Comscore Tracker

5 Tanaman Ini Jangan Ditaruh Berdekatan, Bakal Saling Merusak!

Jangan paksakan meski lahan tanam terbatas

Saat menanam, bukan cuma memerhatikan bentuknya yang cantik, kita juga harus lihat apakah tanaman-tanaman tersebut dapat tumbuh berdekatan atau tidak. Tahukah kamu jika ada beberapa tanaman yang bisa menyakiti satu sama lain kalau ditaruh bersebelahan lho. Bahkan ada yang justru merusak nutrisi tanah sebagai tempat tinggalnya saat dua atau lebih tanaman hidup berdampingan. Seram 'kan? 

Karena itu, mari kita lihat beberapa tanaman yang sebaiknya tidak ditaruh berdekatan yang bersumber dari laman Bob Vila berikut ini. 

1. Butterfly weed (asclepias tuberosa) dan impatient

5 Tanaman Ini Jangan Ditaruh Berdekatan, Bakal Saling Merusak!bhg.com | fs.fed.us

Kedua tanaman ini memang sudah dikenal memiliki keindahan bentuk bunganya dengan warna yang lembut. Meski terlihat cantik jika digabungkan, nyatanya butterfly weed dan impatient bisa saling menyakiti lho. 

Bukan karena bersifat parasit hingga kedua tanaman bunga tersebut saling merugikan. Mereka dinilai tidak bersahabat satu sama lain karena pola perawatannya yang berbeda. 

Selama ini butterfly weed diketahui sangat mencintai sinar matahari dan tanah yang kering. Di lain pihak, impatient  merupakan tanaman bunga yang sangat menyukai tanah basah. Dari kebutuhan tanah dan pola penyiramannya yang berbeda, tentu sebaiknya kita tidak mendekatkan keduanya ya. 

2. Buncis, brokoli, dan bawang putih

5 Tanaman Ini Jangan Ditaruh Berdekatan, Bakal Saling Merusak!tuffarm.com | plantinfo.co.za

Secara umum, tanaman legum sejenis buncis atau kacang polong termasuk tanaman rewel jika ada yang berdekatan dengannya. Ini akan semakin parah jika tanaman ini bersebelahan dengan tanaman sejenis bawang-bawangan seperti bawang merah, bawang putih, dan daun bawang. Selain itu, tanaman legum ini pun tidak suka jika berdekatan dengan tanaman kubis seperti kubis atau brokoli dan kangkung. 

Dari laman Gardening Know How, ketiga jenis tanaman ini tidak bisa saling berdekatan karena dapat merusak satu sama lain. Nah, daripada kita tidak bisa mendapatkan hasil yang memuaskan, lebih baik taruhlah mereka berjauhan. 

Baca Juga: 5 Tanaman Bunga Ini Cocok Bersanding dengan Tanaman Hias Indoor

3. Mentimun dan kemangi (basil)

5 Tanaman Ini Jangan Ditaruh Berdekatan, Bakal Saling Merusak!rurallivingtoday.com | lovefood.com

Walaupun mentimun dan kemangi bisa menjadi pasangan yang cocok untuk lalapan. Nyatanya keduanya bukanlah tanaman yang bisa hidup berdampingan secara damai. 

Hal tersebut disebabkan oleh ketidakmampuan tanaman mentimun untuk tumbuh bersebelahan dengan tanaman aromatik seperti sage, kemangi, dan rosemary. Aroma kemangi yang tajam cenderung merusak rasa dari buah mentimun itu sendiri. 

Meskipun begitu, ada kok tanaman aromatik yang bersahabat dengan mentimun, yaitu tanaman dill. Ya, tanaman yang sering daunnya digunakan sebagai bumbu dalam masakan Eropa ini justru dapat menarik perhatian tawon predator buah yang dapat menyuburkan mentimun. 

4. Jagung dan tomat

5 Tanaman Ini Jangan Ditaruh Berdekatan, Bakal Saling Merusak!dobies.co.uk | bonnieplants.com

Baik jagung dan tomat diketahui mempunyai gizi tinggi yang baik untuk tubuh. Tapi jangan pernah menanam keduanya berdekatan ya. Ini karena kebutuhan jagung dan tomat yang memerlukan nutrisi tinggi dalam tanah. 

Jadi jika keduanya ditanam berdekatan, hampir bisa dipastikan tanah akan mengalami kekurangan nutrisi. Tentu saja ini akan membuat tanah jadi tidak subur dan memerlukan usaha lebih untuk menyehatkannya kembali. 

Kekurangan lainnya jika menaruhnya berdekatan adalah hama atau musuh yang sama yakni cacing buah tanah. So, ketika salah satunya terserang hama, maka tanaman yang lain akan ikut terserang hama pula. 

5. Bunga matahari dan kentang

5 Tanaman Ini Jangan Ditaruh Berdekatan, Bakal Saling Merusak!gardeningwizards.com | americansmeadows.com

Bunga matahari memiliki sifat alelopati, yakni sifat biologis tanaman yang memengaruhi tanaman di sekitarnya. Oleh sebab itu, tak jarang para petani memanfaatkan tanaman bunga ini sebagai pencegah gulma atau hama dengan menaruhnya di sekitar lahan pertanian. 

Tapi kita patut waspada lho kalau menaruh tanaman bunga matahari ini di dekat tanaman kentang atau polong-polongan. Hal ini karena biji bunga matahari bisa menghambat pertumbuhan kedua tanaman itu. Kalaupun ingin menanam ketiganya, kita bisa menaruh jarak paling tidak 30 cm di antara mereka. 

Nah, sekarang sudah jelaskan tanaman apa saja yang tidak boleh ditaruh berdekatan. Ingat guys, walaupun halaman rumah kita tidak terlalu besar, janganlah memaksakan untuk menaruh semua tanaman di dalamnya. Tetap perhatikan mana yang bisa ditaruh berdekatan dan mana yang tidak boleh. Selamat bercocok tanam! 

Baca Juga: Tren Selama Pandemik, Inilah 5 Cara Menanam di Lahan Kecil

IamLathiva Photo Verified Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya