Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Mengecat Ulang Ruangan

Agar hasilnya maksimal dan bikin puas

Beberapa waktu sekali, ruangan memang perlu dicat ulang. Terlebih pada bagian eksterior, terkena panas, hujan, dan kotoran membuatnya mengelupas. Tentu hal tersebut mengurangi estetika tempat tinggal bukan? Jika terjadi, mengecat ulang sesuai dengan warna yang diinginkan akan membuat suasana di rumah jadi lebih hidup.

Bukan asal mengecat, sebelum melakukannya perlu memperhatikan hal-hal khusus, seperti letak ruangan hingga kondisi dinding. Baca panduannya di bawah agar mengecat ulang ruangan hasilnya lebih maksimal.

1. Letak ruangan

5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Mengecat Ulang Ruanganhomedit.com

Perhatikan di mana letak ruangan yang akan kamu cat. Apakah bersebelahan langsung dengan kamar mandi, berada di sebelah taman, atau terkena paparan sinar matahari. Hal ini perlu diperhatika karena akan menentukan jenis cat, warna, maupun waktu pengecatan. Kalau ruangan ini merupakan pusat aktivitas, pastikan mengecat pada saat ruangan digunakan jarang digunakan.

2. Kondisi dinding

5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Mengecat Ulang Ruangannipponpaint.com.sg

Bagaimana kondisi dindingmu? Apakah lembap, retak, atau banyak lubang bekas paku? Kondisi dinding yang berbeda, perlu diperlakukan khusus. Hal ini juga bisa menjadi estimasi anggaran yang kamu keluarkan. Misalkan perlukah compound untuk menambal atau treatment lainnya sebelum dinding dicat.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Warna Cat Dinding yang Bikin Mood Naik, Semangat Terus!

3. Memilih cat yang tepat

5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Mengecat Ulang Ruanganconstructiontuts.com

Melanjutkan poin dua dan tiga, hal ini bisa jadi perhatian khusus. Apakah kamu akan memilih cat dengan finishing atau fungsi tertentu. Jika ruanganmu lembap, tentu akan memilih cat tahan air agar lebih awet. Jika dinding retak tentu saja akan memilih jenis cat yang elastis sehingga meminimalisir tampilan gak sempurna pada dinding.

4. Lubang pada dinding

5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Mengecat Ulang Ruanganmymove.com

Lubang pada dinding bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa jadi keretakan, bekas paku, atau kecelakaan lainnya. Sebelum dicat, tentu saja lubang ini harus ditambal. Banyaknya lubang yang perlu ditambal memerlukan tambalan filling khusus. Kalau hanya retakan rambut, kamu perlu mengisi dan melapisinya dengan cat pelapis yang elastis.

5. Permukaan dinding

5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Mengecat Ulang Ruanganyorkshiretimes.co.uk

Permukaan dinding dengan kondisi tertentu perlu diperlakukan khusus. Misal jika dinding lembap, permukaannya terkadang ada gelembungnya. Jika hal ini terjadi, maka sebelum dilakukan pengecatan perlu dihaluskan terlebih dahulu. Dengan cara diamplas, permukaan cat menjadi lebih halus, rata, dan siap untuk dilapisi cat atau treatment tertentu.

Lima hal yang perlu dilakukan sebelum mengecat ruangan di atas, harus diperhatikan jika kamu menginginkan hasil maksimal. Tentu saja cat akan lebih merata dan awet. Selain itu, kamu juga bisa menghitung estimasi biaya jika sudah mengetahui kondisi dinding ruangan yang akan dicat. Semoga membantu!

Baca Juga: 5 Cara Mengecat Rumah Agar Dinding Tampil Beda, Rumah Pun Bikin Betah!

Mahija Tantra Photo Verified Writer Mahija Tantra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya