5 Tips Mudah Membuat Ruangan Kedap Suara di Rumah, Bye Bye Ribut!gabenjenny.com

Jika dinding ruangan tipis, kamu bisa menggunakan lemari besar yang dirapatkan di dinding untuk meredam suara. Materi padat seperti lemari mampu menghalang gelombang suara sehingga ruangan terasa lebih hening.

Kamu bisa menggunakan lemari buku atau lemari serba guna sesuai dengan kebutuhanmu. Namun pastikan ukuran lemari cukup besar untuk menutup permukaan dinding yang tipis.

5. Tempel karpet atau tekstil karet di dinding

5 Tips Mudah Membuat Ruangan Kedap Suara di Rumah, Bye Bye Ribut!scadpad.com

Suara dipantulkan lewat permukaan keras seperti dinding, lantai, dan langit-langit. Oleh karena itu, kita perlu memperkecil kemungkinan suara dipantulkan dengan memasang sesuatu yang lunak.

Untuk itu, kamu bisa menempelkan karpet atau tekstil karet di dinding. Supaya ruangan semakin terasa kedap suara, kamu juga bisa menempelkan karpet atau tekstil karet ini di lantai dan langit ruangan.

Itu tadi langkah membuat ruangan kedap suara dengan mudah. Semoga membantumu ya!

Baca Juga: 12 Inspirasi Dekorasi Balkon untuk Rumah Mungil, Nyaman Banget!

Topic:

  • Klara Livia
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya