Comscore Tracker

5 Tanaman Bunga Ini Cocok Bersanding dengan Tanaman Hias Indoor

Bikin ruangan makin terlihat ceria

Hingga saat ini, tren memelihara tanaman hias indoor masih diminati oleh masyarakat. Tanaman seperti aglonema, janda bolong, kaktus,dan lidah mertua termasuk idola para pecinta tanaman. Namun untuk kamu yang ingin tampil beda, kenapa tidak merawat tanaman bunga dalam ruangan? 

Memang selama ini tanaman bunga diketahui tumbuh baik di luar rumah, tapi ada kok beberapa tanaman hias yang bisa berkembang baik di dalam rumah. Bahkan tak sedikit di antara mereka bisa bersanding dengan tanaman hias indoor lainnya, berikut daftarnya. 

1. Anggrek

5 Tanaman Bunga Ini Cocok Bersanding dengan Tanaman Hias Indoorbhg.com/PETER KRUMHARDT

Warna bunga yang beragam dengan batangnya yang ramping menjadikan anggrek sebagai tanaman hias elegan. Beruntunglah orang yang tinggal di daerah tropis dengan pancaran sinar matahari yang berlimpah, karena anggrek sangat menyukai hal ini. Perhatikan jumlah sinar matahari yang diterima anggrek.

Posisikanlah tanaman ini di jendela yang menghadap ke timur atau utara, ini karena jendela yang menghadap arah selatan atau barat cenderung terlalu panas dan cerah saat sore hari. Kamu bisa melihat pengaruh cahaya pada anggrek dengan memperhatikan daunnya. Kalau daun berubah jadi merah atau cokelat berarti anggrek terlalu banyak mendapatkan sinar matahari. Sebaliknya daunnya menjadi hijau tua berarti anggrek terlalu sedikit mendapat sinar matahari. 

Supaya panjang umur, siramilah anggrek satu kali dalam seminggu dan buanglah air yang menggenang agar akarnya tidak terlalu lama berendam dalam kubangan air. 

2. Gardenia

5 Tanaman Bunga Ini Cocok Bersanding dengan Tanaman Hias Indoorbalconygardenweb.com

Bunganya yang lembut dan wanginya yang kalem membuat gardenia cocok ditaruh dalam ruang santai. Meski menenangkan, ternyata tanaman ini mudah tidak bahagia jika sering dipindah-pindah. Oleh sebab itu, sebelum menaruhnya ke dalam rumah, pastikan sudut ruangan mana gardenia ini akan ditaruh.

Jangan dekatkan gardenia dengan sumber panas seperti kompor karena tanaman ini tidak suka udara panas. Selain itu, gardenia sangat menyukai sinar matahari, jadi tak ada salahnya menaruh gardenia di dekat jendela. Namun tanaman ini sangat rentan terkena serangan hama, jadi waspadalah jika terdapat sedikit perubahan dari gardenia.

Jika melihat tanda-tanda seperti serangga sisik, tungau laba-laba, kutu putih, kutu daun, dan lalat putih, cepat-cepat dibasmi ya. 

3. African violet (violces)

5 Tanaman Bunga Ini Cocok Bersanding dengan Tanaman Hias Indoorhgtv.com

Meski terlihat ringkih karena bentuknya yang mungil, namun African violet adalah tanaman bunga yang terkenal bandel lho. Tersedia dalam ratusan varian, tanaman ini mempunyai ratusan varian yang cocok untuk pengoleksi tanaman.

Belum lagi kemampuan bunganya yang dapat berkembang sepanjang tahun membuatnya makin dicintai. Kunci kesuksesan dalam merawat African violet adalah ruangan dengan kelembapan yang tinggi, berada di lokasi dengan sinar matahari parsial (teduh), hindari daun dalam keadaan basah, dan berikan pupuk secukupnya. 

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Sayur dan Buah yang Estetik Jadi Tanaman Hias di Rumah

4. Begonia

5 Tanaman Bunga Ini Cocok Bersanding dengan Tanaman Hias Indoordavenportgarden.com

Begonia sangat cocok untuk kamu yang baru belajar merawat tanaman bunga.  Banyak kelebihan dari begonia yang tidak dimiliki oleh tanaman hias yang lain, seperti perawatan yang super mudah, bunga yang mudah mekar, mempunyai lebih dari 1.000 varietas dengan berbagai ukuran, warna, serta bentuk. Wah, pasti seru ya kalau bisa mengoleksi semua varietas begonia. 

5. Kalanchoe

5 Tanaman Bunga Ini Cocok Bersanding dengan Tanaman Hias Indoorambius.com

Mendapat julukan bunga jendela, kalanchoe memang paling cocok ditaruh di dekat jendela. Ini karena kalanchoe adalah tanaman sukulen yang menyukai banyak sinar matahari. Selama mendapat limpahan cahaya yang berlimpah, bunga kalanchoe akan berkembang sepanjang waktu.

Beberapa tanaman hias di atas terbilang memiliki bunga yang mudah mekar di sepanjang tahun tanpa melihat musim selama dirawat sesuai kebutuhannya. Ada beberapa catatan yang perlu diingat supaya dapat tumbuh dengan baik, seperti melakukan pemupukan secukupnya, jangan biarkan akar tergenang air, rutin membersihkan daun, dan perhatikan kebutuhan sinar matahari dari setiap tanaman. Selamat bercocok tanam!

Baca Juga: 5 Tips Merawat Tanaman Hias untuk Pemula, Bisa Jadi Hobi Baru!

Lathiva R. Faisol Photo Verified Writer Lathiva R. Faisol

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya