Comscore Tracker

7 Inspirasi Desain Ruang Belajar Anak, Bikin si Kecil Semangat!

Ajak anak lebih menyukai kegiatan belajar

Tak semua anak gemar dan rajin belajar, tentu orangtua harus mengatasi hal ini dengan cermat. Salah satunya adalah mencari berbagai berbagai sumber inspirasi desain ruang belajar anak. Fungsinya agar si kecil betah dan nyaman untuk belajar di ruangannya. 

Untuk orangtua yang berencana membangun ruang belajar bagi anak, bisa sontek inspirasi desain ruang belajar anak berikut ini. Sesuaikan dengan karakter dan kesukaan anak kamu, ya. Dengan begitu, mereka bakal lebih nyaman ketika belajar, nih.

1. Jadikan ruang belajar seperti taman bermain

7 Inspirasi Desain Ruang Belajar Anak, Bikin si Kecil Semangat!inspirasi desain untuk ruang belajar anak di rumah (livingetc.com)

Alih-alih menciptakan ruangan yang terlalu rapi dan terkesan serius. Ciptakan ruang belajar yang lebih ceria dan menyenangkan, terutama untuk anak yang usianya masih belia.

Pilih bentuk furnitur yang vatiatif dan imajinatif. Beri banyak warna terutama yang disukai anak. Jadikan belajar seperti bermain bagi anak. Ide untuk menyimpan peta dunia berukuran besar seperti di atas, juga membuat anak bisa lebih memahami ilmu baru dengan cara menarik. Tambahkan kursi ayunan, hammock, dan furnitur lainnya yang membuat anak lebih menikmati waktu belajar dengan asyik.

2. Pilih twin desk untuk si kakak dan adik

7 Inspirasi Desain Ruang Belajar Anak, Bikin si Kecil Semangat!inspirasi desain ruang belajar anak di rumah (shegaveitago.com)

Jika kamu memiliki lebih dari satu anak dalam usia yang berdekatan. Kamu bisa menciptakan ruang belajar dengan dua meja belajar.

Konsep ini memberikan lebih banyak ruang bagi masing-masing anak untuk menata serta membagi barang-barang pribadi mereka. Dengan begitu, anak lebih fokus dan produktivitas mereka akan meningkat.

3. Letakkan meja belajar di dinding berceruk

7 Inspirasi Desain Ruang Belajar Anak, Bikin si Kecil Semangat!inspirasi menata ruang belajar anak di rumah (livingetc.com)

Jika kamu tidak punya banyak ruang kosong di rumah untuk dijadikan ruang belajar khusus anak. Kamar anak itu sendiri selalu bisa dimanfaatkan menjadi ruang belajar anak yang menyenangkan.

Perhatikan setiap sudut yang ada di kamar, karena selalu bisa jadi peluang untuk dimanfaatkan lebih. Contohnya, jika kamu punya dinding berceruk di kamar anak. Coba letakan built-in-table untuk anak belajar. Suasananya bisa lebih fokus dibandingkan hanya meletakkan meja belajar di samping tidur.

4. Buat built-in-table yang menyatu dengan lemari penyimpanan

7 Inspirasi Desain Ruang Belajar Anak, Bikin si Kecil Semangat!inspirasi ruang belajar anak di rumah (livingetc.com)

Semua orangtua pasti paham bahwa anak kecil cenderung sukar konsisten serta disiplin dalam kerapian. Alhasil barang-barang di sekitarnya jadi mudah berantakan. 

Jika ruang belajar anak berada di dalam kamar, untuk menghindari kamar berantakan maka bisa membangun built-in-desk-storage. Sebab, dengan desain ini anak-anak bisa diajak belajar disiplin dalam merapikan kamar serta ruangan belajarnya agar tidak berantakan. 

Letakkan barang-barang tersebut di bagian storage desk agar anak-anak paham bahwa seluruh benda pribadinya akan aman di tempat tersebut.

Baca Juga: 9 Inspirasi Ruangan Bermain Anak, Jadikan Tempat Kesukaannya!

5. Ciptakan ketenangan melalui cat dinding yang membuat fokus

7 Inspirasi Desain Ruang Belajar Anak, Bikin si Kecil Semangat!inspirasi ruang belajar anak di rumah (azari-architects.com)

Tak hanya membantu anak fokus dalam belajar, warna biru dan hijau bisa menciptakan ketenangan. Selain itu, warna tersebut dapat membantu anak dalam mengembangkan intelektualnya. 

Dengan pemilihan warna tepat yang membawa ketenanan, anak akan lebih semangat saat mengerjakan tugas dan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan berkreasi.

6. Dekorasi dinding dengan cat chalkboard

7 Inspirasi Desain Ruang Belajar Anak, Bikin si Kecil Semangat!inspirasi ruang belajar anak di rumah (stylebyemilyhenderson.com)

Kebanyakan anak senang bisa menggambar di dinding, bukan? Apalagi ketika mereka tidak akan kena masalah saat melakukannya. Kamu bisa manfaatkan ide ini dengan menyediakan ruang bagi anak berkreasi di dinding kamar mereka ketika belajar.

Cat dinding kamar bisa dijadikan papan tulis. Biarkan kegemaran anak menggambar di dinding pelan-pelan berubah menjadi kegemaran untuk belajar di 'dinding kamar' tersebut.

7. Buat open storage di ruang belajar anak

7 Inspirasi Desain Ruang Belajar Anak, Bikin si Kecil Semangat!inspirasi menata ruang belajar anak di rumah (projectnursery.com)

Ajari anak untuk lebih bertanggung jawab pada benda-benda yang dimilikinya dengan menciptakan open storage di ruang belajarnya. Agar ruang belajar anak lebih seru, orangtua bisa menata storage dengan warna beragam dengan pattern tertentu. Setelah itu, kamu bisa mengajarkan anak menata buku atau alat-alat belajarnya, deh. 

Menciptakan ruang belajar yang nyaman bagi anak memang menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua. Apalagi jika anak cenderung aktif dan mudah bosan. Inspirasi desain ruang belajar anak di atas bisa kamu terapkan salah satu untuk mengatasi masalah tersebut, ya. Semoga anak betah belajar, nih!

Baca Juga: 10 Inspirasi Kamar Anak dengan Tenda, Serasa Punya Rumah Sendiri

Nadhifa Salsabila K Photo Verified Writer Nadhifa Salsabila K

Pencinta literasi penyuka fiksi, menulis kapan dan dimana saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya