Comscore Tracker

5 Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju dengan Mudah

Cukup gunakan bahan-bahan ini

Noda tinta yang menempel di baju selalu menjadi masalah bagi banyak orang. Pasalnya, noda ini susah dihilangkan dan akan membekas di baju selamanya.

Namun, sebenarnya ada beberapa cara menghilangkan noda tinta di baju yang bisa kamu lakukan sendiri dirumah. Bagaimana langkah-langkahnya? Simak yuk lewat artikel berikut.

1. Gunakan alkohol dan garam untuk membersihkan noda tinta

5 Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju dengan Mudahpixabay/Miroslavik

Pertama, tuang alkohol atau cairan pelarut lainnya di atas noda tinta. Kemudian usap dengan kain bersih. Setelah noda tinta hilang sebagian, celupkan baju ke dalam ember yang telah diisi air garam. Rendam baju selama beberapa jam. Kemudian cuci baju sesuai instruksi yang ada pada labelnya.

2. Pasta gigi juga bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan noda tinta di baju

5 Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju dengan Mudahpixabay/stevepb

Pasta gigi juga dikenal ampuh untuk membersihkan noda tinta pada baju. Oleskan pasta gigi pada noda tinta, lalu gosok menggunakan sikat gigi bekas. Pastikan kamu gak menggosoknya terlalu keras agar warna baju gak memudar. Setelah noda hilang, bilas menggunakan air bersih.

3. Gunakan hairspray untuk menghilangkan noda yang belum terlalu lama menempel pada baju

5 Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju dengan Mudahsmalltownlivingusa.com

Jika noda tinta belum terlalu lama menempel pada baju, kamu bisa menggunakan hairspray untuk menghilangkannya. Cukup dengan menyemprotkan hairspray pada bagian yang terkena noda tinta. Lalu gosok dengan kapas dan lakukan secara berulang hingga noda tinta menghilang. Setelah noda memudar, cuci baju sesuai instruksi pada label.

Baca Juga: 7 Jenis Bahan Baju Lebaran Terbaik, Nyaman dan Menyerap Keringat

4. Kandungan pada cuka juga ampuh hilangkan noda tinta lho

5 Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju dengan Mudahqueeniescleaning.com

Kandungan asam pada cuka dipercaya dapat membersihkan noda tinta yang menempel pada baju. Kamu hanya perlu merendam baju yang terkena noda tinta pada air yang telah diberi campuran cuka. Diamkan kurang lebih selama 30 menit. Kemudian gosok noda tinta menggunakan spons. Setelah itu, cuci baju seperti biasa.

5. Selain untuk kesehatan, susu juga bermanfaat untuk menghilangkan noda tinta di pakaian

5 Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju dengan Mudahalgaecal.com

Selain berguna untuk kesehatan, susu juga bisa menjadi bahan alternatif untuk menghilangkan noda tinta. Cukup siramkan air susu pada bagian yang terkena noda, lalu diamkan selama beberapa menit. Setelah itu gosok-gosok secara perlahan dan cuci seperti biasa.

Demikian 5 cara menghilangkan noda tinta di baju yang gampang untuk kamu coba sendiri dirumah. Metode tersebut memang harus dilakukan berulang-ulang agar hasilnya maksimal. Jadi mau pakai cara yang mana nih?

Baca Juga: 6 Tips Sulap Baju Lama Buat Lebaran, Modal di Bawah Rp100 Ribu

Topic:

  • Rully Bunga
  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya