Comscore Tracker

9 Tips Merancang Ruang Kerja di Rumah Agar Kerja Lebih Produktif

Mulai rancang, bangun dan bikin karya luar biasa setiap hari

Salah satu fakta unik mengenai dunia pekerjaan, negara Belanda adalah negara yang memiliki jam kerja paling singkat di seluruh dunia sampai terbitnya tulisan ini yaitu hanya 29 jam per minggunya atau sekitar 4-5 jam per hari untuk hari kerja Senin-Sabtu.

Kemudian, di zaman teknolo seperti sekarang ini membuat pekerjaan gak harus dilakukan di kantor, tapi di rumah juga bisa. Suasana tenang dan dekat dengan orang yang disayangi adalah salah satu faktor yang membuat orang merasa betah bekerja di rumah.

Nah, untuk yang membawa pekerjaan kantornya ke rumah atau memang yang kerjanya di rumah, berikut ini adalah tips membuat ruang kerja atau home office atau workspace di rumah. 

1. Sesuaikan dengan jenis pekerjaan

9 Tips Merancang Ruang Kerja di Rumah Agar Kerja Lebih Produktifinstagram.com/loweshomeimprovement

Sebelum mendesain ruang kerja, harus tahu jenis pekerjaan apa yang akan dilakukan. Ini sangat penting sebelum memutuskan untuk membuat ruang kerja di rumah. Karena, itu akan berkaitan dengan pemilihan furniture dan barang atau peralatan yang akan dimasukkan ke dalam ruangan.

Misalnya, bekerja di bidang administratif, beberapa hal yang perlu dipertimbangkan di antaranya adalah penyimpanan ekstra, layar monitor dan mesin printer.

2. Ukur ruangan yang akan dijadikan ruang kerja dan rencanakan dengan matang

9 Tips Merancang Ruang Kerja di Rumah Agar Kerja Lebih Produktifinstagram.com/chic_decore

Ketika memutuskan ruang mana yang ingin digunakan untuk ruang kerja, maka perlu mengukur ruangan dan menggambar skala pada selembar kertas besar dengan memperhatikan detil seperti pintu, jendela, lantai, kabel listrik, kabel telepon dan lampu.

Tips sederhananya, dalam mendesain ruang kerja adalah dengan menata semua elemen pendukung sesuai dengan kebutuhan dan sirkulasi gerak dalam gambar.

3. Tentukan konsep ruangan dan pilih gaya yang "gue banget"

9 Tips Merancang Ruang Kerja di Rumah Agar Kerja Lebih Produktifinstagram.com/deskdecors

Ketika memutuskan untuk membuat ruangan di rumah menjadi kantor atau ruang kerja, harus menetapkan ide-ide kreatif. Ruang kerja di rumah yang dirancang dengan menurut gaya diri sendiri akan memberikan kenyamanan, menunjukkan kepribadian dan keunikan yang membuat secara pribadi merasa nyaman bekerja di rumah.

Hal itu untuk membuat ruang kerja terasa nyaman dan memberikan dorongan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Misalnya, jika suka dengan tema monokrom. Mulailah mencari referensi untuk dekorasi, cat dan peralatan pendukung dalam bekerja dengan konsep warna monokrom. Perbanyak menjelajah di internet untuk mendapatkan inspirasi konsep desain.

Ketika mulai bingung, nggak ada salahnya berkonsultasi dengan ahli interior untuk mendapatkan masukan yang mendukung keinginan membuat konsep ruang kerja di rumah.

4. Pilih sifat lingkungan kerja, apakah multifungsi atau private

9 Tips Merancang Ruang Kerja di Rumah Agar Kerja Lebih Produktifinstagram.com/bigoilstinybottles

Dalam hal ini, usahakanlah untuk membuat home office di ruangan yang jauh dari kesibukan rumah (lebih ke private). Karena, pekerjaan adalah tanggung jawab yang harus diselesaikan. Jika suasana bising, untuk menyelesaikannya kurang efektif dan bisa kurang tepat waktu karena konsentrasi buyar.

Tapi, jika gak memungkinkan untuk sifat yang private, akali dengan membuat tanda pada pintu, misalnya bertuliskan Do Not Disturb!. Dengan hal tersebut, akan membuat orang rumah lebih mengerti dan tetap menjalankan aktivitas mereka tanpa mengganggumu yang sedang bekerja.

Baca Juga: Untuk Kamu yang Memutuskan Bekerja di Rumah, Ikuti 6 Tips Ini!

5. Pemilihan furniture harus tepat dan barang yang dimasukkan harus yang penting

9 Tips Merancang Ruang Kerja di Rumah Agar Kerja Lebih Produktifinstagram.com/amazedmag

Setelah memiliki rencana yang akurat, langkah selanjutnya adalah pemilihan peralatan dan furniture. Bayangkan hal-hal yang akan dibutuhkan dan dilakukan di kantor. Setelah membeli semua atau sebagian besar kebutuhan, pasang perabotan dan peralatan sesuai rencana.

Isi ruang kerja rumah juga harus diperhatikan. Masukkan barang-barang yang diperlukan untuk mendukung pekerjaan, jangan sampai memasukkan barang yang nggak berguna sama sekali. Karena, hal tersebut cuman akan membuat ruangan menjadi sesak dan nggak nyaman serta budget membengkak cuman untuk membeli barang ruang kerja.

Memang, ini cenderung memakan waktu, tetapi dengan melakukan tanpa penundaan, pekerjaan ini akan selesai dengan cepat dan bisa disesuaikan dengan anggaran. Dan jika selesai dengan cepat serta tepat, akan lebih cepat juga untuk memulai pekerjaan sesegera mungkin.

6. Ruangan harus memiliki pencahayaan yang cukup

9 Tips Merancang Ruang Kerja di Rumah Agar Kerja Lebih Produktifinstagram.com/loft2309

Pastikan ruangan kerja harus ada penerangan yang cukup. Baik untuk pada kondisi siang atau malam hari. Pencahayaan ruangan yang kurang bisa membuat mata cepat lelah dan lebih buruknya sampai merusak mata. Selain itu, pencahayaan yang kurang juga bisa berdampak negatif pada psikologis seseorang.

Tipsnya, jika memungkinkan, manfaatkan pencahayaan alami ketika siang hari.

7. Bermainlah dengan warna

9 Tips Merancang Ruang Kerja di Rumah Agar Kerja Lebih Produktifinstagram.com/incanto_studio

Gak seperti ruang kerja di kantor formal, permainan warna bisa memperkaya desain ruang kerja di rumah. Gabungkan warna favorit dengan warna lain, sehingga ruang kerja lebih cerah dan lebih menginspirasi.

8. Pastikan home office harus nyaman

9 Tips Merancang Ruang Kerja di Rumah Agar Kerja Lebih Produktifinstagram.com/elcowflorida

Kenyamanan adalah faktor yang utama. Cek kembali furniture yang akan dimasukkan ke dalam home office seperti meja, sofa dan yang lainnya. Jangan sampai perabotan gak ergonomis yang nantinya akan menghambat pekerjaan.

9. Tata dengan baik segala sesuatunya

9 Tips Merancang Ruang Kerja di Rumah Agar Kerja Lebih Produktifinstagram.com/desklifebliss

Tetap jaga kebersihan dan kerapihan ruangan. Kembalikan barang-barang atau peralatan ke tempatnya kembali ketika sudah selesai digunakan. Hal itu akan membantu atau memperlancar proses ide yang melintas.

Misal, ada ide terlintas di pikiran, tetapi alat untuk mencatat seperti pensil atau pulpen hilang. Itu bisa membuat fokus utamanya mencari alat tersebut dan ide yang ada tadi kemungkinan perlahan akan menghilang.

Jadi, tata dengan baik segala peralatan kantor rumah, ya!

Itulah tadi tips merancang home office atau kantor di rumah. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Keuntungan Bekerja Sebagai Barista, Berani Coba?

Riyan Sumarno Photo Community Writer Riyan Sumarno

♐ Bermimpi, Bergegas, Berusaha, Berdoa dan Sukses!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You