Comscore Tracker

5 Cara Membasmi Kecoak Terbang, Gak Perlu Lari Ketakutan Lagi! 

Meski sederhana, dijamin ampuh banget deh

Dari sekian banyak serangga, ada salah satu yang paling ditakuti banyak orang, yakni kecoak. Bukan hanya penampilannya yang dirasa menjijikkan, kecoak bakal terasa lebih menyeramkan jika terbang, ya, gak? Banyak orang yang lari terbirit-birit karenanya.

Keberadaan serangga berwarna cokelat ini memang cukup mengganggu kesehatan, mulai dari membawa kuman, memicu alergi, hingga berisiko masuk ke lubang hidung ataupun telinga. Gak heran kalau banyak yang gak suka sama kecoak terbang.

Membasmi kecoak terbang sendiri sebenarnya mudah, namun butuh kesabaran dan ketelitian. Biar gak lagi ada kecoak terbang di ruamhmu, terapkan beberapa tips membasminya berikut ini, yuk!

1. Buat semprotan dari cabai rawit  

5 Cara Membasmi Kecoak Terbang, Gak Perlu Lari Ketakutan Lagi! schwartz.co.uk

Untuk membasmi kecoak terbang gak melulu pakai semprotan antiserangga, lho. Kalau kamu lebih suka bahan yang alami, cobalah membuat semprotan dari cabai rawit. Caranya pun mudah. Kamu cukup haluskan cabai rawit sampai lembut, lalu campur dengan air. Saring terlebih dahulu, ya.

Letakkan semprotan tersebut di tempat yang sering didatangi kecoak terbang. Dengan begitu, kamu gak bakal bingung saat serangga tersebut muncul secara tiba-tiba. Saat menyemprot, pastikan arahnya benar dan gak malah mengenai matamu, ya!

2. Letakkan perangkap timun di sudut rumah  

5 Cara Membasmi Kecoak Terbang, Gak Perlu Lari Ketakutan Lagi! pikist.com

Kalau gak mau berurusan langsung dengan serangga satu itu, kamu bisa meletakkan perangkap dengan timun. Mungkin kamu bingung kenapa harus menggunakan timun, ya, kan? Sebab, timun mengandung zat berbahaya bagi kecoak terbang.

Selain itu, aromanya pun menggodanya untuk datang. Caranya praktis, kamu tinggal memasukkan potongan timun ke dalam kaleng atau wadah, lalu letakkan di sudut ruangan. Kalau berhasil, kamu tinggal membuang kaleng itu tanpa harus kontak langsung dengan kecoak terbang.

Baca Juga: 5 Cara Mengusir Kucing dengan Halus, Jangan Pakai Kekerasan! 

3. Gunakan kapur barus  

5 Cara Membasmi Kecoak Terbang, Gak Perlu Lari Ketakutan Lagi! aliexpress.com

Cara paling mudah untuk membasmi kecoak terbang lainnya dengan menggunakan kapur barus. Kecoak terbang paling suka berada di tempat lembap dan gelap. Oleh karena itu, cukup berikan beberapa buah kapur barus di sudut rumah agar kelembapannya terjaga.

Area rumah lainnya yang bisa kamu berikan kapur barus adalah kamar mandi, dekat mesin cuci, lemari baju, dapur, hingga rak sepatu. Dengan begitu, gak bakal ada kecoak terbang yang bakal hinggap di sana deh.

4. Aroma daun salam bisa mengusir kecoak terbang, lho!

5 Cara Membasmi Kecoak Terbang, Gak Perlu Lari Ketakutan Lagi! thekitchengarten.com

Bahan alami lainnya yang bisa kamu manfaatkan untuk mengusir kecoak terbang di rumahmu adalah daun salam. Kecoak terbang membenci bau daun yang sering digunakan masak ini, lho. Kamu bisa menebarkannya di rumah secara merata.

Namun, keringkan terlebih dahulu, lalu remas hingga hampir menjadi bubuk. Kamu juga bisa menggantungnya di dinding rumah dengan memasukkannya terlebih dahulu ke dalam plastik atau kain. Semakin kering, aromanya bakal makin menguar, lho.

5. Bersihkan rumahmu secara berkala  

5 Cara Membasmi Kecoak Terbang, Gak Perlu Lari Ketakutan Lagi! spectrumpolicy.org

Cara terakhir yang wajib untuk selalu kamu lakukan adalah membersihkan rumah. Hal ini memang nampak sepele, tapi pengaruhnya besar banget, lho. Pasalnya, kecoak bisa bertahan hidup tanpa makan, tapi mereka butuh asupan air yang banyak.

Nah, kalau sudah begitu, bersihkan area yang selalu basah secara rutin, seperti kamar mandi, wastafel, hingga pekarangan. Singkirkan pula barang-barang seperti kardus dan plastik bekas supaya gak jadi rumah bagi kecoak terbang.

Itu dia beberapa tips dan trik ampun biar rumahmu terhindar dari serangan kecoak terbang yang menyeramkan. Kecoak biasa saja sudah bikin takut, apalagi kalau terbang, ya, kan? Yuk, mulai jaga kebersihan rumahmu!

Baca Juga: Sudah Terbukti! 5 Bahan Alami untuk Membasmi Kutu Rambut dan Telurnya

Opal Opal Photo Verified Writer Opal Opal

I have a lot of things inside my head so that I love writing about everything based on my ideas, highly-enthusiastic seeks out new challenges and gains more knowledges.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya