Comscore Tracker

6 Tips Sulap Ruang Keluarga Mungil Tampak Lebih Luas!

Tetap bikin betah meski tak terasa longgar

Memiliki rumah mungil, bukan berarti tidak ada kesempatan bagimu untuk membuatnya tetap dalam dekorasi yang menawan. Ada banyak ide yang bisa kamu terapkan untuk membuat ruang keluarga mungil ini tidak tampak sempit.

Justru, kamu bisa meningkatkan kenyamanan tanpa memandang besar dan luasnya. Berbagai tips dan trik dekorasi pun dijamin ampuh membuatmu semakin betah berlama-lama menghabiskan waktu bersama keluarga di dalamnya.

Cek sejumlah tips yang bisa kamu terapkan untuk sulap ruang keluarga mungilmu jadi lebih nyaman berikut ini, yuk!

1. Gunakan warna netral yang terkesan ringan

6 Tips Sulap Ruang Keluarga Mungil Tampak Lebih Luas!inspirasi dekorasi ruang keluarga mungil (www.livingetc.com)

Tips pertama yang bisa coba kamu terapkan adalah memilih warna netral yang lebih ringan untuk di ruang tengah ini. Warna seperti abu-abu, krem, putih menjadi pilihan yang tepat untuk membuat ruangan mungil di ruang tengah terasa lebih lapang.

Warna-warna seperti ini membantu memantulkan pencahayaan dan membuat ruangan terasa lebih bisa bernafas. Memilih warna netral yang terang adalah kunci untuk memberi efek ruangan lebih luas. 

2. Pilih furnitur dan aksen yang proporsional untuk ruang keluarga mungilmu

6 Tips Sulap Ruang Keluarga Mungil Tampak Lebih Luas!inspirasi dekorasi ruang keluarga mungil (tratonacasa.com.br)

Pilih furnitur yang tidak menghabiskan tempat atau proporsional untuk diletakkan di ruang keluarga berukuran kecil. Contohnya, daripada meletakkan coffee table di antara televisi dan sofa, kamu bisa pilih coffe table yang bisa diletakkan di samping sofa.

Pilih ukuran yang pas supaya tidak menghalangi jalan. Karpet juga berguna untuk tempat santai selain sofa ketika kamu tidak mungkin menambahkan lebih banyak lagi kursi di ruangan ini.

3. Perhatikan pencahayaan alami atau beri lampu untuk menambah kesan luas dari penerangan

6 Tips Sulap Ruang Keluarga Mungil Tampak Lebih Luas!inspirasi dekorasi ruang keluarga mungil (kockumdesign.com)

Jika kamu memiliki ruang keluarga di dekat jendela, hal itu merupakan sebuah keuntungan. Apalagi jika jendelanya berukuran besar. Akan lebih mudah membuat ruang keluargamu terlihat lebih luas.

Namun, jika kamu memiliki ruang keluarga di sudut yang gelap karena pencahayaan alaminya yang jauh, kamu bisa manfaatkan pencahayaan dari lampu. Aksen dari pencahayaan lampu di ruangan yang gelap bisa mengalihkan perhatian dari skala ruangan yang kecil.

Baca Juga: 12 Inspirasi Ruang Makan Konsep Interior Zen, Tren 2022, nih!

4. Buat suasana lebih segar, hiasi ruang keluarga dengan tanaman

6 Tips Sulap Ruang Keluarga Mungil Tampak Lebih Luas!inspirasi dekorasi ruang keluarga mungil (placeofmytaste.com)

Mendekorasi ruangan kecil memerlukan variasi permainan tekstur dan aksen menarik untuk mengalihkan pandangan. Jadi, tidak hanya berkutat seputar skala dan ukuran ruang saja.

Salah satu caranya dengan meletakkkan tanaman. Selain menambah suasana ruangan menjadi lebih segar, kamu bisa bikin ruangan lebih estetik dengan memilih bentuk-bentuk pot unik dan tak biasa sebagai media penyimpan tanaman.

5. Selain estetik, memilih furnitur yang lebih fungsional penting untuk ruang keluarga mungil

6 Tips Sulap Ruang Keluarga Mungil Tampak Lebih Luas!inspirasi dekorasi ruang keluarga mungil (www.thesefourwallsblog.com)

Jika anggota keluarga tidak terlalu banyak, memilih sofa yang lebih mungil sebenarnya sudah cukup fungsional. Selain itu, kamu juga bisa singkirkan saja lemari, laci, meja, atau furnitur lainnya yang sebenarnya tidak terlalu berfugsi jika diletakkan di ruang keluarga.

Apalagi jika masih ada ruangan lain untuk menyimpan benda-benda tersebut. Titik beratkan dekorasi simpel dan clean. Sebagai gantinya, kamu bisa bermain dengan pilihan lampu unik, bantal bertekstur cantik, dan benda lainnya yang bisa tetap menciptakan dekorasi yang menarik.

6. Buat strategi untuk tata letak cermin

6 Tips Sulap Ruang Keluarga Mungil Tampak Lebih Luas!inspirasi dekorasi ruang keluarga mungil (stylishdekor.com)

Meletakkan cermin sebagai cara untuk membuat ruangan terlihat lebih besar daripada aslinya adalah trik lama yang sudah sering digunakan. Cara ini memang paling efektif dan mudah untuk memberikan ilusi ruangan yang lebih luas.

Terlebih jika kamu tahu strategi yang tepat dimana meletakkan cermin sebaiknya untuk membuat ruangan tampak besar ini. Tidak hanya memantulkan isi ruangan, keberadaan cermin juga membuat ruangan akan terasa lebih terang.

Miliki ruang keluarga mungil bukan berarti tak bisa nyaman dan menyenangkan, bukan? Langsung coba terapkan sederet tips dan inspirasi dekorasi di atas untuk ruang keluarga kamu, ya!

Baca Juga: 10 Inspirasi Ruang Keluarga Modern Minimalis, Tema Serba Abu-abu!

Nadhifa SK Photo Verified Writer Nadhifa SK

Pencinta literasi penyuka fiksi, menulis kapan dan dimana saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya