Comscore Tracker

Lebih Hemat! 5 Pembersih Wajah Alami Ini Bisa Kamu Buat Sendiri

Kulit bersih dengan bahan alami dan murah

Proses mebersihkan wajah merupakan hal paling penting dalam kegiatan rutin perawatan kulit wajah. Kenapa? Karena dengan wajah yang bersih apapun produk perawatan yang kita aplikasikan ke wajah seperti toner, krim pelembab, serum, masker dan lainnya akan lebih mudah diserap. Selain itu, membersihkan wajah juga berfungsi untuk menghindari terjadinya infeksi bakteri, jamur dan efek negatif polusi yang menempel di wajah kita.

Membersihkan wajah yang baik tidak selalu harus menggunakan produk yang mahal dan memiliki teknologi tinggi. Bahan-bahan yang alami pun ternyata bisa efektif membersihkan kulit wajah kita lho. Bahkan ada beberapa yang bisa kita buat sendiri. Mau tahu apa saja dan bagaimana caranya? Yuk kita simak pemaparannya di bawah ini!

1. Minyak kelapa murni atau VCO sebagai anti bakteri dan antioksidan.

Lebih Hemat! 5 Pembersih Wajah Alami Ini Bisa Kamu Buat Sendiriwell-beingsecrets.com

Minyak kelapa murni atau Virgin coconut oil (VCO) terkenal sebagai anti bakteri dan anti jamur yang mampu melembabkan kulit dan mengandung antioksidan. Pembersih berbahan minyak mampu mengangkat sisa-sisa makeup baik yang waterproof. Pembersih berbahan minyak juga bisa membersihkan hingga ke pori-pori.

Cara menggunakannya juga mudah hanya siapakan minyak kelapa murni 100%, handuk yang yang sudah dicelupkan ke air hangat dan handuk bersih. Pertama-tama aplikasikan beberapa tetes minyak kelapa ke wajah dan pijat selama 30 detik. Kemudian tempelkan handuk hangat ke muka selama 15-30 detik. Lalu lap sisa-sisa minyak dengan handuk bersih.

2. Cuka apel untuk menyeimbangkan PH wajah.

Lebih Hemat! 5 Pembersih Wajah Alami Ini Bisa Kamu Buat Sendiricnn.com

Apple cider vinegar atau cuka apel memang sudah hits dari dulu sebagai bahan pembersih dan memberikan kelembaban kulit. Sebenarnya, yang paling pokok adalah cuka apel mampu mengembalikan keasaman atau PH wajah normal.

PH wajah normal yaitu sekitar 5,5. PH wajh ini penting karena menjaga barier kulit untuk mencegah terjadinya jerawat parah, melebarnya pori-pori dan kulit wajah terlalu kering ataupun terlalu berminyak. Cuka apel digunakan sebagai toner pembersih.

Caranya adalah mencampurkan cuka apel dan air dengan perbandingan cuka apel dan air sekitar 1:2. Misalnya 1 sendok teh cuka apel dengan 2 sendok teh air. Kemudian hasil campuran diaplikasikan ke muka menggunakan kapas dengan cara ditekan-tekan dengan lembut.

3. Campuran madu dan lemon untuk mencegah jerawat.

Lebih Hemat! 5 Pembersih Wajah Alami Ini Bisa Kamu Buat Sendirindtvimg.com

Madu dan lemon adalah dua bahan yang sempurna jika disatukan baik untuk anti bakteri, moisturizer dan memberikan kesegaran pada kulit. Air perasan lemon mengandung asam sitrat yang membunuh bakteri pernyebab jerawat, selain itu air lemon juga mengandung enzim yang bisa mengankat sel-sel kulit mati. Sedangkan madu mengandung anti bakteri yang dan anti oksidan yang akan mencegah timbulnya jerawat dan mencegah proses penuaan.

Cara membuatnya hanya dengan mencampurkan 2 sendok teh madu dan 1 sendok teh air perasan lemon. Lalu hangatkan campurannya di kedua tangah lalu aplikasikan ke wajah dan leher. Diamkan sampai kering. Lalu bilas dengan air sampai bersih.

4. Yoghurt untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mengencangkan pori-pori.

Lebih Hemat! 5 Pembersih Wajah Alami Ini Bisa Kamu Buat Sendiriodysea.com

Selain bermanfaat untuk pencernaan dan mengandung zat gizi untuk tubuh. Yoghut juga memiliki manfaat luar biasa untuk kulit wajah. Yoghurt sangat kaya akan protein dan asam laktat. Asam laktat bermanfaat untuk eksfoliasi sel-sel kulit mati sehingga sehingga sel kulit tersebut terangkat dan tidak mengotori kulit. Sedangkan protein berfungsi untuk mengencangkan pori-pori, mengurangi kerutan-kerutan halus dan melembabkan kulit.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, cukup mengaplikasikan ke kulit wajah lalu pijat-pijat halus menggunakan jari-jari kulit. Setelah selesai lalu diamkan dulu sebentar lalu bilas dengan air mengalir atau menggunkan handuk basah. Pastikan yoghut yang digunakan adalah yang plain atau yang murni tidak diberikan tambahan seperti gula, perasa dan pewarna.

5. Minyak zaitun untuk mengurangi bintik gelap wajah dan anti bakteri.

Lebih Hemat! 5 Pembersih Wajah Alami Ini Bisa Kamu Buat Sendirifamilinia.com

Minyak zaitun merupakan bahan yang sangat populer sebagai pemebersih wajah. Minyak zaitun cocok untuk tipe kulit kering karena membantu melembabkan kulit. Minyak zaitun juga mengandung anti oksidan dan lemak baik yang membantu menyembuhkan kulit yang iritasi ataupun terbakar sinar matahari. Fungsi pembersih minyak zaitun adalah untuk mengurangi bintik-bintik gelap pada wajah, membunuh bakteri dan membuat kulit lebih halus tidak memberikan efek kering seperti menggunakan sabun pembersih.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk membersihkan wajah cukup simple hanya dengan mengapilkasikan lalu dipijat halus sebentar kemudian basuh muka di air mengalir.

Nurma S Photo Verified Writer Nurma S

Senang Menulis dan Membaca

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya