Comscore Tracker

Jangan Dibuang, Ini 6 Kegunaan Lain dari Bubble Wrap!

Pernah coba yang mana, guys?

Kamu pasti nggak asing lagi dengan yang namanya bubble wrap, kan? Saat membeli barang elektronik, aksesori, ataupun berbelanja online, tak jarang bubble wrap ini menghiasi ruang di dalam kemasan belanjaanmu. 

Bubble wrap biasanya digunakan untuk melindungi suatu barang agar tidak rusak atau pecah dan selamat sampai ke tangan pembeli. Namun, di balik kegunaan yang umum diketahui tersebut, bubble wrap juga menyimpan beberapa kegunaan lain.

1. Menjaga kebersihan kulkas

Jangan Dibuang, Ini 6 Kegunaan Lain dari Bubble Wrap!Pixabay/Pexels

Cangkang telur yang dibeli di pasar tidak selalu dalam keadaan bersih, begitupun dengan sayuran atau buah-buahan. Kulkas bisa cepat kotor bila diisi dengan bahan makanan tersebut. 

Jika malas membersihkan kulkas terlalu sering, tidak ada salahnya kamu bungkus semua bahan makanan dengan bubble wrap sebelum meletakkannya ke dalam kulkas.

2. Membuat frozen food tetap dingin

Jangan Dibuang, Ini 6 Kegunaan Lain dari Bubble Wrap!Pixabay/adoproducciones

Saat tidak ada kulkas atau freezer, kamu dapat membalut frozen food dengan bubble wrap agar suhunya tetap dingin sebelum dimasak. Memang cara seperti ini tidak dapat menggantikan fungsi lemari pendingin sepenuhnya, tetapi bisa kamu andalkan selama beberapa saat. Lumayan kan daripada makananmu jadi basi dan nggak bisa dimakan?

Baca Juga: Daripada Dibuang, 5 Item Kosmetik Ini Bisa Dialihfungsikan Kegunaannya

3. Melindungi tanaman

Jangan Dibuang, Ini 6 Kegunaan Lain dari Bubble Wrap!Unsplash/ErwanHesry

Bagi kamu yang suka berkebun pasti tahu kalau beberapa jenis tanaman membutuhkan kelembapan pada masa awal penanaman. Kelembapan ini umumnya dapat terjaga dengan menutup benih yang sudah ditanam menggunakan plastik atau kertas koran. Namun, jika ingin sesuatu yang sedikit berbeda, bubble wrap bisa jadi pilihanmu.

4. Pemisah tumpukan piring

Jangan Dibuang, Ini 6 Kegunaan Lain dari Bubble Wrap!Unsplash/RaulCachoOses

Di rumah banyak tumpukan piring milik ibumu? Sebagian sudah lecet karena terlalu lama ditumpuk tanpa sekat? Jangan khawatir! Yang perlu kamu lakukan adalah memberitahu ibumu bahwa bubble wrap bisa dipakai sebagai pembatas tumpukan piring. Cara menggunakanya cukup sederhana, taruh lembaran yang ukurannya telah disesuaikan di atas setiap piring yang akan ditumpuk.

5. Melindungi furnitur dari debu

Jangan Dibuang, Ini 6 Kegunaan Lain dari Bubble Wrap!Unsplash/NeONBRAND

Selain keamanan, masalah sebagian besar orang saat hendak meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang cukup lama ialah kebersihan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa rumah yang ditinggalkan akan menjadi kotor karena tidak ada yang mengurus. Debu-debu akan dengan mudah dijumpai menempel pada berbagai furnitur. Untuk menghindarinya, kamu dapat menyelimuti barang kesayanganmu itu dengan bubble wrap.

6. Alas tidur binatang piaraan

Jangan Dibuang, Ini 6 Kegunaan Lain dari Bubble Wrap!Unsplash/EricHan

Tidak hanya bagi manusia, bubble wrap juga memiliki manfaat bagi binatang piaraanmu. Kucing misalnya. Pernah dong kamu lihat ada seekor kucing yang meringkuk kedinginan di atas keset atau sofa ketika hujan? Kalau merasa kasihan, kamu bisa membuatkan tempat tidur yang nyaman untuknya dari beberapa lembar bubble wrap, kemudian lapisi dengan kain pada lembaran yang paling atas.

Itulah kegunaan lain dari bubble wrap yang tidak ada salahnya kamu praktikkan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Penyuka Manis, 7 Macam Gula dan Kegunaannya Ini Wajib Kamu Ketahui

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya