Comscore Tracker

6 Tanaman Berbentuk Hati yang Bisa Ditanam Indoor

Dikasih ke pasangan, biar romantis!

Memiliki tanaman di dalam ruangan telah menjadi pilihan bagi masyarakat. Bila kamu memutuskan untuk menanam tanaman indoor,  mungkin tanaman berbentuk hati ini bisa jadi pilihan. Dengan bentuknya yang cantik dan unik, akan membuat ruanganmu terkesan romantik. 

Selain ditanam untuk diri sendiri, kamu bisa menjadikan tanaman ini sebagai hadiah untuk orang terkasih. Berikut 6 tanaman dengan bentuk hati yang bisa kamu tanam dengan mudah. 

1. Syngonium/ Arrowhead Plant

6 Tanaman Berbentuk Hati yang Bisa Ditanam Indoorplantcaretoday.com

American Evergreen, Syngonium, five fingers, dan Nephthytis adalah nama lain dari tanaman ini. Kamu bisa meletakannya di indoor seperti ruang tamu atau kamar tidur. Syngonium juga dapat ditanam sendiri di dalam pot. Namun, karena tanaman ini dapat merambat sehingga lebih cocok ditanam di pot gantung. 

Perawatannya pun cukup mudah, kamu cukup meletakannya jauh dari sinar matahari langsung dan siram secukupnya. Kamu juga perlu jauhkan tanaman ini dari jangkauan anak-anak dan hewan karena getahnya mengandung racun.

2. Sweetheart Hoya/ Valentine Hoya

6 Tanaman Berbentuk Hati yang Bisa Ditanam Indoorfreepik.com/fgnopporn

Bentuk daunnya yang seperti hati membuat tanaman ini menjadi simbol cinta dan kasih sayang. Tidak hanya itu, Sweetheart Hoya dikatakan dapat membawa keberuntungan. Tanaman yang berasal dari Thailand ini termasuk tanaman merambat yang tingginya bisa mencapai 20 cm. 

Kamu bisa menjadikan tanaman ini sebagai kado untuk orang tersayang. Bila ingin menanamnya sendiri, cukup letakan di tempat yang jauh dari sinar matahari langsung. Agar tumbuh dengan baik, tanaman ini juga perlu diberi sedikit pupuk. Untuk penyiraman, cukup siram 1 atau 2 kali dalam satu bulan.

3. Monstrea Deliciosa/ Swiss Cheese

6 Tanaman Berbentuk Hati yang Bisa Ditanam Indoorplantophiles.com

Salah satu tanaman lain yang bisa kamu jadikan hiasan di dalam ruangan adalah tanaman Swiss Cheese atau lebih dikenal dengan nama Monstrea Deliciosa. Tanaman yang berasal dari Amerika Tengah ini merupakan tanaman tropis yang masuk dalam keluarga Araceae. Bila ingin merawatnya, ketahuilah bahwa daunnya bisa menguning bila terkena cahaya matahari langsung. Sediakan juga ruangan yang cukup karena Monstrea dapat tumbuh besar.

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Sayur dan Buah yang Estetik Jadi Tanaman Hias di Rumah

4. Philodendron Gloriosum

6 Tanaman Berbentuk Hati yang Bisa Ditanam Indoorplantophiles.com

Dengan daun berbentuk hati warna hijau muda dan tulang daun yang berwarna cerah, membuat penampilan tanaman ini memukau. Sama seperti Monstrea, tanaman ini juga masuk dalam Araceae. Kamu bisa menaruhnya di ruangan ber-AC dengan perawatan yang cukup mudah.Tanaman ini bisa ditanam dengan media tanam porous. Taruh di tempat terang, tetapi jangan terkena cahaya matahari langsung. Sesekali, kamu juga perlu menaruhnya di luar ruangan saat pagi hari. Untuk penyiraman cukup dua sampai tiga kali dalam seminggu. 

5. Ceropegia Woodii/ Chain of Hearts

6 Tanaman Berbentuk Hati yang Bisa Ditanam Indoorplantophiles.com

Berdaun unik, tanaman ini memiliki beberapa nama lain seperti Sweetheart Vine, Tali Hati, dan RosarioCeropegia Woodii merupakan tanaman asli Swaziland dan Zimbabwe, Afrika Selatan. Tanaman ini memiliki sulur yang memanjang dan daun-daun kecil yang berbentuk hati. Kamu bisa menaruhnya di pot gantung dan menjadikannya dekorasi rumah yang cantik. Taruh tanaman di pot gantung yang berlubang dan siram setiap 2 minggu sekali. Hindari tempat dengan sinar matahari langsung. Kamu juga bisa memberikan pupuk secara berkala agar tanaman tumbuh lebih subur.

6. Cyclamen Persicum

6 Tanaman Berbentuk Hati yang Bisa Ditanam Indoorplantophiles.com

Dikenal juga dengan nama Sowbread, bunga yang populer di Eropa ini bisa tumbuh di segala musim yang ada. Warga bunganya pun beragam seperti merah muda, putih, dan merah darah. Tanaman ini unik dengan kelopak bunga terangkat atas dan daun seperti hati. Cyclamen sendiri masuk dalam keluarga Primulaceae. Kamu bisa dengan mudah menemukan tanaman ini di toko bunga. Cukup taruh Cyclamen di dalam pot dengan media tanah dan humus. Siram dengan banyak air secara teratur dan hati-hati. 

Itulah enam tanaman dengan bentuk hati yang bisa kamu tanam di dalam ruangan atau menjadikannya sebagai hadiah bagi orang tersayang. Kamu juga bisa menjadikan aktivitas bertanam untuk menghilangkan stres selama masa pandemi.

Baca Juga: Ide Koleksi Tanaman Meidiana Hutomo, dari Palem hingga Keladi Red Star

Michelle Maryeta Photo Verified Writer Michelle Maryeta

Palembang, Sumatera Selatan. 8teen. A girl with a million dreams.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya