Comscore Tracker

7 Manfaat Anti-Mainstream Penggunaan Baking Soda, Rumah Jadi Bersih!

Waktunya beres-beres rumah

Baking soda seperti namanya adalah bahan yang biasa digunakan dalam bidang kuliner. Jika kamu punya hobi memasak atau membuat kue pasti sudah tidak asing lagi dengan bahan yang satu ini. Biasanya baking soda (natrium bikarbonat) sering digunakan untuk membuat kue mengembang karena bersifat basa.

Baking soda memiliki manfaat lainnya yang jarang diketahui. Berikut merupakan beberapa manfaat lain dari baking soda yang dapat digunakan selain untuk membuat kudapan di rumah.

1. Menghilangkan bau apek pada handuk

7 Manfaat Anti-Mainstream Penggunaan Baking Soda, Rumah Jadi Bersih!pixabay.com/Tesa Photography

Setiap orang menggunakan handuk beberapa kali dalam sehari dan setelah penggunaan handuk biasanya hanya akan digantung di jemuran handuk. Tempat jemuran handuk yang terlindung dari matahari nyatanya membuat handuk menjadi lembap, beraroma apek dan bahkan berjamur.

Untuk menghilangkan bau apek dan mendapatkan aroma segar pada handuk bisa menggunakan baking soda. Caranya mudah yaitu dengan mencuci handukmu dengan detergen yang biasa kamu pakai. Kemudian tambahkan setengah kap baking soda ke dalam mesin cucimu, selanjutnya keringkan di bawah sinar matahari.

2. Membersihkan wastafel di rumah

7 Manfaat Anti-Mainstream Penggunaan Baking Soda, Rumah Jadi Bersih!pixabay.com/Pascal Helmer

Wastafel atau tempat cuci piring adalah tempat yang biasanya penuh lemak dan bekas makanan. Jika tidak dibersihkan maka noda dan kotoran akan menumpuk di wastafel bahkan bisa menyumbat saluran di dalamnya. Untuk membersihkan wastafel kamu bisa menggunakan taburan baking soda secukupnya, lalu gosok wastafelmu menggunakan spons.

Saat membersihkan wastafel kamu bisa tambahkan beberapa tetes lemon atau jeruk nipis untuk menambah kesegaran. Kemudian bilas wastafel dan kamu akan melihat wastafelmu kembali seperti baru lagi.

3. Jika shower di kamar mandi mampet, coba bersihkan dengan baking soda

7 Manfaat Anti-Mainstream Penggunaan Baking Soda, Rumah Jadi Bersih!pixabay.com/Public Domain Pictures

Hampir sama dengan wastafel, baking soda bisa juga digunakan untuk melancarkan shower yang tersumbat. Lubang-lubang kecil pada shower yang biasa dialiri air terkadang tidak berfungsi dengan sempurna. Ada beberapa lubang yang terlihat tidak mengeluarkan air karena tersumbat kotoran. Maka solusinya adalah dengan menggunakan rendaman baking soda yang dicampur air dan lemon, lalu rendam kepala shower beberapa saat. Setelah itu bilas dengan bersih dan air akan mengalir dengan normal kembali.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Sedia Baking Soda di Rumah, Wajib Hukumnya!

4. Membersihkan sikat, spons dan sisir

7 Manfaat Anti-Mainstream Penggunaan Baking Soda, Rumah Jadi Bersih!pexels.com/Element 5

Baking soda juga bisa digunakan untuk membersihkan perintilan kecil seperti sikat, spons dan sisir. Cukup gunakan rendaman yang terdiri dari baking soda secukupnya, air dan juga sedikit sampo. Setelah itu rendam dan diamkan lebih kurang 30 menit, lalu kemudian bilas dengan air bersih. Kotoran yang menempel pada barang-barang tersebut akan rontok dan lenyap seketika.

5. Mengharumkan dan membersihkan noda di karpet

7 Manfaat Anti-Mainstream Penggunaan Baking Soda, Rumah Jadi Bersih!pixabay.com/Amarjits

Jika karpet di rumahmu terkena noda, jangan buru-buru panik dan membawanya ke tempat laundry. Kamu bisa mencoba cara sederhana dengan menggunakan baking soda yang murah harganya. Coba ambil baking soda secukupnya dan taburkan di atas karpet yang terkena noda. Diamkan beberapa menit kemudian kamu bisa membersihkannya dengan vakum karpet.

6. Menyegarkan udara di ruangan

7 Manfaat Anti-Mainstream Penggunaan Baking Soda, Rumah Jadi Bersih!pixabay.com/Skitterphoto

Efek menyegarkan dari penggunaan baking soda juga dapat digunakan untuk menyegarkan udara ruangan di rumah. Biasanya baking soda digunakan sebagai pengharum ruangan yang bisa dibuat sendiri alias homemade.

Kamu bisa menempatkan baking soda di sebuah wadah kecil dengan tambahan lemon essential oil atau aroma lavender. Kemudian letakkan atau gantungkan di tempat yang biasanya beraroma apek atau lembap di rumahmu.

7. Membantu menyegarkan area rak sepatumu

7 Manfaat Anti-Mainstream Penggunaan Baking Soda, Rumah Jadi Bersih!pexels.com/Kely Lacy

Seperti halnya sebagai penyegar udara, baking soda juga dapat digunakan untuk menyegarkan aroma rak sepatumu yang sangat apek. Namun kali ini baking soda bisa kamu taburkan sedikit ke dalam sepatumu dan biarkan satu malam, lalu buang esok harinya.

Cara lainnya adalah dengan memasukkan baking soda ke dalam kantung-kantung kecil dan masukkan ke dalam sepatu. Baking soda akan menyerap bau tidak sedap dari sepatu dan menggantinya dengan aroma segar.

Itulah beberapa manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan baking soda. Waktunya bersih-bersih dan selamat mencoba!

Baca Juga: Kitchen Hack, Ini 5 Trik Melunakkan Daun Singkong dengan Baking Soda

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya