Comscore Tracker

Bahaya! Jangan Buang 8 Limbah Ini ke Wastafel

Mulai sekarang, kurangin kebiasaan ini yuk!

Limbah rumah tangga sering menjadi persoalan yang dianggap sepele. Karena tampak gak berbahaya, akhirnya menjadi kebebasan buat membuang limbah ini. 

Mungkin pada awalnya, dampak yang diakibatkan tidak terlihat sama sekali. Tapi yang pasti, ujung-ujungnya bakal mengakibatkan masalah yang cukup serius terhadap saluran pembuangan tersebut. 

Buat berjaga-jaga agar kita bisa menghindari kerusakan pada saluran pembuangan, perlu kamu tahu apa saja yang tidak boleh dibuang di wastafel, nih. Simak dibawah, yuk.

1. Sisa bubuk kopi

Bahaya! Jangan Buang 8 Limbah Ini ke Wastafelmrrooter.com

Saat selesai minum kopi hitam, sering kita menyisakan endapan bubuk kopi yang pada akhirnya kita sembarang membuangnya ke wastafel. Walaupun bubuk kopi terlihat lembut dan sepele, tapi seiring waktu bubuk kopi akan menempel dan mengeras ketika kondisinya sudah mengering. Daripada menjadi pemicu saluran airmu tersumbat, akan lebih baik jika sisa kopi kamu gunakan sebagai tambahan kompos buat nutrisi tanaman biar makin subur.  

2. Membuang sisa minyak penggorengan secara langsung ke wastafel

Bahaya! Jangan Buang 8 Limbah Ini ke Wastafelfastplumbers.net.au

Ini nih, yang sering kita lakukan karena terlihat sepele. Walaupun minyak itu termasuk benda cair, tapi jika kamu membuang limbahnya ke saluran wastafel secara langsung dalam porsi yang banyak bakalan memperparah kondisi wastafelmu, lho. Karena kandungan lemak dapat menyatukan zat-zat lain di dalam saluran pembuangan, dan menjadi pemicu tersumbatnya wastafel. Lebih baik kamu mengendapkannya terlebih dahulu atau dicampur dengan limbah lain juga.

3. Membuang sisa nasi 

Bahaya! Jangan Buang 8 Limbah Ini ke Wastafelsmartparenting.com.ph

Sudah biasa membuang sisa beras atau nasi ke lubang wastafel? Kamu harus hentikan dari sekarang, ya. Karena limbah beras dan nasi dapat mengembang seiring berjalannya waktu, akhirnya itu hanya menjadi pemicu wastafelmu tersumbat. Bahkan, lama kelamaan bakal muncul bau tak sedap! 

Baca Juga: 10 Ide Mengolah Limbah Tekstil yang Kreatif dan Sederhana

4. Remahan kulit telur

Bahaya! Jangan Buang 8 Limbah Ini ke Wastafelwigglywisdom.com

Walaupun hanya remahan kulit telur saja, eits itu sulit terbawa arus ataupun larut di air, lho. Disamping itu, partikel kulit telur juga dapat menyebabkan penyumbatan  juga. Akan lebih baik lagi jika limbah satu ini kamu gunakan sebagai campuran pupuk, bisa buat nutrisi tanaman lho! 

5. Sisa adonan

Bahaya! Jangan Buang 8 Limbah Ini ke Wastafelbrendid.com

Bekas adonan juga gak boleh kamu buang di wastafel, lho. Karena mayoritas adonan akan bersifat mengembang, jadi partikel limbah satu ini hanya akan buat wastafel tersumbat. Mulai sekarang hentikan yuk, lebih baik sisa adanannya kamu gunakan sebagai campuran kompos saja, nih.

6. Kotoran cat

Bahaya! Jangan Buang 8 Limbah Ini ke Wastafelboard.postjung.com

Setelah tangan terkena cat, siapa yang hobi banget langsung cuci tangan di wastafel? Itu sangat gak baik, karena cairan cat dianggap sebagai limbah berbahaya dan perlu cara tepat untuk menghilangkannya. Zat yang terkandung dalam cat bisa mencemari kondisi tanah dan perairan di rumah kamu. 

7. Tablet obat

Bahaya! Jangan Buang 8 Limbah Ini ke Wastafellifesavvy.com

Bukan masalah larut atau tidaknya lagi, ya. Limbah obat memiliki banyak kandungan zat kimianya, membuang sisa obat kedalam saluran pembuangan bisa menjadi pemicu masalah pada kualitas air ditempatmu 

8. Membuang limbang tisu di wastafel

Bahaya! Jangan Buang 8 Limbah Ini ke Wastafelupmpulp.com

Walaupun banyak perusahaan tisu yang mengklaim bahwa limbahnya mudah hancur saat terkena air, tapi kamu harus membuangnya diluar wastafel, ya. Karena walaupun sudah hancur, itu tetap saja menyisakan endapan yang membuat pemicu tersumbatnya pipa saluran pembuangan

Itulah beberapa limbah yang gak boleh kamu buang sembarangan di saluran pembuangan, hindari yuk. Selain kebersihan tetap terjaga, keamanan saluran juga bakal tetap terjaga.

Baca Juga: 10 Ide Mengolah Limbah Tekstil yang Kreatif dan Sederhana

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

Seekor kupu yg sedang bermetamorfosa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya