Comscore Tracker

5 Tips Mencuci Boneka Kesayangan, Supaya Tidak Cepat Rusak!

Harus dijaga baik-baik, nih!

Hayo ngaku, di usia sekarang, apakah kamu masih menyimpan boneka yang kamu miliki sejak masih kecil? Beberapa orang masih menyimpannya, bagi mereka, boneka itu memiliki kenangan tersendiri dan menemani mereka dalam suka dan duka. Oleh karena itu, boneka ini perlu kita jaga baik-baik.

Mau tahu, bagaimana cara mencuci boneka dengan benar? Ketahui selengkapnya di bawah ini!

1. Perhatikan instruksi pada label terlebih dahulu

5 Tips Mencuci Boneka Kesayangan, Supaya Tidak Cepat Rusak!mumknowsbest.com.au

Sebelum mencuci, ada baiknya untuk mengecek instruksi yang tertera label. Ada beberapa mainan yang tidak bisa dicuci dengan mesin cuci, misalnya yang mengandung komponen elektronik. Tidak disarankan pula untuk mencuci boneka yang sudah sangat tua dan rapuh, saran laman Mum Knows Best.

Tidak dianjurkan pula untuk mencuci dengan mesin cuci apabila ada bagian boneka yang halus, karena bisa merusak teksturnya nanti.  Lebih baik, cuci boneka secara manual untuk menghindari kerusakan. Mengantisipasi itu perlu!

2. Mencuci dengan mesin cuci itu boleh kok, asalkan...

5 Tips Mencuci Boneka Kesayangan, Supaya Tidak Cepat Rusak!sapulpalaundry.com

Jika kamu memilih mencuci dengan mesin cuci, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Pertama, pastikan menggunakan mode cuci paling lembut dan pelan agar tidak merusak boneka kesayangan kita. Kedua, cuci boneka di air dingin memakai detergen lembut, saran laman Life Hacker.

Sebelum mencuci, singkirkan tali atau serabut benang karena rentan tertarik saat sedang dicuci. Kamu bisa memotongnya dengan gunting. Yang tak kalah penting, jangan buat mesin cuci terlalu penuh dengan memasukkan boneka terlalu banyak. Ini bisa membuat proses pembersihan menjadi kurang efektif dan kurang bersih.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Mencuci Helm Sendiri, Gampang Kok!

3. Gunakan sikat gigi untuk mencuci secara manual

5 Tips Mencuci Boneka Kesayangan, Supaya Tidak Cepat Rusak!thehealthy.com

Jika hendak mencuci secara manual, gunakan sikat gigi sebagai alat untuk membersihkan noda dan kotoran yang ada di boneka. Sikat gigi memiliki bulu yang kecil dan halus, sehingga tidak akan membuat tekstur permukaan boneka rusak.

Apabila tidak ada sikat gigi, kamu bisa memakai sikat pakaian dan gosok perlahan agar bulunya tidak rusak. Untuk membuatnya bersih, kamu bisa memakai detergen lembut dan air dingin. Bisa juga memakai sabun mandi cair atau bahkan sabun cuci piring cair, jelas laman Instructables Living.

4. Tekan boneka untuk mengeluarkan sabun yang terserap ke dalam

5 Tips Mencuci Boneka Kesayangan, Supaya Tidak Cepat Rusak!frapandolls.com

Setelah menggosok setiap bagian boneka dengan sikat gigi, kini taruh bonekamu di bawah keran air yang mengalir. Lalu, tekan boneka untuk mengeluarkan sabun yang terserap ke dalam. Trik ini juga berguna untuk mengeluarkan kotoran, sehingga boneka menjadi lebih bersih.

Terus lakukan hingga sabun dan kotoran benar-benar hilang. Setelahnya, bilas boneka dengan air bersih. Jangan sampai ada debu, noda dan kotoran yang masih tersisa!

5. Keringkan di bawah sinar matahari

5 Tips Mencuci Boneka Kesayangan, Supaya Tidak Cepat Rusak!parentcenternetwork.org

Semua tahap mencuci sudah dilakukan, kini giliran kita untuk menjemur boneka. Disarankan untuk menjemurnya di bawah sinar matahari langsung, agar cepat kering dan air lebih cepat menguap ke udara, saran laman Instructables Living.

Namun, apabila tidak ada sinar matahari, menjemur di dalam ruangan juga tidak masalah. Asalkan, kamu mau untuk mengepel tetes-tetes air dari boneka yang berjatuhan di lantai. Untuk membuatnya lebih cepat kering, tekan dan peras boneka sehingga air bisa keluar.

Nah, itulah 5 cara untuk mencuci boneka dengan benar, supaya tidak mudah rusak. Kini, boneka kesayanganmu bisa lebih bersih dan berumur panjang!

Baca Juga: 5 Tips Mencuci Kaos Hitam Agar Awet dan Tidak Lekas Pudar

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya