Comscore Tracker

Gampang Banget, Ini 5 Tips Mencegah Dinding Rumah Agar Tidak Berjamur

Dinding lembab dan berjamur itu gak sehat lho!

Dinding lembab dan berjamur sangatlah tidak sehat untuk tubuh kita serta akan merusak pemandangan. Kamu sendiri juga pasti tidak akan betah melihat pemandangan kurang sedap tersebut. Apalagi didalam rumah sendiri. Sebelum jamur itu muncul pada dinding rumah kamu, coba deh ikuti beberapa tips simple ini!

1. Buka jendela di siang hari

Gampang Banget, Ini 5 Tips Mencegah Dinding Rumah Agar Tidak Berjamurpixels.com/Andrea Piacquadio

Guna menjaga tingkat kelembapan dalam rumah, bukalah jendela (ventilasi) udara setiap hari pada waktu siang. Udara hangat dari luar pun akan masuk dan menggantikan udara di dalam ruangan. Serta sinar matahari yang masuk melalui jendela juga membuat udara dalam rumah tetap kering.

2. Tidak menjemur pakaian dalam rumah

Gampang Banget, Ini 5 Tips Mencegah Dinding Rumah Agar Tidak Berjamurpixels.com/Muhammadtaha

Guys, apakah kamu sering menjemur pakaian didalam ruangan rumah? Bahkan membiarkannya dalam berhari-hari? Nah, sebaiknya kebiasaan ini harus kamu tinggalkan sekarang juga. Terbiasa meletakkan pakaian basah di dalam rumah akan membuat kelembapan di dalam ruangan jadi meningkat. Sehingga jamur akan gampang sekali menempel di dinding rumah kamu.

3. Gunakan pelapis dinding yang tahan lembap

Gampang Banget, Ini 5 Tips Mencegah Dinding Rumah Agar Tidak Berjamurpixels.com/Malte Luk

Ternyata pelapis dinding dalam rumah juga bisa berkontribusi memicu tumbuhnya jamur. Karenanya, kamu perlu memilih bahan pelapis dinding yang tahan kelembapan. Sebaiknya pilih cat khusus dari bahan yang tidak mudah menimbulkan jamur.

4. Periksa bagian luar rumah

Gampang Banget, Ini 5 Tips Mencegah Dinding Rumah Agar Tidak Berjamurpixels.com/Burst

Rutinlah memeriksa bagian luar atau eksterior rumah dan atap rumah. Karena ini merupakan bagian yang penting untuk diperhatikan. Bila kondisi atap rumah rusak atau bocor, bukan tidak mungkin rembesan air saat musim penghujan masuk ke dalam rumah dan membuat dinding lembap hingga berjamur.

5. Jika perlu, gunakan dehumidifier 

Gampang Banget, Ini 5 Tips Mencegah Dinding Rumah Agar Tidak Berjamurliputan6.com/Gilar Ramdhani

Apabila kelembapan udara dalam rumah terjaga dengan baik, maka ini akan melindungi dinding rumah dari risiko munculnya jamur. Jika perlu, kamu bisa menggunakan dehumidifier untuk menyedot udara dan mengatur kelembapan dalam ruangan agar tetap stabil, guys.

Nah, itu tadi tips mencegah dinding rumah agar tidak berjamur. Jangan lupa praktikkan dan semoga tips ini bermanfaat, ya!

Meirlyn Prayuga Photo Writer Meirlyn Prayuga

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya