Comscore Tracker

7 Tips Merawat Gorden Rumah Agar Mentereng Saat Lebaran

#RamadanMasaKini Harus telaten ya

Gorden adalah hiasan rumah yang paling jarang diperhatikan, padahal gorden seharusnya dicuci setiap 3-6 bulan sekali. Letak gorden yang menggantung di jendela menjadikan gorden menjadi sarang debu yang tidak baik untuk kesehatan.

Momen lebaran tampaknya menjadi momen yang tepat untuk kembali memperhatikan gorden. Agar saat lebaran, gorden terlihat bersih dan bagus. Berikut beberapa tips untuk merawat gorden di rumah.

1. Perhatikan bahan gorden untuk mengetahui cara mencucinya

7 Tips Merawat Gorden Rumah Agar Mentereng Saat Lebaranwallpapergordyn.com

Kini, gorden terbuat dari berbagai macam kain. Ada yang bludru, satin, katun, polyester dan lain sebagainya. Jenis kain tersebut memiliki perawatan yang berbeda. Ada baiknya ketika beli gorden tanya kepada penjual dulu mengenai cara mencuci dengan kain tersebut.

Untuk bahan ringan seperti katun, polyester, bisa dicuci dengan menggunakan mesin cuci sedangakan gorden dengan bahan satin, bludru atau organza memiliki perawatan khusus. Bahkan beberapa kain harus dilakukan dry cleaning.

2. Cek noda bandel yang menempel

7 Tips Merawat Gorden Rumah Agar Mentereng Saat Lebarantremontgrand.com

Setelah gorden diturunkan ada baiknya dicek setiap sudut gorden terlebih dahulu. Siapa tahu ada noda bandel yang menempel selain debu. Kalau memang ada, noda bandel harus dicuci terlebih dahulu dengan deterjen cair lalu rendam selama 1,5 jam setelah itu dikucek hingga noda hilang.

Setelah noda bandel hilang, gorden bisa dicuci seperti biasa. Ada baiknya sebelum dicuci dilakukan pre-wash atau perendaman beberapa jam agar debunya turun ke air.

3. Menjemurnya juga harus diperhatikan

7 Tips Merawat Gorden Rumah Agar Mentereng Saat Lebaranchelseacleaning.co.za

Setelah mencuci, gorden bisa dijemur dengan menggantungnya di tali jemuran atau sejenisnya. Satu hal yang perlu diperhatikan jangan menjemur gorden langsung dibawah sinar matahari agar warna tetap awet. Untuk poni gorden, usahakan dijepit sama seperti poni menggantung di gorden agar tidak berubah bentuk. 

Baca Juga: 5 Tips Dekorasi Ruangan dengan Tanaman Hias, Siap Sambut Lebaran!

4. Setrika gorden agar tetap pada bentuknya semula

7 Tips Merawat Gorden Rumah Agar Mentereng Saat Lebaranyoutube.com/Kasman Video

Untuk menyetrika gorden yang perlu diperhatikan yang pertama adalah mengatur panas setrika agar tidak merusak gorden. Sesuaikan dengan bahan gorden yang dipunyai. Lalu lipat sesuai jalur agar bentuknya tetap sama. Setrika gorden dengan perlahan bisa dari bawah baru ke atas.

5. Ubah gorden lama agar tampak baru

7 Tips Merawat Gorden Rumah Agar Mentereng Saat LebaranBerbagai sumber

Jika merasa bosan dengan gorden lama tapi belum ingin menggantinya, ada cara untuk membuatnya tampak baru. Perhatikan dengan seksama gorden yang ada di rumah dan pikirkan apa yang bisa diperbuat pada gorden lama. Misalnya menambahkan rumbai-rumbai pada sisi gorden, menambahkan poni gorden.

Jika ingin tampil beda, tambahkan kain dengan warna berbeda dengan cara pendekkan dulu gorden lama lalu tambah kain baru di sisi atas dan bawah. Jika malas menjahit, bisa juga kok ditempel dengan lem. 

6. Tambahkan aksesoris gorden agar makin cantik

7 Tips Merawat Gorden Rumah Agar Mentereng Saat LebaranBerbagai sumber

Belum puas dengan perubahannya? Tenang masih ada cara lagi agar gorden makin keren saat lebaran. Tambahkan aksesoris gorden yang kini banyak diperjualbelikan. Ada hiasan kupu-kupu atau karakter lainnya. Untuk tali pengikat gorden bisa menggunakan tusuk konde atau tali-tali karakter yang unik dan lucu.

7. Rawat gorden secara berkala

7 Tips Merawat Gorden Rumah Agar Mentereng Saat Lebaranteaamonth.com

Tidak hanya berhenti dengan membersihkan dan menghiasnya, gordenpun harus dirawat agar tetap bersih. Cucilah gorden paling tidak 3-6 bulan baik itu dicuci sendiri atau dry cleaning. Untuk perawatan sehari-hari, selalu bersihkan gorden dengan vacum cleaner, kain basah atau kemoceng. 

Itu adalah 7 tips mudah menyambut lebaran dengan gorden lama tampak seperti baru. Butuh ketelatenan dan kesabaran apalagi kalau gordennya ukuran besar. Semoga tips ini dapat membantu.

Baca Juga: 10 Inspirasi Dekorasi dari Ranting Kayu Ini Bikin Rumah Makin Indah

miraliy Photo Verified Writer miraliy

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You