Comscore Tracker

9 Tanaman Sayur yang Mudah Dipelihara dalam Pot, Bikin Irit lho! 

Irit di kantong dan hemat tempat 

Berbagai cara dilakukan untuk menghemat pengeluaran, dari menggunakan barang bekas yang masih layak pakai hingga menanam sayuran sendiri di rumah. Yup, menanam sendiri sayuran di rumah terbukti bisa mengurangi pengeluaran belanja lho.

Jangan takut jika tanaman sayuran yang kamu pelihara bisa menghabiskan banyak tempat, karena tidak sedikit dari mereka dapat tumbuh subur meski ditaruh dalam pot. Penasaran ‘kan apa saja tanaman sayur yang bisa dipelihara dalam pot? Berikut daftarnya!

1. Selada hijau

9 Tanaman Sayur yang Mudah Dipelihara dalam Pot, Bikin Irit lho! thespruce.com

Selada adalah tanaman sayur yang mudah tumbuh di mana saja. Hal ini karena selada memiliki akar pendek yakni 15-20 cm saja. Jadi kamu bisa menaruh tanaman ini dalam pot ataupun halaman rumahmu. 

2. Paprika

9 Tanaman Sayur yang Mudah Dipelihara dalam Pot, Bikin Irit lho! dengarden.com

Baik paprika pedas atau manis termasuk tanaman yang mudah dirawat meskipun berada dalam satu pot dengan tanaman bunga. Hanya saja, akar paprika berjenis panjang hingga harus ditanam dalam pot besar.

3. Buncis

9 Tanaman Sayur yang Mudah Dipelihara dalam Pot, Bikin Irit lho! gardeningknowhow.com

Daun dan bunga yang cantik dari buncis pantas membuat sayuran ini cocok sebagai tanaman penghias teras. Oh ya, karena termasuk sayuran yang merambat, ada baiknya menaruhnya di dekat teralis atau pot yang ditambahkan penyangga.

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Sayur dan Buah yang Estetik Jadi Tanaman Hias di Rumah

4. Bit

9 Tanaman Sayur yang Mudah Dipelihara dalam Pot, Bikin Irit lho! gardenerspath.com

Bernutrisi tinggi membuat bit wajib ditanam dalam pot. Nah supaya bit bisa tumbuh subur, ada baiknya menggunakan pot dengan kedalaman 20-25 cm. Tanaman bit membutuhkan banyak air jadi kamu wajib menyiramnya setiap hari ya!

5. Cabai

9 Tanaman Sayur yang Mudah Dipelihara dalam Pot, Bikin Irit lho! oldworldgardenfarms.com

Mempunyai ratusan varietas, cabai sangat cocok untuk jadi koleksi pecinta tanaman. Kelebihan lain dari menanam cabai adalah pemeliharaannya yang mudah, yakni area dengan cahaya matahari dan sirkulasi air yang cukup.

6. Tomat

9 Tanaman Sayur yang Mudah Dipelihara dalam Pot, Bikin Irit lho! bhg.com

Tanaman yang mempunyai banyak manfaat kesehatan ini wajib kamu miliki di rumah. Kelebihan lainnya, tomat termasuk tanaman yang bandel di segala dataran. Tapi sayangnya tomat mempunyai siklus hidup yang terbilang singkat yakni empat bulan saja. Jadi sebaiknya sisakan paling tidak satu buah tomat yang bisa kamu jadikan bibit tanaman tomat selanjutnya.

Untuk membuat bibit tomat pun sangat mudah. Kamu cukup iris tomat memanjang menjadi tiga potong. Tanamlah buah yang sudah teriris dengan media tanam dan siramlah setiap hari. Biasanya bibit akan tumbuh hanya dalam waktu 7-14 hari saja. Nah, nantinya bibit-bibit tersebut bisa kamu taruh ke dalam pot-pot yang sudah disiapkan. 

7. Kale

9 Tanaman Sayur yang Mudah Dipelihara dalam Pot, Bikin Irit lho! teabreakgardener.co.uk

Kale juga termasuk tanaman sayur yang kaya nutrisi, cepat panen, dan hemat ruang. Ya, kamu hanya membutuhkan pot berdiameter 25 cm dengan sirkulasi air yang baik untuk membuatnya jadi tanaman yang subur.

8. Daun bawang

9 Tanaman Sayur yang Mudah Dipelihara dalam Pot, Bikin Irit lho! air-potgardener.com

Daun bawang adalah jenis tanaman sayur dari kelompok tanaman bawang allium fistulosum yang mudah dibudidayakan dalam pot. Hanya dengan pot berdiameter 12 cm, tanaman sayur ini sudah bisa tumbuh dengan baik lho!

9. Bayam

9 Tanaman Sayur yang Mudah Dipelihara dalam Pot, Bikin Irit lho! texient.com

Sama seperti selada, bayam juga bisa tumbuh dalam wadah apapun. Meskipun bisa hidup dalam pot dangkal dan berdampingan dengan tanaman lain, bayam tidak bisa tumbuh dengan optimal jika berdekatan dengan tanaman lain. Jadi berikan jarak yang cukup ya!

Itulah tadi beberapa tanaman sayur yang bisa kamu tanam di dalam pot. Di samping dapat mencegah kebosanan saat berada di rumah, menanam sayuran juga bisa mengurangi pengeluaran belanjamu lho. Jadi, yuk menanam beberapa sayuran di atas dan rasakan asiknya memanen sayuran hasil kebunmu sendiri. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menanam Bawang Merah di Rumah, Minimalisir Budget!

Iam_Lathiva Photo Verified Writer Iam_Lathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya