Comscore Tracker

6 Ide Membuat Sustainable Kitchen, Biar Dapurmu Lebih Eco-Friendly

Tren eco-decor tidak lekang oleh zaman, tapi menyesuaikan

Eco-decor kini menjadi trend baru dalam dunia interior. Terutama bagi kamu yang memang menerapkan gaya hidup  berkelanjutan.

Tidak ada  salahnya memulai kebiasaan baik untuk lebih mencintai lingkungan lewat mulai menerapkan gaya hidup ini paling tidak di lingkungan hidup terkecil dahulu, yakni di rumah. Di antaranya bisa di mulai dari dapur.

Memiliki gaya dapur berkelanjutan atau sustainable kitchen tetap bisa menampilkan interior yang menawan. Beberapa cara dekorasinya bisa ditemukan di bawah ini.

1. Jangan ragu gunakan furnitur lama atau bekas 

6 Ide Membuat Sustainable Kitchen, Biar Dapurmu Lebih Eco-Friendlyide desain sustainable kitchen (jasmine-roth.com)

Cara paling mudah pertama yang bisa kamu terapkan adalah memilih perabotan dapur dari barang-barang lama atau bekas. Ketika kamu masih memiliki perabotan baik itu lemari, kursi yang sudah berusia lama namun masih baik untuk digunakan maka maksimalkan.

Jika kamu membutuhkan perabotan tambahan, membeli barang bekas dengan kondisi yang bagus jadikanlah sebagai pilihan pertama. Ini adalah cara yang bagus untuk menghindari dampak dari manufaktur hingga mencegah terjadinya terlalu banyak limbah perabotan.

2. Beralih menggunakan bahan interior yang lebih ramah lingkungan

6 Ide Membuat Sustainable Kitchen, Biar Dapurmu Lebih Eco-Friendlyinspirasi desain sustainable kitchen (homesandgardens.com)

Cara selanjutnya untuk mendesain sustainable kitchen adalah dengan menggunakan bahan-bahan furnitur atau barang interior yang lebih ramah lingkungan. Contohnya, seperti membuat permukaan batu kuarsa dan rekayasa menjadi proposisi yang lebih ramah lingkungan.

Cari bahan perabotan yang mendukung netralitas karbon juga. Mendukung gaya kehidupan bekerlanjutan dengan produksi menggunakan listrik terbarukan, air yang digunakan kembali, dan hingga yang pakai kaca daur ulang.

Baca Juga: 9 Ide Kursi Kitchen Island yang Bikin Dapur Makin Catchy

3. Coba menggunakan plywood

6 Ide Membuat Sustainable Kitchen, Biar Dapurmu Lebih Eco-Friendlyinspirasi desain sustainable kitchen (instagram.com/uncommon_projects)

Plywood atau kayu lapis memiliki banyak keunggulan untuk gaya hidup berkelanjutan ini. Kamu bisa memggunakannya secara tahan lama, tahan pakai, dan terus-menerus. Plywood ini diproduksi dengan bahan kimia lebih minimal jika dibandingkan dengan bahan seperti MDF atau chipboard yang  juga mengeluarkan gas lebih sedikit.

Menggunakan plywood artinya kamu berkontribusi pada rumah bebas racun. Untuk kayu lapis dengan umur panjang dengan kualitas baik, kamu bisa periksan gunakan jenis kayu lapis kelas B/BB yang merupakan standar untuk pembuatan kabinet bukan konstruksi umum.

4. Menggabungkan nuansa old dan new

6 Ide Membuat Sustainable Kitchen, Biar Dapurmu Lebih Eco-Friendlyinspirasi desain sustainable kitchen (homesandgardens.com)

Coba menerapkan desain daput vintage juga bisa kamu gunakan. Sebab, vintage identik dengan gayanya yang sederhana sehingga bisa cocok dengan ide sustainable kitchen. Seperti yang dilakukan Mark Lewis Interior Design dalam mendekorasi dapur seperti di atas ini.

Memilih mencampurkan benda-benda lama dengan baru, seperti ubin tambang reklamasi untuk lantai dan kain linen antik sebagai tirai di bagian bawah meja kabinet dapur. Gunakan juga rak piring antik untuk menyimpang barang pecah belahnya.

5. Pertimbangan menggunakan teknik inovatif

6 Ide Membuat Sustainable Kitchen, Biar Dapurmu Lebih Eco-Friendlyinspirasi desain sustainable kitchen (homesandgardens.com)

Cara memanfaatkan kehidupan dengan gaya interior berkelanjutan lainnya adalah coba mengenal berbagai teknologi interior baru yang mendukung ini. Seperti ide memanfaatkan kekuatan miselium seperti resin (serat seperti benang jamur).

Kamu juga bisa coba cari tahu produk yang menggunakan ubin lantai bebas plastik yang menggabungkan biomassa bernilai rendah seperti tanaman jagung, jerami, padi, ampas kopi bekas, rumput raut yang dibuang, hingga kulit kerang. Bahan-bahan tersebut bisa didesain ternyata menyerupai batu alam.

6. Menggunakan desain furnitur dapur yang melayang atau tidak menempel di dinding

6 Ide Membuat Sustainable Kitchen, Biar Dapurmu Lebih Eco-Friendlyinspirasi desain sustainable kitchen (homesandgardens.com)

Memilih perabotan dapur yang melayang bukan built in. Menjadi cara agar kamu bisa memberikan lebih banyak ruang juga di dapur. Menggunakan cara ini memungkinkan kamu secara leluasa bisa lebih bisa mengubah dekorasi dapur sekitarnya.

Contohnya, menambahkan bagian baru tanpa harus merusak dinding dapur atau perabotan sebelumnya. Jika menggunakan kabinet built in yang sudah satu set, kamu tidak akan bisa sering mengubah tata letak atau menggganti furniturnya.

Intinya, sustainable kitchen berarti dapur yang tidak memiliki banyak dampak negatif terhadap kelangsungan hidup di bumi. Berkisar pada bagaimana kamu memastikan bahan-bahan perabotan hingga penggunaannya dilakukan dengan cara ramah lingkungan. Bisa juga dengan menggunakan barang-barang antik, mendekorasi ulang benda-benda lama dan terakhir pastikan juga peralatan di dapur tidak boros energi.

Baca Juga: 5 Tips Menghias Dapur ala Modena Kitchen Solutions, Harus Fungsional!

Nadhifa Salsabila Kurnia Photo Verified Writer Nadhifa Salsabila Kurnia

Pencinta literasi penyuka fiksi, menulis kapan dan dimana saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya