Comscore Tracker

5 Trik Renovasi Dapur yang Hemat Budget, Cocok untuk Penyuka Minimalis

Pas untuk rumah berukuran kecil 

Dapur menjadi salah satu ruang penting di dalam rumah. Itulah sebabnya menginvestasikan sedikit uang dan waktu untuk memberikan kenyamanan di dalamnya bukan hal yang percuma. Tidak harus mengubah total bentuk dan tampilan dapur. Hanya dengan beberapa trik cerdas, kamu bisa menyulap dapur jadi lebih menarik. Eits, tenang saja, trik di bawah ini tidak akan menguras isi tabungan, kok. Disimak yuk!

1. Ubah tampilan dinding dengan warna netral dan aksesori dapur yang berani

5 Trik Renovasi Dapur yang Hemat Budget, Cocok untuk Penyuka Minimalisilustrasi dapur warna netral dengan aksen emas (unsplash.com/Collov Home Design)

Memilih warna netral bisa membuat mood pemilik rumah jadi lebih kalem. Selain itu, warna netral juga lebih mudah dikombinasikan dengan aksesori dapur apa pun. Kamu bisa memilih warna netral seperti abu-abu, putih, atau krem.

Namun, bagi kamu yang mendambakan sesuatu yang lebih berwarna, pemilihan aksesori dapur yang ’berani’ juga bisa dicoba. Sebagai contoh, dinding dengan warna netral dan aksen dapur bernuansa emas untuk menambah kesan mewah. Kamu bisa mengaplikasikannya dengan menyemprot cat warna emas pada lampu gantung dan aksesori logam lainnya yang ada di dapur.

2. Maksimalkan ruang kosong dari lantai ke langit-langit sebagai area penyimpanan 

5 Trik Renovasi Dapur yang Hemat Budget, Cocok untuk Penyuka Minimalisilustrasi dapur kecil sederhana (pexels.com/Jean van der Me)

Generasi Milenial dan Z lebih memilih rumah berukuran kecil karena dinilai lebih praktis untuk dibersihkan dan tidak terlalu mahal. Sayangnya, area penyimpanan jadi sangat sedikit. Tentu ini menjadi masalah besar bagi kamu yang memiliki banyak barang yang ingin disimpan.

Nah, solusi terbaik untuk hal ini dengan memasang lemari yang memaksimalkan dinding kosong dari lantai ke langit-langit. Agar dapur tak terlihat sesak dan monoton, kamu bisa mengombasikan lemari dengan rak terbuka. Taruh lemari tertutup di tempat tinggi yang akan kamu gunakan sebagai penyimpanan barang yang dipakai sesekali seperti piring cantik untuk saji. Sedangkan untuk rak terbuka, kamu bisa menempatkannya di tempat yang terjangkau agar mudah dibersihkan dan ditata ulang.

Baca Juga: 9 Dekorasi untuk Dapur Serba Putih, Bersih bak Dapur Restoran!

3. Tambahkan meja island yang multifungsi

5 Trik Renovasi Dapur yang Hemat Budget, Cocok untuk Penyuka Minimalisilustrasi dapur (pexels.com/Curtis Adams)

Bukan hanya menambah estetik, meja island juga bisa menjadi alternatif lemari penyimpanan sekaligus meja makan, lho. Meski sedikit menguras kantong karena custom, tapi meja island ini dapat kamu manfaatkan menjadi berbagai fungsi. Misalnya, sebagai meja dapur, lemari penyimpanan, atau meja makan. Tentu ini jadi solusi bagi pemilik dapur kecil, kan?

Agar meja ini tidak mengganggu lalu lintas dalam dapur, sebaiknya sisakan area jalan setidaknya 850 milimeter. Sedangkan untuk lebar meja island, jika ingin menambahkan kompor atau wastafel di dalamnya maka siapkan lebar minimum sekitar 1200 milimeter, tapi jika hanya meja saja, lebar 600 milimeter sudah cukup, kok.  

4. Buat area tempat duduk yang nyaman  

5 Trik Renovasi Dapur yang Hemat Budget, Cocok untuk Penyuka Minimalisilustrasi meja island sekaligus meja makan (unsplash.com/House Method)

Meja island juga bisa dipakai sebagai meja makan atau area duduk informal. Cukup dengan tambahkan beberapa kursi santai atau kursi bar di sampingnya. Agar tak salah pilih, sebaiknya hitung terlebih dulu ketinggian meja sebelum membeli kursi sehingga kamu dapat memastikan tinggi kursi demi kenyamananmu ketika duduk.

Jika kamu memiliki dana terbatas, kamu bisa mengakali pembelian kursi yang baru dengan melaminasi untuk meniru bahan mewah seperti marmer dan kayu. Namun, kalau kamu menyukai tema industrial, melaminasi kursi nuansa logam bisa menimbulkan gaya kekinian juga, kok. Oya, pilihlah laminasi yang tahan lama, tahan noda, tahan panas, tahan ar, tidak mudah luntur, dan mudah dibersihkan.

5. Siapkan skema pencahayaan yang baik

5 Trik Renovasi Dapur yang Hemat Budget, Cocok untuk Penyuka Minimalisilustrasi dapur kecil sederhana (unsplash.com/Ionut Vlad)

Meski dianggap sepele, tetapi pencahayaan memiliki faktor penentu kenyamanan dapur, lho. Tak hanya penambah nilai estetika, lampu juga bisa menjadi sumber cahaya saat kamu memasak. Berilah sentuhan akhir dengan menempatkan lampu gantung di atasnya. Cobalah menaruh dua atau tiga lampu yang bergantung di meja island agar dapur terlihat ramah

Ada baiknya menaruh lampu putih di dekat meja tempat kamu memasak karena membutuhkan cahaya yang terang. Sedangkan, untuk meja island yang juga berfungsi sebagai meja makan, tidak ada salahnya menggantung lampu kuning untuk menambah kesan romantis dan hangat.

Jangan memaksakan membeli segala aksesori dapur jika kamu hanya memiliki dana terbatas. Kamu bisa sedikit demi sedikit mengubah tampilan peralatan dan perlengkapan dapur dengan cara sederhana, seperti memperbaiki lemari yang usang atau mengecat ulang aksesori yang terlihat kusam.

Baca Juga: 9 Ide Desain Dapur Kecil Sederhana, Meski Kecil tapi Tetap Fungsional

IamLathiva Photo Verified Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya